MENGENAL ATAP RUMAH : PENGERTIAN FUNGSI DAN MATERIAL

Atap merupakan salah satu bagian yang paling krusial dalam sebuah hunian untuk menutupi bagian atas rumah. Sehingga dapat diartikan bahwa atap rumah yang terletak pada bagian paling atas bangunan berguna untuk melindungi para penghuni yang berada di dalamnya.
 

Pengertian Atap Rumah

Atap merupakan salah satu penutup sebuah bangunan yang berfungsi untuk melindungi apapun yang berada di dalamnya dari teriknya sinar matahari, musim hujan dan perubahan cuaca lainnya. 
 

Selain berfungsi sebagai pelindung, kehadiran atap bisa disebut sebagai “mahkota” yang dapat memberikan nilai keindahan sebuah hunian. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih dan memasang atap dengan benar:

 

- Konstruksi atap harus kuat untuk menahan beban yang berat serta tahan terhadap tekanan dan tiupan angin.

- Sesuaikan bentuk atap dengan desain bangunan hunian Anda.

- Berikan cat pelapis anti bocor atau anti rayap agar semakin awet.

- Mampu menahan terhadap cuaca ekstrem.

- Kemiringan atap harus disesuaikan dengan jenis penutup atap yang akan digunakan.

- Pasang atap dengan benar sesuai dengan kemiringan atap.

 

Fungsi Atap Rumah

Atap rumah berfungsi untuk melindungi sang penghuni rumah dari berbagai perubahan cuaca, mulai dari panas hingga hujan. Selain itu, atap juga memiliki fungsi untuk menutupi ruangan yang berada di bawahnya, mencegah masuknya radiasi panas matahari yang berlebih, mencegah masuknya percikan airhujan dan lain sebagainya.
 

Baca Juga : Ini Dia 9 Material Atap Terbaik
 

Sehingga atap rumah bisa dikatakan memiliki peranan sangat penting untuk meningkatkan nilai keindahan sebuah bangunan. Pilihlah material atap rumah yang memiliki sifat tahan terhadap air hujan, tidak mengalami perubahan warna akibat cuaca ekstrem dan tidak cepat rusak. 
 

Selain mempertimbangkan materialnya, Anda juga harus mencari bahan penutup atap yang tidak mudah terbakar, ringan, mudah dalam perawatan dan tahan lama.

 

Material Atap Rumah

Terdapat beberapa bahan yang bisa dipilih dan Anda gunakan sebagai material pembuat atap. Salah satunya adalah sebagai berikut:

  1. Genteng
    Mengenal Atap Rumah : Pengertian Fungsi dan Material

Atap satu ini terbuat dari tanah liat yang dibakar dalam suhu tinggi, sehingga tidak heran jika kita sering menemui atap genteng dimana pun Anda berada. Masih banyak yang memilih atap genteng satu ini karena harga yang murah dan pemasangannyapun mudah dengan menggunakan metode interlocking.

 

  1. Keramik
    Mengenal Atap Rumah : Pengertian Fungsi dan Material

Jenis atap satu ini sama seperti atap genteng yang terbuat dari tanah liat. Hanya saja atap keramik dapat memantulkan panas matahari dan memiliki lapisan glazur. Oleh sebab itu, mengapa harga atap keramik justru lebih mahal dibandingkan dengan atap genteng.

 

  1. Beton
    Mengenal Atap Rumah : Pengertian Fungsi dan Material

Beton umumnya dikenal dengan istilah dak beton, karena terbuat dari campuran pasir, semen dan air. Walaupun proses pemasangannya bisa dibilang cukup rumit, namun atap beton ini bisa dibilang lebih tahan lama.

 

  1. Genteng Metal
    Mengenal Atap Rumah : Pengertian Fungsi dan Material

Genteng metal merupakan salah satu atap bangunan yang terbuat dari logam sehingga banyak dipakai untuk pembangunan gedung bertingkat, gudang maupun perumahan. Memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis genteng lainnya, seperti ringan, mudah dipasang, tahan rayap, tahan terhadap karat dan masih banyak lagi. Sehingga pemasangan genteng metal dapat memberikan kenyamanan bagi sang penghuninya dari ambruknya genteng dan kebocoran.
 

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Anda dapat menyesuaikan gaya hunian rumah Anda dengan jenis atap yang akan dipilih. Pastikan Anda memilih atap rumah yang berkualitas baik dan memiliki sifat tahan lama mengingat atap memiliki peranan penting dalam kekokohan sebuah hunian.


Pilih desain atap rumah yang cocok dan mampu menunjang keindahan hunian Anda. Sebab setiap bangunan memiliki karakteristik tersendiri secara visual. Namun, alangkah baiknya gunakan genteng metal sebagai atap rumah Anda. Memiliki varian warna beragam yang dapat disesuaikan dengan konsep rumah Anda seperti genteng metal dari BLKP.



Your Message Has Been Sent..