plafon rumah

MAU PASANG PLAFON RUMAH? CEK KELEBIHAN & KEKURANGANNYA DULU!

Plafon rumah merupakan desain tambahan dalam sebuah rumah atau bangunan. Tidak hanya berfungsi mempengaruhi interior, namun juga befungsi sebagai penghemat energi.

 

Hadirnya plafon rumah jelas sangat penting, itu sebabnya Anda harus memiliki plafon yang berkualitas dengan keunggulan pada interior dan ketangguhan atap rumah Anda.

 

Baca Juga : Mau Lihat Model-Model Plafon Minimalis Yang Beda dari Yang Lain? Cek Disini.


 

Salah satu plafon yang paling banyak digunakan adalah plafon rumah berbahan dasar Polyvinyl Chloride.

 

Plafon jenis ini merupakan salah sastu pelapis dengan bahan dasar Polyvinyl Chloride yang terkenal dengan material kuat namun bobotnya ringan membuatnya semakin diunggulkan. Mirip dari bahan gipsum, jenis ini bisa tahan air serta awet walau berada di kelembapan tinggi.

 

Namun, untuk menambah insight dalam memilih jenis plafon rumah yang cocok bagi bangunan Anda, berikut kita ulas lengkap apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan plafon rumah. 


 

Kelebihan Penggunaan Plafon Rumah Berbahan Polyvinyl Chloride

 

plafon rumah

 

Pinterest: lightology.com

 

Berikut beberapa kelebihan menggunakan plafon berbahan dasar Polyvinyl Chloride pada rumah Anda:

 

 

Bahan dan Keawetannya

 

Bahan dari plafon ini dinilai lebih fleksibel, berbahan anti pecah dan ringan serta tahan lama. Awet selama puluhan tahun dikarenakan adanya kandungan Polymer Isosianat yang membuat jenis plafon ini tidak mudah lapuk.


 

Waktu dan Proses Pemasangan

Untuk waktu pemasangan jenis plafon ini terbilang singkat dan mudah. Dengan sistem knock-down, instalasinya lebih ringkas dan menghemat waktu.


 

Anti Rayap

Yang paling penting adalah bahwa material plafon rumah ini tahan terhadap kebocoran dan bebas rayap. Hal tersebut karena material dari plafon mempunyai pori-pori rapat. 

 

Jadi Anda tidak perlu khawatir ketika adanya cuaca ekstrem seperti hujan angin. Anda juga tidak perlu repot membersihkannya, cukup sesekali lap dari debu dan kotoran. 

 

 

Hemat Biaya Finishing

Hal yang paling menyenangkan dari penggunaan plafon pada rumah Anda adalah tidak perlu finishing warna dan menambahkan motif lainnya. 

 

Karena biasanya, plafon jenis ini sudah mendapatkan finishing dan warna. Biasanya proses ini akan memakan waktu dan biaya lagi.

 

Anda hanya perlu memilih warna dan jenis plafon rumah yang sesuai dengan yang Anda mau dan cocoknya motifnya dengan desain interior Anda. 

 

Selain itu, plafon rumah berbahan dasar Polyvinyl Chloride ini juga memiliki banyak pilihan desain yang unik. 

 

Bahkan  sangat bisa menambah interior ruangan Anda semakin menarik dan elegan jika dipadu dengan furnitur yang cocok.

 

Dibalik kelebihannya yang menguntungkan pemakai, ada juga beberapa kelemahan yang harus menjadi pertimbangan Anda, apa saja? 


 

Kekurangan Plafon Rumah Berbahan Polyvinyl Chloride

 

plafon rumah

 

Pinterest: stylesatlife.com


 

Suhu Ruangan

 

Suhu ruangan sangat berpengaruh pada ketahanan plafon rumah jenis ini. Karena berbahan dasar plastik, ia dapat rusak karena suhu panas. 

 

Itu sebabnya, biasanya pengguna hanya memasang lampu hemat energi pada plafon ini.

 

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, bahwa plafon ini mengandung gas klorin beracun dalam waktu tertentu. Jadi harus waspada pada penggunaannya. 


 

Pemasangan

 

Kekurangan dari plafon jenis ini adalah dalam proses pemasangannya. 

 

Karena bentuk sekrup yang dipakai umumnya akan mengikut rangka atap, jadi Anda harus lebih ekstra dan teliti untuk pemasangan yang kuat.

 

Walau pemasangan seperti yang disebutkan di atas cenderung mudah dan hemat waktu, tapi pemasangan rangka hollow seperti besi atau baja ringan yang berjarak ditambah bobot ringannya, dapat memicu mudahnya atap roboh jika ada beban yang lebih berat di atasnya. 


 

Tidak Ramah Lingkungan 

 

Plafon rumah merupakan bahan yang tidak dapat didaur ulang sehingga tidak ramah lingkungan. Bahan dasarnya juga berasal dari klorin yang bisa membahayakan lingkunga dan manusia.


 

Harga yang Lebih Mahal

 

Kekurangan lainnya dari plafon rumah jenis ini adalah harga yang lebih mahal dari jenis lainnya. Ada barang ada harga memang sangat pas untuk model plafon ini.

 

Akan tetapi, jika Anda ingin menekan biaya pembangunan, mungkin harus berpikir ulang jika ingin menggunakan plafon ini. 


 

Kesimpulan

 

Semoga informasi menarik seputar artikel di atas dapat menambah informasi Anda seputar kelebihan dan kekurangan penggunaan plafon rumah berbahan dasar Polyvinyl Chloride yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih plafon yang pas. 

 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Anda juga dapat memilih produk terbaik dengan selalu menggunakan material konstruksi seperti material baja ringan dengan mutu terjamin dan kualitas terbaik. 

 

BLKP siap sedia membantu Anda dengan menawarkan beragam produk berbahan baja ringan yang terbukti memiliki mutu yang terjamin dengan standarisasi SNI dan juga ISO. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Anda bisa klik : Hubungi Kami.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..