Micro House 1.jpg

BERALIH KE MICRO HOUSE! TETAP NYAMAN DAN ELEGAN MESKIPUN MUNGIL

 

Selaras dengan bertambahnya penduduk, kini kebutuhan tempat tinggal semakin meningkat. Banyak hunian yang menawarkan konsep hingga desain yang unik dan variatif. 
 

Ibu kota menjadi salah satu kota impian generasi muda untuk memiliki tempat tinggal dengan gaya hidup yang lebih modern.

 

Namun, lahan kosong dan ruang terbuka hijau yang kini banyak disulap menjadi gedung-gedung pencakar langit, perkantoran, serta pabrik-pabrik, membuat lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas bukan?

 

 

Baca Juga: Bosan Tinggal di Kota? Ini Inspirasi Desain Rumah Pinggir Sawah

 

 

Di kota-kota besar seperti New York, London, dan Tokyo, permasalahan seperti ini sudah ada solusi cermatnya, yaitu dengan mewujudkan konsep micro house. Apa itu micro house? Yuk simak lebih lengkapnya di bawah ini!

 

 

Apa yang Dimaksud dengan Micro House?

 

micro house

 

Dwarkadhish&Co.

 

Micro house atau rumah mikro adalah konsep rumah dengan skala bangunan yang lebih kecil dari rumah pada umumnya yaitu dengan luas lahan tidak lebih dari 100 meter persegi. Sebut saja si minimalis yang maksimal fungsionalnya.
 

Rumah mikro memiliki interpretasi yang berbeda-beda di setiap persepsi. Yang menjadi fokus adalah bagaimana sebuah hunian tercipta dengan mementingkan sisi esensial dan fungsionalnya. 

 

Bayangkan ketika Anda mendapatkan kehidupan yang sehat, ramah lingkungan, kenyamanan, dan suasana hati yang tenang hanya dengan rumah tinggal yang sederhana? Sungguh tak ada yang lebih mengesankan bukan?
 

Micro house memiliki konektivitas yang kuat dengan alam dan kehidupan sosial dengan kata lain, lahan yang terbatas akan membuat Anda lebih mudah menjalin hubungan yang harmonis dengan keluarga dan juga lebih dekat dengan  lingkungan alam maupun kehidupan sosial di sekitar. 
 

Dengan ukuran yang minimalis, Anda dapat merasakan fungsional yang maksimal. Gaya hidup seperti ini selaras dengan prinsip “Less is More”. Konsep ini ditargetkan pada wilayah perkotaan yang semakin menipis fungsi lahannya. 

 

Meskipun di Indonesia belum populer, namun sudah ada beberapa kota yang banyak menyediakan hunian dengan konsep micro house seperti di Surabaya dan Jakarta.


 

Manfaat Tinggal di Micro House

 

micro house

 

dezeen.com

 

 

Gaya Hidup Sederhana

 

Beberapa orang memilih rumah mikro karena menyadari bahwa standar hidup modern bukan tentang seberapa mewah dan megah tempat tinggal mereka. 
 

Menjalani hidup sederhana dengan fokus pada apa yang benar-benar dibutuhkan menjadi cara terbaik untuk mewujudkan hidup tenang dan damai.


 

Sustainable, Mengurangi Emisi Karbon

 

Memikirkan apa yang sudah kita kontribusikan untuk menjaga bumi ini, rasanya terlalu berat dan kosong. Padahal banyak hal-hal sederhana dan mudah yang dapat kita lakukan untuk kehidupan planet kita ini.
 

Tahukah Anda dengan memilih tinggal di micro house, menjadi gerakan positif yang dapat memulai kebaikan. Percaya tidak untuk pembangunan rumah biasa saja sudah menghasilkan limbah senilai dua unit micro house?
 

Bagaimanapun, rumah mikro menjadi solusi cermat untuk mengurangi limbah dan menggunakan energi air dan listrik yang lebih sedikit daripada rumah biasa.

 

 

Estetik dan Elegan

 

Meskipun minimalis dan terkesan mungil, micro house dibangun dengan penuh pertimbangan, persiapan, dan rancangan yang matang, lho. Anda bisa menyesuaikannya dengan desain yang Anda inginkan. 

 

Kini banyak developer yang juga menyediakan konsep hunian micro house dengan desain yang menarik dan mengesankan. Dengan micro house Anda bisa menikmati pengalaman tinggal yang jauh lebih baik.

 

 

Hemat Uang

 

Memiliki mikro house menjadi gaya hidup produktif yang hemat. Rumah mikro biasanya membutuhkan energi yang lebih sedikit dibandingkan rumah biasa pada umumnya. Banyak rumah mikro yang sudah menerapkan sistem panel surya dan baterai. 

 

Selain itu, dengan ruang yang memaksimalkan fungsionalnya, berarti penghuni juga hanya membeli sesuatu yang dibutuhkan. Tentunya tabungan akan tetap aman, bukan?


 

Koneksi sosial dan Alam

 

Menempati rumah mikro berarti Anda tak hanya fokus pada kegiatan di dalam rumah saja. Anda bisa mengalokasikan waktu Anda untuk sekadar berinteraksi sosial dengan tetangga.

 

Terkadang muncul persepsi yang salah mengenai micro house mengenai lahan rumah yang terbatas. Kenyataannya micro house juga memiliki prinsip untuk memperhatikan luar ruangan atau bagian outdoor. Memberi Anda kesempatan untuk memiliki konektivitas dengan alam.


 

Referensi Desain Micro House yang Menarik

 

Slim Fit Micro House yang Edgy Sebagai Rumah Tinggal yang Ideal

 

micro house

 

architectmagazine.com

 

 

Micro House Industri Klasik yang Nyaman

 

micro house

 

archdaily.com

 

 

Container Micro House yang Estetik dan Classy

 

micro house

 

purewow.com


 

Kesimpulan

 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik tinggal di micro house? Rumah mikro ini menarik banyak orang karena terjangkau, sustainable, dan memungkinkan gaya hidup yang lebih sederhana. 
 

Jika Anda ingin mewujudkan rumah tinggal micro house yang classy namun tetap nyaman, tetap pertimbangkan juga bahan bangunan yang digunakan ya!
 

Pastikan untuk memilih bahan material yang terbukti berkualitas seperti baja ringan dari BLKP yang sudah berstandarisasi SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 - 34981.

 

Tertarik dengan produk dan layanan kami? Anda bisa Hubungi Kami segera.
 

Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..