PENTINGKAH MEMASANG ALUMUNIUM FOIL PADA BAJA RINGAN?

Pentingkah Pemasangan Alumunium Foil Pada Rangka Baja Ringan?

Atap baja ringan kini semakin digandrungi oleh masyarakat karena kekokohannya dan juga banyak keunggulan lainnya. Bahkan atap ini cocok dipakai untuk iklim Indonesia. Masih banyak pertanyaan yang sering ditanyakan, salah satunya masih perlukah memasang alumunium foil walau sudah menggunakan rangka baja ringan?

Pemasangan alumunium foil sangat penting ketika sudah menggunakan rangka baja ringan. Dikarenakan alumunium foil sangat cocok dipasang oleh rangka baja ringan serta dapat memberikan perlindungan dari kebocoran akibat hujan. Selain bisa melindungi dari kebocoran saat hujan, alumunium foil berfungsi juga sebagai penahan panas dari sinar matahari langsung.

Ragam Jenis Alumunium Foil

Terdapat dua jenis alumunium foil yang sering digunakan, yaitu single side dan double side. Untuk yang single side, permukaan atasnya lebih mengkilap. Namun untuk yang double side, permukaan atas dan bawahnya sama – sama terlihat mengkilap karena dilapisi dengan Alumunium Foil.

Pembuatan alumunium foil juga dibagi menjadi dua, yaitu plastik dan kertas. Biasanya banyak orang yang memilih bahan plastik dibandingkan kertas karena tidak mudah sobek. Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan dengan bahan kertas, namun ketahanannya sangat menguntungkan dari segi waktu.

Macam – Macam Aluminium Foil

Berikut beberapa macam alumunium foil yang dapat digunakan untuk kebutuhan atap Anda:

  1. Aluminium Foil Woven Laminated

Berbahan dasar dari serat plastik. Bahannya yang ringan memudahkan untuk dipasang dalam mengantisipasi kebocoran air hujan dan penangkal panasnya matahari.

  1. Aluminium Foil Bubble Laminated

Terdapat lapisan yang berbentuk gelembung ditengahnya, sehingga dapat meredam bisingnya suara akibat air hujan yang turun di atas atap.

  1. Aluminium Foil Foam Laminated

Jenis alumunium satu ini dilapisi dengan lembaran foam pada kedua sisinya. Bahan material yang berat dan juga tebal sangat cocok digunakan untuk atap pabrik agar dapat meminimalisir panas dan suara yang ditimbulkan di dalamnya.

Seperti yang sudah diketahui, rumah dibangun untuk melindungi dari panasnya matahari dan derasnya air hujan. Namun, jika panasnya matahari dan bisingnya air hujan dapat mengganggu sang pemilik maka pemakaian alumunium foil menjadi alternatif yang sangat cocok untuk solusi masalah Anda.

Demikian informasi seputar tips berbagai macam sekrup baja ringan yang menjadi andalan para pekerja. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat dan jangan lupa untuk terus pantau informasi penting yang selalu menarik di kolom Artikel BLKP.co.id.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..