PENTINGNYA SNI PADA PENGGUNAAN PRODUK BAJA RINGAN

Pentingnya SNI

Kata siapa Standar Nasional Indonesia (SNI) hanya berlaku pada produk peralatan makanan atau minuman dan produk elektronik saja? Melainkan SNI juga berlaku lho pada bidang material bangunan. Salah satunya produk baja ringan.
 

Ketika kita ingin membeli material baja ringan dan atap tentunya hal pertama yang akan dicari adalah Standar Nasional Indonesia (SNI). Cek terlebih dahulu apakah produk yang akan dipilih sudah sesuai dengan SNI atau belum, ya! Apalagi saat ini sudah banyak baja ringan tersebar di pasaran dengan kualitas yang beragam pula, mulai dari produk asli SNI hingga abal – abal. Sehingga keberadaan baja ringan abal – abal menjadi hal yang sangat merugikan penggunanya dan bisa meningkatkan terjadinya risiko bangunan mudah roboh. Terlebih banyak masyarakat yang belum teredukasi seberapa pentingnya menggunakan baja ringan ber – SNI.
 

BACA JUGA : 4 TIPS CARA MEMBEDAKAN BAJA RINGAN ASLI DAN PALSU
 

Selain penting bagi keselamatan dan kesehatan, SNI juga bisa menjamin produk yang dipilih sesuai dengan kualitas dan harga yang dipilih. Nah, kali ini kita akan mengulas standar material bangunan yang penting untuk Anda pahami.
 

Mengenal SNI Bukan Sekadar Label
Pentingnya SNI Pada Penggunaan Produk Baja Ringan

Memasuki era perdagangan bebas seperti saat ini, memungkinkan barang dan jasa dapat masuk dengan mudah ke semua negara, termasuk baja ringan. Sehingga sangat penting standarisasi produk dalam perdagangan global mengingat banyak ditemukan baja ringan abal – abal. Standarisasi ini berfungsi sebagai jembatan antara kepentingan konsumen dan pelaku usaha. Apabila produk tidak memenuhi syarat mutu yang berlaku akan menimbulkan kerugian pada konsumen. Apalagi pada produk baja ringan yang dapat menyangkut keselamatan kerja. Oleh karena itu, salah satu cara untuk melindungi produk lokal bersaing dengan produk impor di era perdagangan bebas saat ini yaitu dengan diberlakukannya Standar Nasional Indonesia (SNI).
 

Mengapa SNI Penting Bagi Material Bangunan?
Pentingnya SNI Pada Penggunaan Produk Baja Ringan

Sudah cukup populer bagi masyarakat mengetahui atap maupun rangka konstruksi bagi hunian dari material baja ringan. Salah satu yang menjadi alasannya yaitu memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dalam pemasangan dibandingkan dengan material lainnya. Selain itu, baja ringan juga memiliki nilai estetika yang tidak didapatkan dari material lainnya karena memiliki pilihan warna yang beragam dan juga menarik di mata. Namun, saat memilih baja ringan Anda juga harus cermat melihat kualifikasinya. Pastikan produsen baja ringan yang Anda pilih sudah memiliki dokumen SNI seperti:
 

- 8399:2017 untuk SNI profil rangka baja ringan

- 4096:2007 untuk baja lembaran dan gulungan lapis paduan aluminium-seng (Bj LAS)
 

Sayangnya masih banyak masyarakat masih awam akan standar tersebut. Padahal standar di atas sangat penting untuk menjamin kenyamanan dan keamanan sang penghuni rumah di masa depan. Apabila bahan baku tidak sesuai dengan standar, maka akan berisiko terjadi kegagalan struktur sangat tinggi. Usia material bangunan menjadi lebih pendek karena kandungan bahannya tidak ideal dan tidak memenuhi standar. Akibatnya struktur dinding ataupun atap bisa menjadi roboh sewaktu – waktu saat Anda tempati. Tidak hanya itu saja, melainkan kandungannya juga bisa menyebabkan membuat bahaya bagi kesehatan sang penghuni.
 

Apa Benar Produk Baja Ringan Ber – SNI Dapat Mencegah Bangunan Ambruk?

Banyak peristiwa bangunan ambruk karena pemakaian atap baja ringan atau konstuksinya yang tidak sesuai standar. Maka tidak heran banyak pertanyaan yang muncul, apakah pemakaian baja ringan abal – abal menjadi salah satu pemicu terjadinya bangunan roboh?

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan atap ambruk, seperti pemilihan bahan baku, faktor aplikator baja ringan hingga perhitungan yang kurang tepat mengingat baja ringan berbeda dengan material kayu.
 

Solusinya

Dalam memilih baja ringan, hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah harga. Sebenarnya bukan hanya sekedar anggaran saja yang perlu Anda persiapkan, namun jangan sampai mudah tertipu dengan harga yang terlalu murah dari batas kewajaran. Selain label SNI tertera di produk, Anda juga perlu minta bukti sertifikasi produk untuk membuktikan keaslian standar tersebut.

Agar tidak salah pilih dan tidak ingin mengalami risiko tersebut, Anda bisa memilih produk atap dan baja ringan dari BLKP, lho! BLKP merupakan salah satu produsen material baja ringan yang terpercaya di Indonesia. Produk dari BLKP juga telah memiliki standar ketentuan SNI sehingga kualitasnya juga sudah terjamin aman.



Your Message Has Been Sent..