PUNYA RUMAH ATAP MIRING KE DEPAN? INI PLUS MINUSNYA

Atap rumah bukan hanya sebagai pelindung dari panas dan hujan, tetapi juga memiliki peran penting dalam tampilan eksterior rumah. Salah satu jenis atap populer untuk rumah minimalis modern adalah atap miring kedepan, atau biasa disebut sloping roof. Desain atap ini berhasil memberikan sentuhan elegan pada rumah-rumah masa kini.

 

Baca Juga: Ini 5 Model Atap Miring Satu Sisi Yang Lagi Ngetren

 

Konsep atap rumah miring ke depan ini dianggap sesuai dengan gaya perumahan di Indonesia, terutama mengingat iklim tropis yang dimilikinya. Meskipun bentuknya mirip dengan atap konvensional yang biasa ditemui di Indonesia, atap miring jenis ini memiliki perbedaan signifikan dari segi fungsionalitas dan estetika.

 

 

Rumah Atap Miring Kedepan

Sumber: decorfacil.com

 

Jika Anda berencana untuk memberikan tampilan modern pada rumah Anda dengan atap miring, berikut ini adalah beberapa inspirasi desain rumah atap miring kedepan beserta kelebihan dan kekurangannya. Yuk, mari kita eksplorasi bersama!

 

 

Atap Bergaya Origami

Rumah Atap Miring Kedepan

Sumber: Tkaytso

 

Desain atap miring ini sangat unik, bentuknya menyerupai tenda yang hampir menyentuh tanah dan tampak menutupi dinding. Atap miring ke depan dengan bentuk diagonal ini tidak hanya berfungsi sebagai struktur bangunan tetapi juga mengatur masuknya cahaya matahari dan angin yang berlebihan.

 

Konsep atap ini memiliki bentuk segitiga yang menyerupai lipatan kertas, sehingga disebut sebagai atap origami. Namun, tetap menjaga fungsionalitas dan kualitas struktur atap bangunan.


 

Slanted Roof Design 

Jenis atap miring ini merupakan perpaduan desain minimalis dan modern, menciptakan tampilan atap yang spektakuler. Meskipun minimalis, bentuk atap ini mampu membuat rumah terlihat elegan dan mewah. Konsep atap ini seringkali diterapkan pada hunian dengan penggunaan material kayu, yang menambah kenyamanan tanpa mengurangi fungsionalitas.

 

 

Atap Miring Bergaya "Butterfly"

Desain atap miring ini disebut "butterfly roof" karena bentuknya menyerupai sayap kupu-kupu. Model atap ini dibangun dengan dua sisi yang miring ke luar dan bagian tengahnya miring ke bawah. Butterfly roof sangat cocok untuk desain rumah tropis.

 

Atap ini membuat rumah menjadi lebih mencolok, terutama dengan sisi atap miring yang besar, memberikan pasokan cahaya yang cukup dan sirkulasi udara yang baik, sehingga efisien dari segi energi.

 

 

Konsep Geometris

Atap miring dengan desain ala geometris ini biasanya diterapkan pada bangunan seperti vila, hotel, atau kafe. Bangunan dengan atap ini akan terlihat seperti tenda. Namun, Anda juga dapat mengaplikasikannya pada rumah Anda, menciptakan tampilan yang unik dan tetap sesuai dengan tren terkini.

 

 

Kelebihan Dan Kekurangan Atap Miring

Rumah Atap Miring Kedepan

Sumber: behance.net

 

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan atap miring kedepan yang perlu Anda ketahui:

 

Kelebihan Atap Miring

  1. Drainase yang Baik: Kemiringan atap memudahkan air hujan untuk mengalir ke penampungan, menghindari genangan air yang dapat merusak atap dan dinding rumah.

  2. Sirkulasi Udara yang Baik: Langit-langit yang tinggi pada rumah dengan atap miring meningkatkan sirkulasi udara, sehingga mengurangi konsumsi energi untuk pendinginan.

  3.  Potensi Ruang Loteng: Struktur atap jenis ini seringkali menciptakan ruang loteng yang dapat digunakan sebagai ruang tambahan.

 

 

Kekurangan Atap Miring

Selain beberapa kelebihannya, kekurangan pada atap miring ini juga ada. Antara lain : 

 

  1. Tidak Cocok untuk Cuaca Ekstrem: Atap miring kurang cocok untuk wilayah dengan cuaca ekstrem seperti angin kencang, terutama jika struktur atap tidak didukung dengan kuat.

  2. Biaya Pemasangan yang Tinggi: Desain atap miring ke depan memerlukan banyak material selama pemasangan, terutama dalam kondisi curah hujan tinggi atau angin kencang. Semakin curam kemiringannya, semakin tinggi biaya pemasangannya.

 

 

Kesimpulan 

Desain rumah atap miring ke depan tidak hanya tentang estetika, tetapi juga memiliki manfaat fungsional. Penting untuk memahami kelebihan dan kekurangannya jika Anda ingin mencoba desain rumah dengan atap miring mengarah ke depan. Selain itu, pilihlah material bangunan yang berkualitas untuk mewujudkan rumah impian Anda.


BLKP selalu siap untuk menyediakan produk baja ringan berkualitas tinggi yang memenuhi standar SNI dan memiliki sertifikasi ISO 9001-2015. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa konstruksi rumah Anda akan kuat dan tahan lama.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..