kantor ramah lingkungan.jpg

BUAT KANTOR RAMAH LINGKUNGAN, COBA 7 AKTIVITAS INI!

 

Menciptakan suasana perkantoran hijau nan ramah lingkungan seperti menjadi keharusan. Lingkungan yang sehat sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik para pekerjanya. 

 

Konsep kantor yang ramah lingkungan atau green office menjadi salah satu cara efektif dalam menjaga kelestarian bumi.

 

Selain itu, konsep ini juga dapat menginspirasi tiap karyawan dan menjadikannya suatu kebiasaan, yang nantinya juga berpengaruh baik pada perusahaan.  

 

Menurut WWF (World Wide Fund), Konsep green office adalah sistem manajemen lingkungan bagi perusahaan, dimana konsep tersebut adalah alat yang ideal untuk mencapai kesuksesan dan untuk kelangsungan hidup perusahaan.

 

Tujuan dari pelaksanaan green office ini berkenaan pada pengurangan konsumsi sumber daya alam, serta melakukan penghematan energi dan pemakaian energi terbarukan dengan tepat.

 

Baca Juga: Mengenal Tata Ruang Kantor Terbuka, Ini Plus Minusnya!

 

 

Pelaksanaan konsep ini juga tidak hanya berorientasi pada kinerja, tapi peningkatan kualitas hidup dan kesehatan para pegawai. 

 

Berikut beberapa cara efektif aktivitas green office yang dapat Anda lakukan di kantor. 

 

Kantor Ramah Lingkungan

 

atgfurniture.co.uk

 

Hemat Listrik

 

Penggunaan listrik pastinya tidak terpisahkan dari kegiatan perkantoran. Namun terkadang, banyak yang tidak menyadari jika kita terkadang membuang-buang energi lewat tindakan sederhana, seperti lupa mencabut colokan laptop.

 

Padahal jika tidak mencabutnya, aliran listrik tetap mengalir. tentunya biaya listrik meningkat dan peralatan elektronik Anda bisa rusak. 

 

Jadi, mulai saat ini, selalu matikan laptop dan mencabut adapter dari stop kontak setelah selesai memakainya. Hal ini juga berlaku untuk penggunaan AC dan lampu. 

 

Kantor Ramah Lingkungan

 

greenerynyc.com

 

Pengurangan Sampah Plastik dan Kertas

 

Adanya sampah plastik dan kertas untuk kegiatan pekerjaan pastinya tidak bisa dihilangkan, namun bisa dikurangi. Mulailah membatasi pemakaian kertas dengan baik. 

 

Selain itu, jangan segera membuang kertas yang digunakan. Sampah-sampah kertas sebelumnya dapat digunakan kembali di bagian yang belum terpakai untuk kepentingan dokumen internal yang bersifat informal.

 

 

Buang Sampah Sesuai Jenisnya

 

Biasakan membuang sampah pada tempatnya, apalagi jika kantor menyediakan fasilitas tempat sampah sesuai jenisnya. baik organik, non organik atau sampah B3 (atau limbah berbahaya).

 

pemisahaan sampah tersebut akan membantu petugas kebersihan serta menjaga lingkungan tidak tercemar dengan jenis sampah yang terurai atau tidak terurai. Sampah organik sendiri dapat diolah menjadi kompos.

 

Dengan begitu, lingkungan akan tetap bersih dan terawat. Anda juga bisa bekerja dengan nyaman. 

 

Kantor Ramah Lingkungan

 

PLY DESIGN

 

 

Prinsip Bangunan Ramah Lingkungan

 

 

Sirkulasi Udara Ruangan

 

Desain open space pada perkantoran sudah menjadi tren saat ini. kesan lapang dari desain ini tak hanya untuk keindahan interior, namun juga dari aspek fungsi sebagai pengoptimalan sirkulasi udara. 

 

Jika memang tidak memungkinkan untuk membuat ruang dengan konsep ini, Anda dapat menempatkan ruangan - ruangan di gedung kantor dengan sekat kaca dan ventilasi silang, yakni ventilasi yang tetap memudahkan sirkulasi udara masuk namun dari satu arah.

 

 

Penerangan Alami

 

Selain sirkulasi udara, pencahayaan alami juga menjadi bagian tak terpisahkan dari konsep kantor ramah lingkungan. Penempatan ruang kerja dengan ventilasi atau skylight akan membantu ruangan mendapat pasokan cahaya alami dari luar.

 

Jadi, Anda tak melulu menggunakan lampu sebagai sumber cahaya saat bekerja. Selain hemat energi, adanya pemandangan dari skylight di bagian atas bangunan, membantu para pegawai lebih rileks dalam bekerja. 

 

Kantor Ramah Lingkungan

 

archdaily.com

 

 

Penerapan Sustainability Living

 

Mengedepankan sustainability living sudah dilakukan banyak kantor di Indonesia, salah satunya Unilever dengan berbagai program peduli lingkungan yang mereka lakukan, seperti pembuatan bank sampah sejak tahun 2015. 

 

Dengan konsep sustainability living atau pemanfaatan daur ulang juga diterapkan perusahaan IKEA, dimana produknya diolah dengan sistem ini.

 

Tak hanya ramah lingkungan, namun juga berhasil melakukan penghematan pada dana pengeluaran perusahaan dalam jumlah yang besar.

 

 

Kesimpulan 

 

Penerapan konsep kantor ramah lingkungan harus menjadi kebiasaan baik demi menjaga kondisi bumi di masa kini dan mendatang. Jadi, jangan ragu untuk menerapkan konsep green office di kantor Anda ya! 

 

Penggunaan bahan bangunan ramah lingkungan juga bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan baja ringan. Material terbaik dengan kualitas terjamin di BLKP

 

Hadir dengan beragam pilihan produk Material baja ringan yang berstandar SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 - 34981. 

 

Tertarik? Hubungi Kami. Jangan lupa cek artikel menarik lainnya ya!

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..