PONDASI TIANG PANCANG, PONDASI FAVORIT GEDUNG BERTINGKAT!

Tidak ada gedung yang mampu berdiri tegak tanpa adanya pondasi. Tapi tahukah Anda bahwa untuk gedung bertingkat, pondasi tiang pancang paling favorit digunakan. Kenapa?

 

Apa Itu Pondasi Tiang Pancang?

pondasi tiang pancang

Pinterest: Harga Satuan

 

Mengutip Sardjono dalam bukunya yang berjudul Pondasi Tiang Pancang, Pondasi tiang pancang adalah suatu struktur pondasi berbentuk tiang yang penempatannya terdapat pada lapisan tanah pendukung.

 

Baca Juga : Pondasi Bore Pile, Solusi Buat Gedung  di Lahan Yang Sempit

 

Dalam pengertian lain, secara sederhana pondasi tiang pancang adalah suatu metode untuk memasukkan tiang ke dalam tanah pada kedalaman tertentu. Penancapan tiang ini dilakukan dengan mesin pemancang.

 

Sama seperti fungsi pondasi pada umumnya, pondasi tiang pancang bertugas untuk menopang struktur bangunan dengan memindahkan bebannya ke dalam tanah pendukung.

 

Ada 4 alasan utama suatu konstruksi menggunakan pondasi ini, yaitu:

 

1. Jika tanah yang baik atau cukup kuat digunakan sebagai pondasi berada di kedalaman yang cukup dalam.

 

2. Area dasar tanah pondasi sering digerus air, misalnya pada pembangunan jembatan.

pondasi tiang pancang

Pinterest: megaconbeton.com

 

Karena dibutuhkan kedalaman tanah yang lebih dalam lagi untuk mencegah gerusan air, maka tiang pancang sangat cocok untuk digunakan.

 

3. Pondasi tiang pancang mampu menerima beban horisontal maupun daya tarik yang cukup besar. 

 

Inilah kenapa gedung bertingkat sangat sering menggunakan pondasi tiang pancang.

 

4. Pondasi ini juga memiliki kekuatan yang dapat menahan tanah galian dan mencegah longsor.

 

 

Keunggulan Pondasi Tiang Pancang

 

Untuk mengenal lebih baik dan memberikan bahan untuk membuat keputusan dalam konstruksi Anda, berikut informasi tentang keunggulan dari pondasi tiang pancang:

 

Pondasi Tiang Pancang Sangat Fleksibel Digunakan dalam Konstruksi

 

Pondasi tiang pancang tidak hanya cocok untuk gedung bertingkat, namun juga bisa digunakan untuk pembangunan skala kecil seperti rumah. Bahkan untuk pembuatan jembatan sangat cocok menggunakan pondasi ini.

 

Anda bisa menyesuaikan ukuran pondasi secara mandiri dengan menyesuaikannya berdasarkan spesifikasi atau denah bangunan yang ingin Anda bangun.

 

Tiang untuk pondasi tiang pancang dibuat dengan metode precasting atau dipesan terlebih dahulu. Sehingga bisa sangat fleksibel terhadap ukuran dan cukup efisien dalam pengerjaan dan waktu.

 

Pondasi yang Sangat Kuat bahkan di Tanah yang Labil

 

Pondasi tiang pancang sangat memperkokoh bangunan Anda karena beban tertahan seutuhnya pada tanah. 

 

Teknik Pondasi ini bahkan mampu memperkuat struktur bangunan pada tanah yang labil. Karena tiang pancang dapat memadatkan tanah yang terlalu halus atau granular.

 

Lebih Mudah dan Bagus Karena Tanpa Galian 

 

Aktivitas menggali tanah sebenarnya tidak terlalu baik dalam membuat pondasi karena membuat tanah lemah akibat pergeseran. 

 

Dengan menggunakan pondasi tiang pancang, Anda tidak memerlukan galian sama sekali, cukup ditancap dengan mesin khusus.

 

Pondasi tiang pancang memberikan tampilan yang unik dan menarik terhadap bangunan. Selain itu, dalam proses pengerjaannya pun tidak memerlukan pengawasan yang lebih ketat.

 

Pemakaian pondasi tiang pancang sangat cocok jika di dalam tanah terdapat aliran drainase air yang bertekanan, karena tidak membutuhkan pengeboran yang terlalu dalam.

 

Pondasi tiang pancang sangat membantu Anda yang ingin membangun pada daerah tepi pantai, karena struktur bangunan akan menjadi sangat kokoh dan kuat terhadap erosi air laut.

 

Daya Tahan Pondasi Sangat Lama Dan Awet

 

Seringkali tanah di Indonesia yang beriklim tropis ditemui dalam kondisi lembab atau korosif. Hal ini membutuhkan pondasi yang mampu menangani masalah ini.

pondasi tiang pancang

Pinterest: Dekoruma

 

Pondasi tiang pancang umumnya terbuat dari beton murni dengan tulang berbahan baca. Jenis material ini tentunya merupakan kombinasi yang kuat dan membuat usia pondasi lebih panjang karena kerangka pondasi akan terlindungi dari karat, pelapukan dan dampak dari zat korosif.

 

 

Kesimpulan

 

Sekian pembahasan tentang pondasi tiang pancang dengan segala keunggulannya.

 

Dalam menentukan pondasi apa yang baik untuk bangunan atau rumah Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan kontraktor dan jasa profesional.

 

Mencari merk baja ringan terbaik untuk konstruksi Anda sekarang? BLKP adalah jawabannya! 

 

Anda masih bimbang dan ingin bertanya? Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui sosmed berikut : Hubungi Kami


Ingin melihat katalog produk BLKP? Klik disini



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..