PERLUKAH MERAWAT RUMAH KETIKA MUSIM HUJAN MELANDA?

Pentingkah Merawat Rumah Ketika Musim Hujan?

Saat ini cuaca di Indonesia sedang tidak menentu, terasa terik saat siang hari namun turun hujan ketika sore atau malam hari. Ketika hujan turun, beberapa masalah sering muncul dan sering kita alami seperti rumah kebocoran, dinding merembes, banjir dan masih banyak lagi. Asalkan kalian tahu, bahwa jika masalah – masalah tersebut tidak segera diatasi, hal ini akan berpengaruh kepada kesehatan sang penghuni, lho! Dikarenakan tingkat kelembapan yang tinggi dapat memicu tumbuhnya jamur dalam rumah.

BACA JUGA : 5 CARA TERAMPUH MEMPERBAIKI GENTENG METAL YANG BOCOR

Perlu Anda ketahui, bahwa musim hujan bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Sehingga Anda perlu mempersiapkan semuanya secara matang agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Simak yuk, beberapa tips yang dapat Anda persiapkan dalam merawat rumah ketika musim hujan melanda:

Tips Merawat Rumah Ketika Hujan Melanda

  1. Memeriksa Kondisi Atap

              Perlukah Merawat Rumah Ketika Musim Hujan Melanda?

Memeriksa kondisi atap merupakan faktor yang paling penting dicek secara berkala. Dalam hal ini, Anda harus mengecek apakah genteng rumah Anda berlubang, bergeser, berlumut atau bahkan retak karena cuaca ekstrem.

Apabila terdapat masalah yang cukup serius, segera ganti genteng rumah Anda menggunakan genteng metal dari BLKP. Selain memiliki ragam warna, genteng metal BLKP memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dalam pemasangan. Genteng metal BLKP juga dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, lho! Sehingga jika terjadi perubahan cuaca cukup ekstem, warna genteng metal BLKP tidak akan pudar.

  1. Membersihkan Talang Air

              Perlukah Merawat Rumah Ketika Musim Hujan Melanda?

Fungsi utama dari talang air merupakan tempat penampung air hujan yang berasal dari atap, agar air hujan yang jatuh langsung ke permukaan yang tepat. Talang air juga merupakan salah satu hal paling wajib untuk dibersihkan ketika sesudah atau sebelum air hujan turun. Cek terlebih dahulu, apakah terdapat kotoran atau daun yang dapat menyumbat talang air tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu periksa bagaimana kondisi talang air yang dimiliki. Jika terdapat kerusakan, talang air bisa menyebabkan kebocoran atau rembesan sehingga tidak maksimal dalam mengalirkan air hujan ke permukaan. Pilihlah material talang air yang berkualitas, seperti talang air milik BLKP. Selain memiliki kualitas tahan lama, talang air BLKP juga memiliki ragam pilihan warna. Sehingga dapat disesuaikan dengan tema rumah Anda!

  1. Memberikan Perlindungan Anti Bocor

              Perlukah Merawat Rumah Ketika Musim Hujan Melanda?

Kita tidak akan pernah menyadari kapan rumah akan mengalami kebocoran. Anda pasti akan mengetahuinya ketika sudah terjadi rembesan pada dinding atau plafon rumah. Nah, sebelum semakin parah aplikasikan lapisan anti air pada bagian atas rumah.

  1. Memangkas Pohon Rindang

              Perlukah Merawat Rumah Ketika Musim Hujan Melanda?

Tanaman atau pohon yang rindang dapat berpotensi juga menyebabkan terjadinya kerusakan pada genteng metal Anda, seperti terjadinya pohon tumbang. Oleh karena itu, pangkaslah tanaman atau pohon – pohon besar ketika sudah musim hujan agar terhindar dari menimpa atap. Dan jangan lupa untuk membersihkan ranting – ranting yang berserakan di halaman rumah secara rutin ya!

BACA JUGA : 3 CARA MEMBUAT ATAP RUMAH TIDAK HILANG DARI ANGIN KENCANG

  1. Memasang Kanopi

              Perlukah Merawat Rumah Ketika Musim Hujan Melanda?

Kanopi berfungsi sebagai tempat melindungi halaman rumah dari teriknya matahari dan guyuran air hujan. Bagi Anda yang tidak memiliki halaman luas, pemasangan kanopi bisa digunakan untuk pembuatan carport. Tentunya kendaraan Anda akan terlindungi dari segala musim jika terdapat carport di rumah Anda. Jadi, tidak perlu pusing lagi untuk memikiri bagaimana mencuci kendaraan jika terkena air hujan.

Apabila rumah Anda sangat terawat dengan baik dan bersih, sudah dipastikan terjamin kenyamanan sang penghuni rumah. Mulailah dengan langkah pemeliharaan luar rumah terlebih dahulu ya. Semoga bermanfaat!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..