PENTINGNYA RENG GALVALUM BAGI ATAP RUMAH ANDA

Hampir seluruh konstruksi bangunan saat ini mulai dari perumahan, gudang, ruko hingga bangunan perkantoran sudah menggunakan baja ringan sebagai rangka atapnya. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan baja ringan menjadi populer seperti sekarang karena salah satu keunggulannya yaitu dari segi kekuatannya. Sehingga tidak heran jika masyarakat sudah beralih menggunakan rangka baja ringan karena baja ringan mampu menopang beban berat di atasnya.
 

Selain itu, rangka baja ringan memiliki umur pemakaian yang sangat awet dibandingkan dengan material kayu yang rentan terserang rayap. Dalam segi pemasangannya, baja ringan juga cukup mudah dipasang. Walaupun terbilang mudah, pemasangan rangka baja ringan tidak bisa dianggap sepele, seperti pemasangan reng baja ringan untuk pembuatan rangka atap rumahmu.
 

Reng Galvalum

Reng baja ringan terbuat dari bahan baku galvalum yang berfungsi untuk mengaitkan dan menahan beban penutup atap yang ada di atasnya. Pemasangan reng tidak hanya digunakan untuk penutup atap jenis genteng metal saja, melainkan bisa menggunakan jenis penutup atap lainnya, seperti genteng metal pasir, genteng tanah liat dan masih banyak lagi.
 

Baca Juga : Ini Dia 5 Struktur Rangka Atap Beserta Manfaatnya
 

Dengan menggunakan reng sebagai penyangga rangka atap rumah, memudahkan aplikator dalam menyusun genteng sehingga hasil akhirnya menjadi lebih rapi. Selain itu, reng juga berfungsi sebagai pengatur jarak antar genteng. Semakin besar genteng yang digunakan, maka semakin sedikit juga reng yang dibutuhkan. Begitupun sebaliknya.
 

Apabila Anda hanya memiliki anggaran yang terbatas, Anda bisa menekan anggaran dengan mengurangi bahan reng yang akan digunakan.
 

Jarak Reng Galvalum

Dalam menentukan jarak reng untuk kuda-kuda atap rumah biasanya ditentukan dengan berbagai faktor. Nah, penentuan jarak reng sangat penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi kekokohan dari sebuah atap rumah.
 

Selain itu, dengan menentukan jarak reng juga dapat menentukan efisiensi dalam pemasangan atap baja ringan. Berikut beberapa faktor yang menentukan jarak reng galvalum:

 

  1. Ketebalan Baja Ringan
    Pentingnya Reng Galvalum Bagi Atap Rumah Anda

Faktor pertama yang harus Anda perhatikan adalah dengan melihat ketebalan baja ringan. Konstruksi atap menggunakan baja ringan, umumnya memiliki ketebalan antara 0,75 mm hingga 1 mm. Nah, untuk ketebalan reng berkisar antara 0,40 mm hingga 0,60 mm. Semakin tebal ukuran reng, maka jarak kuda-kuda baja ringan akan lebih renggang dari perhitungan standar.

 

  1. Berat Sebuah Atap
    Pentingnya Reng Galvalum Bagi Atap Rumah Anda

Setelah melihat ketebalan baja ringan, Anda juga harus mengetahui jenis genteng yang akan digunakan. Pastikan untuk mengetahui lebar, tebal dan juga bobotnya dari jenis genteng tersebut. Khususnya pada genteng yang akan ditopang oleh rangka baja ringan.

 

  1. Melihat Luas Bangunan
    Pentingnya Reng Galvalum Bagi Atap Rumah Anda

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui luas bangunan agar jarak kuda-kuda atap rumah yang akan dipasang sesuai dengan standar. Dikarenakan rangka tersebut akan menopang beban berat yang ada di atasnya dari tekanan angin dan juga curah hujan yang tinggi.

 

  1. Letak Geografis Bangunan
    Pentingnya Reng Galvalum Bagi Atap Rumah Anda

Apabila Anda berencana membangun rumah tinggal di daerah pegunungan atau pesisir pantai, maka jarak reng galvalum dapat ditentukan dari letak geografis. Oleh sebab itu, jarak reng dan kuda-kuda baja ringan akan dibuat lebih dekat dari standar mengingat tekanan angin dari dua daerah tersebut lebih besar dari daerah lain. Dengan begitu, ketika angin menerjang cukup kuat, kondisi atap rumah akan tetap aman dan kuat sepanjang waktu.
 

Kesimpulan

Dengan mengetahui fungsi serta jarak reng galvalum, memudahkan kita dalam memaksimalkan waktu penggunaan baja ringan. Baja ringan memiliki bobot yang ringan, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi beban struktur dan jauh lebih aman dibandingkan menggunakan kayu yang memiliki beban berat. 
 

Selain itu, baja ringan juga tahan terhadap karat dan juga tahan terhadap rayap, sehingga penggunaannya akan awet hingga puluhan tahun.
 

Itulah penjelasan dari pentingnya reng baja ringan yang terbuat dari galvalum bagi atap rumah Anda. Pemasangan baja ringan tidak mungkin tanpa adanya reng. Oleh sebab itu, Anda juga harus memilih baja ringan yang berkualitas terbaik dan juga berstandar SNI seperti BLKP. Ingin mengetahui produk baja ringan BLKP? Dapatkan informasi selengkapnya mengenai produk-produk baja ringan BLKP hanya Disini.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..