LEBIH BAIK MANA? BANGUN RUMAH DARI AWAL ATAU BELI RUMAH?

Bangun Rumah VS Beli Rumah

Siapa sih yang tidak mau memiliki tempat tinggal sendiri? Tentunya semua orang ingin memiliki tempat tinggal sendiri, walaupun bisa dengan menyewa atau mengontrak. Namun, tetap saja memiliki rumah pribadi justru lebih nyaman karena membuat hidup lebih tentram dan tidak memiliki biaya sewa. Apalagi bagi pasangan muda yang memiliki impian mempunyai rumah adalah salah satu pencapaian dalam hidup.
 

BACA JUGA : 5 CARA MENENTUKAN BIAYA JASA BONGKAR RUMAH YANG HANDAL
 

Terdapat dua cara untuk mendapatkan sebuah rumah, yaitu dengan cara membeli langsung atau membangunnya secara bertahap hingga layak untuk dihuni. Namun, hal tersebut sering kali menjadi masalah bagi setiap orang dalam menentukan pilihannya. Nah, biar Anda tidak bingung dan pusing lagi dalam menentukannya, simak terlebih dahulu beberapa ulasan di bawah ini:

 

Membeli Rumah Langsung

Apabila Anda berpikiran bahwa membeli rumah merupakan cara yang tepat dalam memiliki properti, nah simak kelebihan dalam membeli rumah secara langsung di bawah ini!

 

  1. Lebih Hemat Biaya

Lebih Baik Mana? Bangun Rumah Dari Awal Atau Beli Rumah?

Rumah yang dibeli secara langsung, tentu dapat membantu Anda dalam menekan biaya karena bisa ditempati langsung oleh sang pemilik dengan berbagai macam model. Apabila Anda membangun rumah dari awal, pasti akan ada permasalahan budget ditengah – tengah pembangunan rumah. Namun, jika Anda langsung membeli rumah Anda akan terhindar dari budget yang tiba – tiba menipis. Sehingga mengakibatkan pembangunan menjadi terhambat.

 

Apabila Anda termasuk keluarga baru yang ingin memiliki rumah lebih cepat, maka sangat disarankan untuk Anda. Jadi Anda bisa lebih cepat berinvenstasi ke hal – hal lainnya.

 

  1. Cepat dan Praktis

Lebih Baik Mana? Bangun Rumah Dari Awal Atau Beli Rumah?

Ketika Anda sudah melakukan pembayaran terhadap rumah yang dipilih, baik secara tunai atau berupa cicilan tentu Anda sudah bisa langsung menempati rumah tersebut. Jika Anda termasuk orang yang sibuk dalam segala kondisi, membeli rumah adalah solusi yang tepat dibandingkan harus menyewa rumah ketika selama pembangunan karena biaya yang dikeluarkan akan terpusat pada satu kebutuhan saja.

 

  1. Memiliki Tabungan Untuk Renovasi

Lebih Baik Mana? Bangun Rumah Dari Awal Atau Beli Rumah?

Ketika Anda sudah melakukan pembelian sebuah rumah, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya berlebih untuk melakukan pembangunan. Anda bisa menyimpan biaya tersebut untuk tabungan jika suatu waktu akan melakukan renovasi rumah. Sebuah rumah yang sudah ditinggali cukup lama, pasti membutuhkan perawatan pada berbagai sisi rumah agar tetap nyaman. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan tabungan tersebut untuk melakukan renovasi atau meng-upgrade rumah Anda sesuai keinginan menjadi lebih bagus dibandingkan sebelumnya.

 

Membangun Rumah Dari Awal

 

Setelah membahas kelebihan membeli rumah secara langsung, ada juga sebagian orang lebih menyukai membangun rumahnya sendiri dari awal. Biasanya orang yang menyukai membangun rumah sendiri termasuk orang yang detail tentang seperti apa rumah impiannya. Hal tersebut merupakan salah satu keuntungan yang didapatkan ketika membangun rumah sendiri, namun ada beberapa keuntungan lainnya yang harus Anda perhatikan dalam membangun rumah sendiri:

 

  1. Bisa Mendesain Rumah Sesuai Keinginan

Lebih Baik Mana? Bangun Rumah Dari Awal Atau Beli Rumah?

Salah satu keunggulan yang Anda dapatkan adalah bisa mendesain rumah sesuai dengan keinginan. Sudah banyak orang yang saat ini melakukan pembangunan rumah sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya, seperti ruangan apa saja yang dibutuhkan, peletakkan barang atau ruang dan beberapa hal – hal lain yang dapat Anda atur sendiri bersama tim. Apalagi rumah kekinian yang sedang trend hanya membutuhkan biaya yang minim dalam pembangunannya. Jika Anda telaten dalam mencari berbagai informasi sebanyak – banyaknya, maka Anda akan mendapatkan rumah dengan hasil maksimal yang berkesan dengan sentuhan kreativitas sendiri.

 

  1. Proses Pembangunan Menyesuaikan Budget

Lebih Baik Mana? Bangun Rumah Dari Awal Atau Beli Rumah?

Berbeda dengan membeli rumah jadi secara langsung, sudah dipastikan rumahnya memiliki tipe yang seragam dengan yang lain. Berbeda dengan melakukan pembangunan rumah sendiri, bisa menyesuaikan budget yang Anda miliki. Anda bisa membuat rumah dengan konsep minimalis atau mewah, asalkan ketersediaan dana Anda mencukupi. Apabila dana Anda belum mencukupi untuk membangun rumah sesuai keinginan, Anda bisa melakukan pembangunan sedikit demi sedikit hingga rumah impian Anda terwujud. Sudahkah Anda mengumpulkan biaya untuk melakukan pembangunan rumah? Kalau belum, yuk kumpulkan biaya sekarang juga!

 

  1. Harga Tanah Lebih Murah Dibandingkan Beli Rumah Jadi

Lebih Baik Mana? Bangun Rumah Dari Awal Atau Beli Rumah?

Bisa dikatakan harga tanah lebih murah dibandingkan membeli rumah jadi. Apabila budget Anda belum mencukupi, Anda bisa membeli tanahnya terlebih dahulu kemudian membangun rumahnya bisa dengan mencicil sedikit demi sedikit. Hal seperti ini sangat cocok untuk  Anda yang tidak terlalu terburu – buru untuk menempati sebuah rumah.

 

Dari kedua ulasan di atas, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan sebuah hunian. Jika Anda termasuk orang yang anti ribet dalam hal pembangunan dan tidak terlalu mengerti soal pembangunan atau properti, maka solusinya adalah langsung membeli rumah jadi. Namun jika Anda termasuk orang yang menyukai proses dan penuh kreativitas, maka membangun rumah dari awal adalah solusinya! Jangan lupa untuk selalu pertimbangkan keuangan Anda juga ya. Jadi, Anda termasuk yang mana? Beli rumah jadi atau membangunnya dari awal?

Jangan lupa untuk membaca artikel informatif lainnya melalui BLKP, ya! Anda bisa menemukan pilihan baja ringan untuk atap rumah Anda melalui laman produk barang jadi baja ringan. Yuk, segera temukan baja ringan yang sudah terjamin kualitasnya dan ber-standar SNI karena material yang kokoh menentukan sebuah bangunan itu layak dihuni!



Your Message Has Been Sent..