ruang tamu putih (1).jpg

UBAH RUANG TAMU PUTIH JADI ESTETIK DENGAN IDE DEKORASI INI!

 

Warna cat rumah sangat berpengaruh pada penampilan dan suasana baik secara eksterior dan interior hunian Anda. Salah satunya adalah bagian ruang tamu. 

 

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan penting dalam rumah yang wajib memiliki desain dan dekorasi dengan baik. Untuk pilihan warna, putih cenderung dijadikan pilihan favorit untuk ruang tamu karena kesannya yang bersih, elegan, dan modern. Akan tetapi, ruang tamu dominasi warna putih jika tidak dirancang dengan baik, akan terlihat membosankan dan kurang menarik. 

 

Nah, untuk mendapatkan tampilan yang menarik dan tidak membosankan, ada beberapa ide dekorasi, desain, dan warna kombinasi yang dapat digunakan untuk mempercantik ruang tamu nuansa putih dalam hunian Anda. 

 

 

Baca Juga: 5 Interior Dekorasi Hitam Putih yang Elegan

 

 

Apa saja? Yuk simak bersama!

 

 

Tips Kombinasi Warna Putih untuk Ruang Tamu 

 

ruang tamu putih

 

 

Tambahkan aksen warna netral

 

Pilihan menambahkan aksen warna netral, seperti abu-abu atau beige pada furnitur dan aksesoris ruang tamu bisa menjadi pertimbangan. Warna netral akan menciptakan kesan lembut dan elegan pada ruangan serba putih yang bersih. 

 

Anda juga dapat memilih warna netral sesuai warna dinding atau memilih warna yang lebih gelap untuk menghadirkan suasana kontras.

 

 

Tambahkan warna cerah

 

ruang tamu putih

 

youtu.be

 

Menambahkan aksen warna cerah, diantaranya kuning atau merah juga bisa Anda aplikasikan. Aksen warna cerah dapat dipadupadankan pada aksesoris atau bantal sofa. Tapi, hindari penggunaan terlalu banyak aksen warna cerah agar tidak menghilangkan kesan elegan pada ruangan putih.

 

 

Kombinasi warna pastel

 

Penggunaan warna pastel juga sangat cocok untuk memberikan sentuhan lembut untuk ruang tamu nuansa putih milik Anda. Warna seperti biru muda atau pink pucat akan menambah sisi romantis dan menenangkan. Bisa juga menambahkan nuansa pastel pada bantal sofa atau tirai jendela. 

 

 

Sentuhan warna monokromatik

 

ruang tamu putih

 

pinterest.com

 

Ingin suasana lebih dinamis dan modern? Coba warna monokromatik. Anda dapat mengaplikasikan warna yang sama dengan nuansa putih pada dinding untuk furnitur dan aksesoris ruangan. Kombinasi warna monokromatik dan putih akan memberikan kesan minimalis dan modern. 

 

 

Tambahkan warna metalik

 

Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan warna metalik, seperti emas atau perak. Warna ini dapat memberikan kesan mewah dalam ruangan warna netral. Gunakan aksesoris seperti lampu atau cermin nuansa metalik untuk memberikan efek yang lebih dramatis.

 

 

Kontras dengan hitam dan putih

 

Selain itu, penggunaan warna seperti hitam juga cocok untuk ruangan putih. Kombinasi warna hitam dan putih akan menghadirkan kesan kuat dan tegas dalam ruang tamu Anda. Tambahkan juga warna hitam pada dekorasi seperti karpet atau sofa demi efek dramatis.

 

 

Penggunaan warna tanah tanah 

 

ruang tamu putih

 

pinterest.com

 

Kombinasi warna lainnya seperti warna tanah seperti coklat atau hijau juga cocok untuk ruangan putih. Warna tanah akan menambahkan kesan yang alami dan menenangkan interior ruang tamu Anda. Gunakan juga furnitur dari bahan kayu atau menambahkan tanaman hijau pada ruangan untuk menciptakan kesan yang lebih natural.

 

Intinya, dalam memilih kombinasi warna untuk ruang tamu putih, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan desain pada ruangan. Apakah ingin memberikan kesan yang mewah, minimalis, atau natural. Selain itu, perhatikan juga ukuran ruangan dan pencahayaan pada ruangan tersebut untuk memilih warna yang sesuai.

 

 

Ide Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Putih 

 

ruang tamu putih

 

behance.net

 

 

 Tambahkan Aksen Warna 

 

Walau ruang tamu warna putih memberikan kesan yang bersih dan elegan, tapi berpotensi menimbulkan rasa bosan jika tidak ada aksen tambahan warna yang menarik. 

 

Itu sebabnya, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menambahkan aksen warna atau kombinasi warna seperti yang sudah kita bahas di atas. Bisa juga diterapkan pada aksesoris dan perabotan di ruang tamu, seperti bantal, tirai, atau taplak meja dengan warna dan motif yang cocok. 

 

 

Pilih Hiasan Dinding yang Menarik

 

Hiasan dinding seperti lukisan, foto, atau poster dengan warna cerah akan menghadirkan kesan yang menarik di ruang tamu putih. Tapi, jika ingin tampilan yang lebih elegan, hiasan dinding warna netral juga bisa dipilih.

 

 

Tambahkan Tanaman Hias

 

ruang tamu putih

 

theeverygirl.com

 

Tanaman hias bisa menjadi pilihan terbaik jika ingin mempercantik ruang tamu nuansa putih Anda. Bisa menempatkan monstera, pohon karet, atau sansevieria di pojok ruangan dan rasakan kesan segar dan alami pada ruang tamu. Selain itu, tanaman hias juga dapat membantu menyaring udara dan memberikan kelembaban di ruangan.

 

 

Gunakan Tekstur yang Berbeda

 

Tekstur bisa jadi elemen penting dalam dekorasi ruang tamu Anda. Tekstur yang berbeda seperti kain, kayu, logam, atau keramik dapat menciptakan sentuhan yang unik pada ruangan Anda. Contohnya bantal sofa atau karpet dengan tekstur bulu bisa dipilih. 

 

 

Terapkan Desain yang Pas

 

Desain simpel dan minimalis bisa jadi pilihan yang tepat untuk ruang tamu nuansa putih. Furnitur dengan desain ini biasanya dengan bentuk sederhana dan tampilan asimetris yang unik. Selain itu, desain ini juga dapat membuat ruang tamu terlihat lebih luas dan teratur.

 

 

Pilihan Pencahayaan 

 

Pencahayaan juga jadi faktor penting dalam dekorasi ruang tamu putih. Pencahayaan yang baik akan menambah kesan lebih hangat dan nyaman. Bisa pasang lampu warna kuning. 

 

 

Pilih Warna Cat yang Cocok

 

Jika ingin mengecat ulang ruang tamu Anda, gunakan cat netral seperti putih, abu-abu, atau beige. Warna cat ini bisa memberikan kesan yang bersih dan rapi. Akan tetapi, jika ingin memberikan sentuhan yang berbeda pada ruang tamu putih, warna cat cerah seperti merah, kuning, atau biru juga bisa dipilih untuk memberikan kesan yang berbeda. 

 

 

Perhatikan Proporsi Warna

 

Saat memadukan warna di ruang tamu putih, perhatikan proporsi warna yang digunakan. Warna-warna seperti hitam atau merah yang terlalu penuh akan menghadirkan suasana gelap dan tidak nyaman. Sebaiknya, gunakan proporsi yang seimbang antara warna putih dan warna yang diinginkan. 

 

 

Kesimpulan

 

Menciptakan suasana berbeda pada ruang tamu putih Anda memang susah-susah gampang. Namun, dengan tips dekorasi, desain, dan warna kombinasi yang sudah kita bahas, semoga dapat memberikan insight dan inspirasi untuk Anda. 

 

Selain itu, penting juga untuk memilih material terbaik untuk bangunan, jangan asal pilih! Anda wajib menggunakan material berkualitas untuk konstruksi hunian Anda. Pastikan memilih baja ringan yang diproduksi oleh BLKP.

 

Di BLKP, Anda bisa mendapatkan material baja ringan yang sudah terjamin mutu dan kualitasnya dengan standar SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 – 34981. 

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..