MENGENAL BAUT BAJA RINGAN, JENIS DAN TIPS MEMILIH YANG TEPAT

Fungsi utama baut baja ringan adalah sebagai penghubung yang esensial dalam proses konstruksi. Baut baja ringan digunakan untuk mengikat dan mengamankan komponen-komponen rangka baja ringan saat membangun struktur seperti dinding, lantai, dan atap. Fungsi baut ini menjadi kunci dalam menjaga kestabilan dan kekokohan struktur dengan menggabungkan elemen-elemen menjadi suatu kesatuan yang kuat.

 

Pentingnya penggunaan baut atau skrup terletak pada kualitas pemasangan, ukuran, jenis, dan material baut yang digunakan. Kekuatan sambungan pada rangka sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor ini.

 

Umumnya, baut baja ringan digunakan pada pemasangan material seperti truss (canal-c) dan reng. Baut ini memiliki ciri kepala berbentuk segi enam dan ujung tajam yang cocok untuk pemasangan pada truss dan reng dengan presisi. Oleh karena itu, perlu perhatian ekstra sebelum menggunakannya, untuk memastikan bahwa lokasi pemasangan sudah tepat dan material tidak rusak.

 

Baca Juga: Kenali Lebih Jauh Tentang Canal Baja Ringan, Pengganti Kayu Terbaik Dari Segala Sisi

 

Dengan fungsinya untuk melekatkan bahkan mengokohkan dua bagian dalam sambungan, jelas sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis dan cara memilih jenis baut baja ringan. Berikut ulasan lengkapnya!

 

Berikut BLKP coba rangkum dan jelaskan jenis-jenis baut baja ringan beserta fungsinya:

 

Jenis Baut Baja Ringan

Terdapat beberapa jenis baut baja ringan dilihat dari bentuk dan ukurannya karena harus disesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Simak jenis-jenis baut baja ringan sebagai berikut:

 

baut baja ringan

Sumber gambar: Google

 

Terdapat beberapa jenis baut baja ringan diihat dari bentuk dan ukurannya karena harus disesuaikan dengan kebutuhan bangunan Anda. Apa saja? 

 

 

Sekrup Gypsum

 

Fungsi utama dari sekrup gypsum untuk mengikat papan gypsum atau triplek ataupun termit pada rangka baja ringan yang umumnya digunakan dalam partisi dan plafon. Dengan kepala yang bulat, ditawarkan dalam dua jenis ujung—runcing dan pipih, memudahkan pemasangan dengan mata obeng saat proses instalasi. Terbuat dari baja solid, jenis sekrup ini cocok untuk penggunaan pada material baja ringan.

 

Berikut adalah beberapa ukuran sekrup gypsum yang umum digunakan untuk pemasangan plafon:

  • - Sekrup 6 x 1 inchi memiliki panjang sekitar 2,5 cm
  • - Sekrup 6 x 1,5 inchi memiliki panjang sekitar 4 cm
  • - Sekrup 6 x 1,75 inchi memiliki panjang sekitar 3 cm
  • - Sekrup 6 x 3/4 inchi memiliki panjang sekitar 2 cm
  • - Sekrup 6 x 2 inchi memiliki panjang sekitar 5 cm
  • - Sekrup 6 x 3 inci memiliki panjang sekitar 7,5 cm.


 

Self Drilling Screw (SDS) atau Sekrup TEK

 

Self Drilling Screw (SDS) juga dikenal sebagai sekrup TEK, memiliki ujung berbentuk 'mata bor' yang dapat mengebor lubang pilot sendiri. Self Drilling Screw (SDS) cocok untuk melubangi lembaran logam tebal dan bahan struktural lainnya.

 

Ukuran SDS yang tepat bergantung pada ketebalan substrat yang digunakan. Penting bahwa ujung sekrup membersihkan dan menembus substrat sebelum ulir mulai bekerja. Pada pengencangan menggunakan pengikat self-drilling, ujung sekrup harus membersihkan permukaan agar benang terhubung dengan baik dan tidak merusak pengikat. Ukuran diameter dan jarak ulir disesuaikan dengan tujuan dan ketebalan substrat.

 

Self Drilling Screw tersedia dalam berbagai ukuran, yaitu:

  • - SDS 12-24×45
  • - SDS 8-18×13
  • - SDS 12-24×20.

 

 

Sekrup Dynabolt

 

Sekrup Dynabolt, juga dikenal sebagai Anchor Bolt atau baut tanam tembok. Dikenal sebagai jenis baut pengencang yang digunakan untuk merekatkan objek ke beton, baik yang bersifat struktural maupun non-struktural.

 

Baut ini umumnya memiliki diameter yang lebih besar dan menyempit ke bagian kepala baut. Dilapisi dengan selongsong silinder, bagian ujung ditanamkan ke beton memiliki celah sepanjang baut. Saat ditanam ke beton, baut tersebut akan mengencangkan mur dari luar beton.

 

Cara pemasangannya sendiri dengan dimasukkan ke dinding atau beton yang sudah sebelumnya dilubangi dengan mesin bor, kemudian selongsong silinder diperkuat sampai anchor yang ada di beton mengembang dan kian kuat saat ditarik.

 

Dynabolt memiliki keistimewaan karena bisa ditanamkan dengan melubangi beton terlebih dahulu. Setelah dikencangkan, dynabolt akan mengembang di dalam lubang beton, sehingga memberikan kekuatan menancap.

 

Fungsi utama sekrup dynabolt diantaranya:

  1. Mengencangkan objek struktural atau non-struktural ke tembok atau beton
  2. Pemilihan ukuran dan jumlah dynabolt harus sesuai dengan kebutuhan, seperti pemasangan rangka besi untuk canopy atau lemari gantung
  3. Dynabolt juga berperan dalam pemasangan objek pada bangunan secara cepat, serta memasang mesin pada dudukan beton dalam industri.

 

Berikut adalah beberapa ukuran sekrup dynabolt yang umum digunakan:

  • - Sekrup dynabolt 6 x 60
  • - Sekrup dynabolt 8 x 40
  • - Sekrup dynabolt 8 x 65
  • - Sekrup dynabolt 10 x 50
  • - Sekrup dynabolt 10 x 65
  • - Sekrup dynabolt 10 x 77
  • - Sekrup dynabolt 12 x 60
  • - Sekrup dynabolt 12 x 75
  • - Sekrup dynabolt 12 x 99.

 

 

Tips Memilih Baut Baja Ringan

 

baut baja ringan

Sumber gambar: Google

 

Cara memilih baut atau sekrup baja ringan yang baik dan tepat tak hanya dilihat dari kerapatan ulir dan jarak drat dari kepala sekrup. Ada standar yang harus diperhatikan.

 

 

Kriteria Pemilihan Sekrup atau Baut yang Baik Meliputi:

 

baut baja ringan

Sumber gambar: Google

 

  1. Sekrup dengan ulir atau drat baut yang lebih rapat
  2. Jarak antara ulir atau drat dengan kepala sekrup harus dekat agar tidak mudah kendur.

 

Standar Baut untuk Baja Ringan Agar Sambungan Tetap Kuat dan Tidak Longgar:

 

  1. Untuk struktur yang menggunakan kanal c, gunakan screw type 12-40x20 dengan gauge 12 (ukuran) dan ulir 14 setiap inchi, serta panjang 20 mm
  2. Untuk reng, gunakan screw type 10-16 x 16 dengan ukuran gauge 10 dan ulir 16 setiap inchi, serta panjang 16 mm
  3. Dalam konteks ini, ukuran gauge 12 memiliki diameter 5,5 mm, sementara ukuran gauge 10 memiliki diameter 5 mm.

 

Kesimpulan 

 

Dengan mengetahui jenis dan cara memilih baut baja ringan dengan benar, sobat BLKP akan lebih tahu kebutuhan yang tepat untuk bangunan Anda, terutama jika Anda menggunakan material baja ringan sebagai rangkanya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua sobat BLKP!
 

Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk berkualitas untuk hunian Anda, seperti produk baja ringan yang diproduksi oleh BLKP.

 

BLKP hadir dengan menawarkan beragam produk baja ringan yang sudah berlabel SNI dan ISO 9001-2015, sehingga sudah teruji kualitasnya.

 

Tertarik dengan produk baja ringan dari BLKP? Segera Hubungi Kami.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..