INTIP KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KONSTRUKSI TANGGA MELAYANG

Memiliki rumah bertingkat menjadi salah satu idaman banyak orang, apalagi jika memiliki banyak barang. Namun, dengan desain hunian jenis ini, Anda pasti membutuhkan tangga sebagai penghubung lantai dasar dan atas. 

 

Tangga merupakan jalan utama penghubung antara lantai satu dan lantai atas. Jadi jelas jika tangga adalah komponen penting jika memiliki rumah. 

 

Kali ini, kita akan membahas salah satu desain tangga yang populer belakangan ini. Tak hanya dari sisi fungsionalnya, namun desainnya yang unik dan modern membuat tangga melayang diminati di pasaran. 

 

Baca Juga: Mau Buat Tangga Yang Unik? Tiru Desain Tangga Baja Berikut Ini!

 

 

Tapi, masih banyak dari sobat BLKP yang belum tahu apa itu konstruksi tangga melayang itu. Yuk kita kulik selengkapnya! 

 

 

Apa Itu Konstruksi Tangga Melayang?

 

konstruksi tangga melayang

 

Pinterest: youtu.be

 

Konstruksi tangga melayang merupakan tampilan tangga yang dapat berdiri tanpa adanya pilar atau tiang penyangga. Kesan dari desainnya membuat tangga seakan melayang. 

 

Sebelum membahas konnstruksi tangga melayang, berikut kelebihan dan kekurangan desain tangga yang satu ini. 

 

 

Kelebihan Konstruksi Tangga Melayang

 

konstruksi tangga melayang

 

Pinterest: newhomesguide.com

 

Secara tampilan, kelebihan desain tangga ini memang mempunyai nilai estetika yang tinggi. Apa saja kelebihan lainnya? 

 

Desain Simpel namun Tak Murahan

Walau hadir dengan kesan simpel, namun desain tangga melayang berhasil menarik perhatian.

 

Sederhana tangga ini terletak pada bagian yang terdiri dari tapak dan stringer. Tak banyak elemen yang dihadirkan, membuat pengerjaannya juga tidak memakan waktu yang lama. 

 

 

Hemat Ruangan

Berbeda dari desain tangga lainnya yang kerap membutuhkan ruang di bawah tangga, konsep melayang membuat desain jenis ini lebih terbuka dalam ruangan, sehingga tidak memakan banyak tempat dan menciptakan ruang lapang. 

 

Ruang Tambahan 

Denah yang terbuka membuat Anda memiliki ruang tambahan disekitar tangga.

 

Bisa menggunakannya untuk penyimpanan buku atau barang lainnya. Terkadang ada penghuni yang mendesain meja kerja dibawah tangga karena memiliki area terbuka yang besar, apalagi dengan ketiadaannya penyangga di bawah tangga. 

 

 

Kesan yang Nyaman

Jika dilihat dari sisi psikologis, banyak orang yang merasa lebih nyaman dan tenang dengan desain tangga melayang. Apalagi ditambah dengan jenis pijakan yang aman untuk kaki sehingga menambah kesan nyaman untuk penghuni.

 

 

Kekurangan Konstruksi Tangga Melayang

 

Setelah membahas kelebihannya, desain konstruksi tangga melayang juga mempunyai kekurangan yang perlu menjadi pertimbangan Anda. 

 

 

Masalah Keamanan 

Kekurangan yang terlihat jelas adalah masalah keamanan. Pemasangan yang tidak tepat dapat membuat penghuni tidak aman. Itu sebabnya, Anda tidak boleh asal memasang tangga dan lebih aman jika dipandu konsultasi dari arsitek berpengalaman.

 

Untuk menjaga tetap aman, sebaiknya memasang besi railing sesuai ukuran. Tambahkan juga kisi vertikal dari besi yang menempel ke dak. Lebih aman bukan?

 

konstruksi tangga melayang

 

Pinterest: thearchitectsdiary.com

 

 

Butuh Structure Engineer

Selain arsitek, Anda mungkin butuh bantukan structure engineer, ahli yang bisa membantu perhitungan akurat pada struktur bangunan.

 

Seperti menganalisa tebal plat, jenis sambungan dan titik anchor yang pas untuk penempatan tangga melayang yang sesuai dengan bangunan.

 

 

Kesimpulan 

 

Memiliki desain unik seperti tangga melayang pasti menjadi impian banyak orang yang punya rumah bertingkat. Anda bisa menjadikan desain tangga yang satu ini menjadi pilihan untuk tampilan hunian modern dan minimalis.

 

Namun, tetap perhatikan konstruksi tangga melayang demi keamanan dan kenyamanan tiap penghuni. 

 

Jadi, pastikan Anda menggunakan bahan material bangunan yang sudah teruji kualitasnya. Gunakan selalu produk terbaik seperti material konstruksi baja ringan dengan mutu terjamin dari BLKP. 

 

BLKP siap menghadirkan beragam produk baja ringan yang bermutu tinggi dengan standarisasi SNI dan juga ISO 9001-2015. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Segera untuk Hubungi Kami



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..