interior rumah vintage.jpg

INGIN KONSEP INTERIOR RUMAH VINTAGE? INI TIPS MENARIKNYA

Desain rumah vintage selalu hadir dengan khas klasik dan artistik, kesan yang tidak biasa untuk setiap orang. Itu sebabnya rumah dengan konsep vintage tak pernah ada matinya. 

 

Dengan suguhan nuansa klasik, teduh, serta hangat, konsep ini selalu menjadi favorit banyak orang karena bisa dikatakan unik dan tak membosankan. Apa lagi jika Anda sangat suka dekorasi barang antik. 

 

Baca Juga: Ingin Nuansa Yang Berbeda? Coba Desain Rumah Gaya Eropa Berikut Ini!

 

 

Desain yang satu ini memang menyuguhkan konsep ruangan gaya klasik dengan berbagai dekorasi antik. Tak mengherankan jika konsep ini begitu menonjolkan penampilan dekorasi dengan barang bernilai estetika yang tinggi.

 

Jika Anda bosan memiliki interior yang biasa saja, mungkin desain vintage dapat menjadi alternatif pilihan. Vintage tidak harus jadul kok, Anda bisa saja memadukan warna atau menonjolkan furniture untuk melengkapi atmosfer ruang yang klasik. 

 

Lalu, apa sih konsep desain vintage dan apa saja tips interior rumah vintage yang wajib diperhatikan? Berikut ulasannya! 

 

 

Apa Itu Interior Vintage?

 

interior rumah vintage

 

society19.com

 

Vintage sendiri memiliki definisi sebuah hal yang berasal dari kenangan lalu, segala yang berhubungan dengan hal usang dan lama. 

 

Untuk interior rumah, konsep vintage merupakan desain dengan suasana dan atmosfer ruangan yang unik dan klasik. Perpaduan dekorasi antik dengan hadirnya barang jadul, perabotan antik sampai koleksi yang terbilang langka.

 

Tak hanya untuk rumah, kini konsep vintage banyak diterapkan dalam restoran dan kafe dengan khas tempo dulu. Interior khas era 80-an yang membuat orang yang berada di dalamnya seakan bernostalgia di masa lalu.

 

 

Tips Menerapkan Desain Interior Vintage 

 

interior rumah vintage

 

bhomewithbernadette.com

 

Rumah dengan gaya vintage punya banyak kelebihan, tak hanya elegan dan unik secara bersamaan, desain satu ini tak pernah ketinggalan zaman. 

 

Ingin punya interior rumah ala vintage? Berikut beberapa tips penerapan desain vintage pada rumah agar tetap nyaman:

 

 

Coba Warna Pastel

 

interior rumah vintage

 

streetfleastyle.com

 

Warna pastel menjadi salah satu warna yang dekat dengan interior vintage. Gunakan warna seperti peach, biru, kuning, dan variasi warna pastel nan lembut lain. Warna ini tidak hanya menarik namun membuat ruangan tenang dan terang. 

 

 

Warna Earthy yang Teduh

Selain pastel, rumah dengan gaya vintage umumnya juga hadir dengan warna netral atau earth tone. Warna ini bisa memberi kesan nyaman dan hangat. 

 

Coba cat dinding rumah Anda dengan nuansa putih dan coklat gelap, atau hijau, beige, hingga krem. Ditambah furnitur desain antik. 

 

 

Hiasi dengan Ornamen Unik

Mau tampil beda? Hadirkan gaya interior vintage dengan ornamen dekorasi unik. Seperti lemari antik, pas bunga jadul, guci, atau cermin besar dengan bingkai unik. Rumah akan tampil beda dan tidak terkesan monoton dan membosankan. 

 

interior rumah vintage

 

thisisglamorous.com

 

Pencahayaan Sangat Penting 

Konsep interior vintage lainnya juga hadir dengan pencahayaan yang baik. Tak hanya soal kesan jadul, tambahan pencahayaan alami juga sangat perlu.

 

Tidak hanya dari lampu putih kekuningan yang warm, namun Anda bisa memiliki jendela besar dengan tirai transparan yang menampilkan ruangan indah dan teduh sekaligus.

 

 

Furniture Retro, Tak Boleh Ketinggalan!

Khas vintage juga semakin lengkap dengan furniture bergaya retro. Desain retro bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda kesulitan mendapatkan furniture tradisional. interior rumah pun tetap menarik.

 

 

Kombinasi dengan Konsep Lain

 

interior rumah vintage

 

lonefox.com

 

Salah satu kelebihan desain interior vintage adalah dapat dikombinasikan dengan desain interior lainnya. Kombinasi yang pas bisa menciptakan desain baru seperti dari furnitur, material, dan lainnya.

 

Coba kombinasikan dengan style retro, rustic hingga modern. 

 

Jangan Lupakan Lantai 

Ingin interior vintage secara menyeluruh, jangan lupa mendesain lantai juga. Model lantai untuk konsep ini juga perlu diperhatikan.

 

Material lantai yang hangat dapat menjadi pilihan terbaik, seperti ubin motif unik, parket, atau lantai kayu. Namun, tetap perhatikan perawatannya ya. 

 

 

Kesimpulan 

 

Konsep interior rumah dengan nuansa vintage sangat bisa menjadi pilihan Anda, untuk rumah nyaman dan cozy. Coba beberapa tips di atas untuk menerapkan konsep desain interior klasik dan everlasting dalam hunian Anda. 

 

Semoga artikel diatas dapat menginspirasi. Selamat mencoba ya!

 

Gunakan juga bahan material konstruksi terbaik seperti baja ringan dari BLKP, untuk hunian terbaik Anda.  

 

Sebagai produsen baja ringan berskala Nasional, BLKP siap membantu dengan menghadirkan produk baja ringan yang bermutu tinggi dengan standarisasi SNI dan juga sertifikasi ISO 9001-2015.

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Anda dapat untuk Hubungi Kami disini.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..