UBAH INTERIOR RUMAH KANTOR ALA JAPANDI DENGAN 4 DESAIN INI

 

Perkantoran tak hanya harus berada di gedung tinggi pencakar langit. Saat ini, banyak kantor yang dibangun di tengah perumahan, bahkan rumah yang merangkap kantor. 

 

Hal ini juga yang membuat banyak konsep desain interior yang diadopsi untuk memberikan nuansa berbeda agar tetap nyaman saat bekerja walau di rumah. 

 

Salah satunya adalah interior rumah kantor ala Japandi yang dinilai sangat efektif dalam menampilkan suasana nyaman dan membantu para karyawan untuk fokus.

 

Baca Juga: Ini Desain Interior Lobby Kantor Minimalis Keren Yang Patut Ditiru!

 

 

Tren interior kekinian ini menjadi favorit banyak orang karena punya tampilan sederhana, tetapi tetap estetik dan terlihat mewah.

 

Apalagi, bila kita menerapkannya di dalam ruang kerja. Tentu, ruangan akan terlihat lebih rapi yang membuat produktivitas kita meningkat. 

 

 

Lalu, Seperti Apa Desain Japandi?

 

Japandi merupakan desain minimalis yang menyatukan dua konsep yakni Jepang dan Scandinavian. yang kemudian disinggung menjadi Japandi. 

 

Konsep interior yang diberikan Japandi memiliki gaya yang berbeda satu sama lain, namun tetap menghasilkan sisi minimalis yang hangat dan menenangkan. 

 

Jadi sangat cocok diterapkan sebagai interior kantor bukan?

 

 

Eleman Interior Japandi 

 

Interior Rumah Kantor ala Japandi

 

dailymail.co.uk

 

Penerapan dari desain interior japandi, mendominasi materi alami, warna yang soft, furnitur yang fungsional, dan beberapa elemen lainnya seperti berikut ini: 

 

 

Warna Netral 

 

Interior Rumah Kantor ala Japandi

 

candaceplotzdesign.com

 

Khas dari desain Jepang dan Skandinavia memang selalu mengedepankan nuansa warna netral, seperti beige, putih, cokelat hingga abu-abu.

 

Terkadang dengan warna cerah, namun tetap 'nyambung' jika disatukan dengan warna dasar dan menghasilkan suasana soft. Kesan minimalis juga menyatu dengan perabotan yang digunakan. 

 

 

Alami Dan Ramah Lingkungan

 

Seperti yang disinggung di atas, jika style japandi sangat dekat dengan alam.

 

Jadi, memang material yang digunakan untuk interior biasanya tak jauh-jauh dari material alami dan ramah lingkungan.

 

Hal ini juga berkenaan dengan karakteristik japandi yang menjadi penyeimbang hunian dan penghuninya.

 

Tak hanya dari material yang digunakan seperti kursi cokelat, meja kayu, karpet hijau atau dengan motif alami, atau hiasan nuansa abu-abu. Namun juga dari tanaman hias yang menambah keasrian ruangan. 

 

 

Dekorasi Simpel Dan Minim Penyekat Ruangan

 

Itu sebabnya gaya desain ini sering diaplikasikan untuk ruangan yang terbatas lahan. Dari pemilihan dekorasi, desain ini lebih mengutamakan sisi fungsi dan ketepatan penataan agar ruangan tetap bersih dan rapi. 

 

Sama halnya dengan penggunaan partisi atau sekat, ruang interior japandi lebih sering terbuka atau open space daripada di batasi dengan partisi yang membuat ruangan terkesan sempit, kecuali Anda menginginkan privasi. 

 

 

Warna Dan Pemilihan Furnitur 

 

Interior Rumah Kantor ala Japandi

 

behance.net

 

Jika sebelumnya pemilihan warna netral untuk dinding ruangan. Anda juga harus memahami pemilihan perabotan demi interior ruangan lebih menarik.

 

Gunakan nuansa warna gelap atau cerah untuk sofa, kursi, meja, rak atau lemari serta furnitur lainnya. Dengan warna netral dan lebih gelap pada furnitur atau sebaliknya, dapat menciptakan kesan rapi, bersih dan nyaman. 

 

 

Inspirasi Desain Interior Rumah Kantor Ala Japandi

 

 

Interior Japandi Natural

 

Interior Rumah Kantor ala Japandi

 

behance.net

 

Untuk interiornya, gaya natural menjadi hal yang utama dalam ruang kerja.

 

Gunakan furnitur kayu dengan warna muda atau sedikit gelap. Seperti penggunaan material kayu oak, atau light walnut untuk set kursi dan meja kerja, lemari atau rak ruangan. 

 

Tambahkan warna dasar atau muda yang kalem.

 

Jangan lupa pasang lantai vinyl yang menambah kesan hangat pada ruangan, dan dilengkapi tanaman hias indoor demi kesan asri dan alami. 

 

 

Interior Japandi Klasik

 

Interior Rumah Kantor ala Japandi

 

Denise Castro

 

Permainan motif dan aksen pada dinding dan dekorasinya membuat interior ruang kerja lebih minimalis namun klasik. Tempatkan beberapa furnitur dengan warna kalem.

 

Anda juga bisa menggunakan perabotan jadul untuk kesan klasik yang kuat. Sentuhan warna emas atau gelap bisa mempertegas interior ruangan yang dinamis namun tetap menarik. 

 

 

Interior Japandi Industrial

 

Gaya desain ini lebih kuat dari desain sebelumnya.

 

Tampilan material yang terbuka atau kesan unfinished pada dinding, lantai hingga langit-langit ruangan, menjadi ciri khas industrial. 

 

Sisi japandi terlihat dari furnitur multifungsi dari kayu dan besi yang melengkapi ruangan. 

 

 

Interior Japandi Modern

 

Sama halnya dengan kelebihan dari sisi hunian modern, biasanya akan memperlihatkan keindahan dan sisi elegan pada interior.

 

Anda dapat menggabungkan warna gelap untuk furnitur, seperti abu-abu, hitam atau navy dan warna cerah pada dinding ruangan. 

 

Jika sebelumnya dengan lantai kayu atau vinyl, kali ini, marmer atau tambahan karpet dapat menghiasi lantai ruangan kerja. 

 

 

Kesimpulan

 

Asyik bukan memiliki interior rumah kantor ala Japandi? Semoga tips dan desain diatas bisa jadi inspirasi Anda ya! 

 

Salah satu material terbaik untuk struktur bangunan, yakni baja ringan bisa menjadi pilihan untuk melengkapi keindahan dan kenyamanan konsep Japandi di rumah Anda. 

 

BLKP siap membantu Anda dengan berbagai pilihan produk baja ringan yang pastinya berkualitas karena semua produknya sudah berstandar SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta sudah tersertifikasi TKDN 22 - 34981.  

 

Tertarik dengan produk baja ringan BLKP? silakan Hubungi Kami.

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..