interior wabi sabi.jpg

INTERIOR WABI SABI, CARA ESTETIK UNTUK TETAP SEDERHANA!

 

Pada dasarnya wabi-sabi bukanlah suatu tren melainkan filosofi bahkan menjadi pandangan hidup masyarakat Jepang yang sangat menghargai ketidaksempurnaan.
 

Kata wabi merujuk pada kesederhanaan, keselarasan, dan ketidaksempurnaan untuk selalu menyatu dengan alam. Sedangkan kata sabi mengungkapkan seiring berjalannya waktu atau menggambarkan penerimaan segala siklus yang mengalami kemunduran.

 

Maka, dapat Anda pahami bahwa wabi-sabi merupakan pandangan hidup untuk menghargai ketidaksempurnaan dan memanfaatkan sisi keindahannya. 

 

 

Baca Juga: Cari Tahu 4 Desain Rumah Modern Jepang

 

 

Wabi-sabi juga populer di dunia seni arsitektur. Interior wabi-sabi menjadi pilihan tepat bagi Anda yang lebih menyukai kesederhanaan dan kedamaian dalam sebuah hunian.

 

Berikut kami hadirkan untuk Anda beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan interior ala japandi dengan prinsip wabi-sabi di rumah.

 

 

Tips Hadirkan Tema Interior Wabi Sabi di Rumah

 

 

Less is More

 

interior wabi sabi

 

behance.net

 

Saat ini, coba perhatikan tata letak ruangan yang ada di rumah Anda. Apakah barang-barang yang tersebar dan tersedia memang benar-benar Anda butuhkan dan digunakan sehari-harinya?
 

Jika ingin mengusung interior wabi-sabi, Anda perlu memanfaatkan ruang sebaik mungkin dengan memaksimalkan fungsionalnya. Lepaskan hal-hal yang tidak begitu penting dan prioritaskan kebutuhan Anda dalam rumah.

 

Seperti dengan hanya meletakkan furnitur yang selalu digunakan serta menyesuaikan skala atau ukurannya dengan luas ruangan Anda. Daur ulang juga bisa menjadi pertimbangan Anda dibandingkan harus membeli suatu barang yang baru. 
 

Cara ini bisa membantu Anda untuk merasakan ketenangan, kenyamanan, dan banyak inspirasi di rumah.


 

Lebih Dekat dengan Alam

 

interior wabi sabi

 

behance.net

 

Wabi-sabi mengajarkan betapa pentingnya hidup untuk selalu selaras dengan alam. Prinsip ini dapat membuat Anda semakin meningkatkan konektivitas yang baik dengan alam.
 

Anda bisa memulainya dengan menggunakan bahan material alami seperti kayu, batu alam, hingga tanah.

 

Konsep industrialis juga menjadi ide menarik karena identik dengan sifat unfinished atau autentik dan original, sebagaimana yang memang diungkapkan dalam filosofi wabi-sabi yaitu nilai alami tanpa kepalsuan.

 

Cara lain yang dapat Anda lakukan pada tips ini adalah menghadirkan aksentuasi warna netral yang bersahaja pada interior Anda seperti putih yang bersih, coklat kayu yang hangat, hijau tropical yang asri, birunya langit, hingga warna terakota.

 

Untuk menawarkan sisi keindahannya, Anda dapat menyediakan pajangan musiman untuk memahami transisi cuaca. Seperti gaya nautical pada saat musim panas, ataupun dekorasi tema salju saat musim dingin.


 

Temukan Keindahan dalam Ketidaksempurnaan

 

interior wabi sabi

 

Yildu van Oosterhout

 

Dalam wabi-sabi, keindahan yang coba untuk ditampilkan bukan berada pada hal-hal simetris atau sengaja dibuat sempurna melainkan sesuatu hal yang tidak sempurna dan tidak teratur.
 

Dibandingkan dengan hasil polesan mesin, wabi-sabi memilih hasil dari buatan tangan yang dikerjakan secara mendetail, dan penuh kehati-hatian.
 

Memilih barang handmade tentunya menciptakan keindahan dan kehangatan yang tak ada duanya karena setiap barang yang diciptakan tidak ada yang memiliki kesamaan yang pasti.

 

 

Mengembangkan dan Memperbaiki yang Sudah Ada
 

Wabi-sabi mendorong Anda untuk memiliki kreativitas dan menemukan inspirasi untuk memperbaiki yang rusak. Daripada harus membeli yang baru, Anda bisa mempertimbangkan untuk memperbaikinya selagi memang masih bisa. 
 

Contohnya gorden jendela yang robek ataupun bolong dapat Anda tambal atau jahit dengan tambahan bahan yang bisa menambah estetik dan nilai seninya.

 

Memanfaatkan barang bekas dengan mengalih fungsikannya juga dapat Anda lakukan. Seperti mengubah galon bekas menjadi pot tanaman.


 

Lebih Menghargai & Bersyukur dengan Apa Yang Dipunya

 

Definisi kebahagiaan pada hidup setiap individu mungkin akan berbeda-beda. Dalam prinsip wabi-sabi, kebahagiaan adalah tentang bagaimana kita bersyukur dan menerima apa yang telah kita miliki. 

 

Anda dapat menyisakan sebuah ruangan yang dijadikan sebagai area bebas gangguan atau ruang meditasi yang memberikan Anda ketenangan dan terhindar dari stres. 
 

Hal ini bisa berupa area yang menyediakan hal-hal yang Anda sukai seperti ruang musik, area pojok baca, ataupun area santai dengan interior artsy yang menenangkan.

 

 

7 Prinsip Hidup dalam Wabi - Sabi

 

interior wabi sabi

 

dezeen.com
 

 

Kanso (簡素), yang berarti kesederhanaan

 

Fukinsei (不均整), yang berarti asimetris dan yang tidak beraturan

 

Shibui/Shibumi (渋味), yang berarti menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan

 

Shizen (自然), yang berarti kealamian tanpa kepura-puraan

 

Yugen (幽玄), yang berarti menyadari keindahan

 

Datsuzoku (脱俗), yang berarti kebebasan

 

Seijaku (静寂), yang berarti ketenangan


 

 

Kesimpulan
 

Nah, itu dia pengertian wabi-sabi dan inspirasi yang dapat Anda ikuti untuk menghadirkan interior wabi sabi di rumah. Rumah Anda akan semakin estetik dan menampilkan visual artsy yang autentik. 

 

Untuk mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan keinginan, Anda perlu juga memperhatikan material bangunan yang digunakan. Pastikan gunakan material berkualitas yang terjamin mutunya.

 

Saat ini, sudah banyak yang mulai beralih menggunakan material baja ringan lho! Apalagi jika Anda memilih material baja ringan dari BLKP.
 

Di BLKP, Anda bisa mendapatkan material baja ringan yang berkualitas yang berstandar SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 - 34981.

 

Tertarik dengan produk dan layanan kami? Silahkan untuk Hubungi Kami.

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..