tata ruang kantor tertutup1.jpg

PUNYA TATA RUANG KANTOR TERTUTUP? CEK PLUS MINUSNYA

Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu konsep ruangan di kantor yang umum diterapkan. Berbeda dengan jenis ruangan yang terbuka, ruangan kantor jenis ini merupakan tata ruang yang diterapkan untuk bekerja terpisah dengan adanya sekat tiap ruangan. 

 

Biasanya pembatas yang digunakan pada tata ruang kantor tertutup terbuat dari kayu atau tembok. Tata ruangan ini kerap disebut juga sebagai kantor kubikel, karena bentuk ruang kerja kadang dibatasi hingga atap ruangan atau hanya menutupi seukuran badan dan pada dasarnya berfungsi untuk membatasi pandangan mata antar karyawan. 

 

Pada kesempatan ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari penggunaan tata ruang kantor tertutup. Yuk kita simak bersama!

 

 

Kelebihan Tata Ruang Kantor Tertutup

 

tata ruang kantor tertutup

 

Pinterest: officesnapshots.com

 

 

Anti Gangguan

 

Dengan penerapan ruangan tertutup, karyawan bisa lebih fokus bekerja. Tidak akan ada gangguan dari kanan kiri. Sehingga produktivitas Anda dapat semakin meningkatkan. 

 

 

Menambah Kreativitas

 

Kreativitas biasanya akan lebih mudah datang dari suasana yang tenang bukan? Jadi, bekerja dengan ruangan yang tertutup bisa meningkatkan daya kreativitas Anda. Akan tetapi, pastikan ruangan tertutup Anda tidak monoton. Anda bisa mendekor atau mengecat dinding dengan warna favorit, sehingga lebih bikin betah! 

 

 

Punya Privasi 

 

Manfaat yang paling terasa dari penerapan konsep tata ruang kantor tertutup adalah terjaganya privasi karyawan. Anda dapat mengerjakan proyek yang bersifat rahasia dengan tenang. 

 

 

No Gosip Gosip 

 

Dengan tata ruang tertutup, akan kemungkinan kecil jika antar karyawan bergosip. Dengan berkurangnya aktifitas bergosip, bukankah karyawan juga semakin fokus dan produktif?

 

 

Bebas Dengan Gaya Masing-masing

 

tata ruang kantor tertutup

 

Pinterest: officesnapshots.com

 

Style ruang kantor tertutup dapat memberikan Anda kebebasan berekspresi atau menyesuaikan dengan gaya bekerja sendiri, tanpa mengganggu rekan kerja sebelah. 

 

 

Faktor Kesehatan 

 

Dengan adanya pandemi Covid 19 di Indonesia membuat kita harus jeli lagi untuk menjaga kesehatan. Dengan tata ruang yang tertutup, Anda dapat mengurangi interaksi dengan rekan kerja lainnya. Sehingga kesehatan dapat lebih terjaga. 


 

Kekurangan Tata Ruang Kantor Tertutup

 

Jika sudah membicarakan kelebihannya, pastinya akan selalu ada faktor kekurangan dari tata ruang kantor tertutup. Apa saja? Yuk simak! 

 

 

Sulit Mengawasi Karyawan

 

Dengan mengusung konsep tata ruang kantor yang tertutup, ternyata memiliki kekurangan yakni cukup sulitnya survivor melakukan pengawasan terhadap bawahnnya.

 

Jika ingin mengawasi, Survivor atau manajer harus bolak balik tempat dari ruangan satu ke ruangan lainnya dulu supaya bisa mengawasi bawahannya dengan benar. 

 

 

Komunikasi Antar Karyawan

 

tata ruang kantor tertutup

 

Pinterest: Kevin Kuang

 

Ruangan tertutup pastinya menjadikan komunikasi antar karyawan tidak begitu sering. Kadang, ada juga karyawan yang bahkan tidak saling kenal dengan rekan kerja lainnya karena keterbatasan komunikasi. 

 

 

Boros

 

Tata ruang jenis ini pasti akan butuh banyak dana, untuk membiayai peralatan, dan fasilitas yang dibutuhkan. Jadinya, kantor akan lebih boros dalam hal biaya operasional. 

 

 

Solidaritas yang Minim 

 

tata letak kantor tertutup

 

Pinterest: archdaily.com

 

Kurang komunikasi antar karyawan, menyebabkan tingkat solidaritas yang juga menurun. Hal ini juga dapat meningkatkan hubungan yang kurang bak antar karyawan. 

 

 

Faktor Penting dalam Tata Ruang Kantor Tertutup

 

Jika Anda ingin menerapkan kantor tertutup, Anda juga harus menimbang hal apa saja yang perlu dilakukan dalam membuat tata ruang kantor tertutup. Karena, pada desain model ruang kantor apapun, memang pasti ada banyak faktor yang harus diperhatikan, termasuk dalam penataan ruang kantor tertutup. 

 

Baca Juga: Ini 6 Desain Apapartemen Minimalis Yang Bisa Ditiru

 

 

Sumber Cahaya 

 

Yang pertama adalah terkait pencahayaan. Untuk kantor ruangan tertutup, pencahayaan pasti sangat dibutuhkan. Tak hanya cahaya alami, tapi bantuan cahaya lampu. 

 

 

Sirkulasi 

 

Tidak hanya pencahayaan, Anda juga harus memikirkan sirkulasi udara dalam ruang tertutup. Anda pasti tidak akan mau bekerja dalam ruangan yang pengap dan bau bukan? Jadi, pertimbangkan jalan sirkulasi udara dan penggunaan AC ya! 

 

 

Desain Ruangan 

 

tata letak kantor tertutup

 

Pinterest: designboom.com

 

Warna dan desain menjadi hal yang juga perlu dipertimbangkan. Selain untuk kenyamanan, sisi psikologi karyawan juga berpengaruh loh. Dengan warna cerah dan menarik perhatian, Anda pun bisa semakin betah dalam ruangan.

 

Dekorasi yang rapi dan nyaman, juga akan menambah ketenangan Anda saat bekerja. 


 

Sumber Kebisingan 

 

Ada banyak jenis pekerjaan yang butuh kondisi tenang saat bekerja, itu sebabnya, ruangan kantor akan lebih baik jika kedap suara. Hal ini bisa meredam suara kebisingan dari luar dan Anda bisa bekerja dengan baik. 

 

 

Kesimpulan 

 

Tata ruang kantor tertutup sangat bisa menjadi pilihan untuk ruang kantor Anda. Namun, tetap perhatikan hal-hal penting yang wajib diterapkan dalam konsep ruangan ini ya! 

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua sobat BLKP! 

 

Apabila Anda memerlukan material baja ringan berkualitas untuk hunian Anda, Pastikan untuk selalu memilih BLKP sebagai satu-satunya tempat dalam pemenuhan kebutuhan konstruksi Anda.

 

Tertarik untuk menggunakan baja ringan, langsung hubungi kami Disini.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..