rumah tipe 45.jpg

KENALI PLUS MINUS DAN TIPS SEBELUM MEMBELI RUMAH TIPE 45

 

 

Rumah tipe 45 menjadi salah satu jenis rumah yang populer di kalangan masyarakat. Walau hadir dengan luas yang terbilang kecil, rumah tipe ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh rumah ukuran lebih besar. 

 

Walau begitu, ukuran rumah tipe ini terkadang menyulitkan penghuni untuk mendesain ruangan dan menyesuaikannya dengan arsitektur bangunan. 

 

 

Baca Juga: Mau Bangun Rumah Tipe Lain? Coba Tipe Rumah 36 Ini

 

 

Kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai rumah tipe 45. Yuk simak artikel berikut ini. 

 

 

Mengenal Rumah Tipe 45 

 

rumah tipe 45

 

tlcinteriors.com.au

 

Rumah jenis 45 biasanya memiliki luas bangunan sekitar 45 meter persegi. Ukuran ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan rumah pada umumnya, namun masih dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

 

Dalam rumah tipe ini, ada beberapa ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan teras. Meskipun ukurannya kecil, namun bangunan ini dapat diatur dengan baik sehingga terasa luas dan nyaman. 

 

Terdapat beberapa kombinasi ukuran rumah yang biasanya dipasarkan, diantaranya ukuran rumah dengan luas bangunan 6 meter x 7,5 meter atau 8 meter x 5,6 meter. Sementara, luas tanah terdiri dari 72 meter persegi sampai 96 meter persegi.

 

 

Kelebihan Rumah Jenis 45 

 

rumah tipe 45

 

thaihomeidea.com

 

 

Harga Terjangkau

 

Kelebihan pertama dari rumah jenis 45 ini adalah harganya yang terjangkau. Hal ini menjadikan hunian ini jadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin membeli rumah namun memiliki budget yang terbatas. 

 

 

Hemat Energi 

 

Rumah tipe 45 juga terkenal hemat energi. Ukuran rumah yang kecil menjadikan rumah ini lebih mudah dalam hal pengaturan suhu ruangan.

 

Dengan begitu, Anda dapat menghemat biaya listrik atau energi tanpa membuat suhu ruangan tidak nyaman. Selain itu, bangunan rumah ini lebih mudah dalam hal menjaga kebersihannya. 

 

 

Tata Ruang 

 

Hunian ini tentunya juga terdiri dari tata ruang yang efisien. Karena luasnya yang terbatas, rumah 45 dapat diatur dengan baik demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan maksimal.

 

Setiap ruangan dapat Anda atur dan manfaatkan secara optimal. Contohnya, dapur di dekat ruang tamu dapat dijadikan juga sebagai tempat makan.

 

 

Simpel dalam Perawatan 

 

Selanjutnya adalah bangunan ukuran ini mudah dalam hal perawatan. Karena ukurannya yang kecil, rumah jenis 45 tidak butuh waktu yang lama dalam merawatnya.

 

Biaya perawatan dan renovasi rumah ukuran ini juga terjangkau, tanpa membuat kantong anda bolong. 

 

 

Kekurangan Rumah Jenis 45 

 

Rumah tipe 45 juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja? 

 

 

Ruang yang Terbatas

 

Kekurangan dari bangunan ini terdapat pada kurangnya ruang untuk penghuni dengan anggota keluarga yang besar. Bangunan ini hanya terdapat beberapa ruangan dengan ukuran terbatas. 

 

Selain itu, kurangnya ruang juga membuat penghuni sulit untuk menampung barang-barang yang banyak. Jadi, Anda wajib memilih dan menggunakan barang dan perabotan yang fungsional tanpa membuat rumah terkesan berantakan. 

 

 

Kurangnya Ruang Terbuka

 

Kelemahan dari rumah ini juga terdapat pada kurangnya ruang terbuka. Ukuran rumah yang kecil menjadikan hunian ini kurangnya ruang terbuka juga membuat sulitnya untuk menanam tanaman di dalam rumah.

 

 

Tips Memilih Rumah Tipe 45

 

rumah tipe 45

 

pinterest.com

 

 

Tata Ruang yang Efisien

 

Pastikan rumah tipe ini memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pilih hunian dengan tipe ini dengan tata ruang yang efisien dan dapat menunjang kebutuhan sehari-hari dengan baik.

 

Akan tetapi, kekurangan ruang dapat diatasi dengan memperluas ruangan atau menambahkan ruangan tambahan di lantai atas. 

 

 

Lingkungan dan Wilayah Aman 

 

Pastikan rumah yang Anda incar berada dalam lingkungan yang aman dan nyaman. Pilih rumah dengan lingkungan yang terjamin keamanannya, jauh dari potensi banjir dan bencana alam lainnya. 

 

 

Sesuai dengan Budget

 

Tips selanjutnya adalah pastikan harga rumah tipe ini sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai biaya mempersulit Anda saat memaksakan membeli bangunan di luar kondisi Anda. 

 

 

Kesimpulan

 

Rumah tipe 45 merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memiliki rumah sendiri dengan budget yang terbatas. Meskipun ukurannya kecil, rumah tipe ini memiliki kelebihan dalam hal harga yang terjangkau, hemat energi, tata ruang yang efisien, dan mudah dalam hal perawatan. 

 

Namun, ada beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan. Oleh karena itu, perlu perencanaan yang baik dalam merancang rumah tipe 45 agar dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan maksimal.

 

Ingin melakukan renovasi dan atau ingin membangun rumah? Jangan asal pilih bahan bangunan ya! Pastikan untuk menggunakan material terbaik untuk konstruksi yang aman dan nyaman. Anda bisa pilih material baja ringan dari BLKP.

 

Material baja ringan produksi BLKP sudah berstandar SNI, tersertifikasi ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna hingga tersertifikasi TKDN 22-34981. 

 

Tertarik dengan produk BLKP? silahkan Hubungi Kami.

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..