Desain Rumah American Style.jpg

SIMPEL NAN ELEGAN! INI TIPS DAN DESAIN RUMAH AMERICAN STYLE

 

Tiap negara pasti mempunyai ciri khas tersendiri dalam menampilkan arsitektur bangunannya. Tak terkecuali Amerika Serikat. 

 

Desain rumah ala negeri paman Sam ini sering tampil dengan desain gabungan simpel dan modern yang memiliki daya tarik tersendiri. 

 

Berkarakteristik rumah besar dengan halaman besar, desain rumah American style selalu tampil dengan gaya yang elegan yang tidak banyak detail bangunannya.

 

Baca Juga: Ingin Punya Rumah Tanpa Atap? Coba Cek Inspirasi Berikut Ini

 

Namun sisi sederhana terlihat dari penggunaan material alami, seperti batu dan kayu.

 

Ingin mengenal lebih jauh desain rumah American Style? Berikut desain dan tips membangun rumah dengan konsep ini. 

 

 

Ranch House

 

Desain Rumah American Style

 

architecturaldesigns.com

 

Gaya rumah model ini sering sekali menghiasi film Hollywood dengan setting waktu tahun 1932-1980-an. Desain ranch menjadi salah satu konsep arsitektur yang sering digunakan di sisi selatan dan barat Amerika. 

 

Rumah ini selalu tampil dengan desain terbuka, garasi besar, penggunaan elemen kaca dan halaman yang luas. 

 

Untuk Anda yang ingin mencoba desain ini, coba tampilkan khas atap model gergaji miring di satu sisi bangunan. Tambahkan dengan penggunaan tembok batu yang gelap. 

 

 

Gaya Colonial Revival

 

Konsep Colonial Revival menjadi bagian dari sejarah perkembangan desain bangunan di Amerika. 

 

Gaya arsitektur rumah ini mirip dengan bangunan kolonis Amerika di masa penjajahan. Ciri khas tembok merah, bangunan simetris, pintu besar di bagian tengah, dan jendela berderet yang juga berukuran besar.

 

Serta yang tak bisa ketinggalan adalah cerobong asap di bagian atap rumah. 

 

 

American Contemporary House

 

Desain Rumah American Style

 

bhg.com

 

Gaya rumah american contemporary memiliki eksterior yang mengesankan. Atap segitiga dengan penggunaan atap datar, sehingga tampil lebih modern.

 

Ditambah penggunaan banyak kaca, lantai terbuka dan desain inventif. Bisa dibilang desain bangunan ini perpaduan antara Amerika klasik modern.

 

Konsep pada hunian ini bergaya simpel dengan garis geometris yang kuat. Arsitektur kontemporer sendiri mulai banyak digunakan pasca perang yang melahirkan banyak ide modern dalam estetika bangunan Amerika. 

 

 

Konsep Richardson Romanesque

 

Asitektur Richardson Romanesque dikenal pada tahun 1870 oleh arsitek Henry Richardson. 

 

Rumah gaya Richardsonian Romanesque tampil dengan eksterior dengan material batu dan bata, bentuk asimetris dengan sisi khas Romawi, jendela melengkung dan cerobong asap yang menghiasi atap rumah.

 

 

Rumah Klasik Modern

 

Desain Rumah American Style

 

flickr.com

 

Desain yang satu ini menjadi yang banyak diadopsi untuk hunian di Indonesia sendiri. 

 

Memiliki ciri khas dengan tampilan jendela besar, material besi untuk ornamennya yang menjadikan rumah kian minimalis namun mewah.

 

Material besi juga digunakan untuk railing teras. Ditambah nuansa warna abu-abu atau putih. 

 

 

Tips Membuat Rumah Ala American Style

 

Untuk Anda yang ingin membangun rumah dengan desain ini, coba beberapa tips di bawah ini.  

 

 

Utamakan Material Alami

 

American Style lebih menyasar pada desain hunian yang simpel dengan penggunaan material alami serta minim berbagai detail dan ukiran.

 

Material alami yang dimaksud adalah kayu atau bisa diganti dengan penggunaan parket atau vinyl motif kayu. Cocok juga untuk lantai rumah. Selain itu, lantai pada desain ini bisa dengan material marmer atau batu. 

 

 

Permainan Warna 

 

Desain Rumah American Style

 

https://www.istockphoto.com/ 

 

Tak hanya desain dan material, warna banguan american style juga lebih sederhana tanpa banyak pilihan, berkisar warna-warna netral atau pastel.

 

Anda bisa menerapkan pilihan warna soft taupe, beige, atau coklat tua untuk bagian dinding atau ruangan. Sementara warna hitam dapat diperoleh dari warna furnitur seperti meja, sofa atau lemari.

 

Perpaduan ini akan menambah kesan hidup dan tidak monoton pada desain interiornya.  

 

 

Furnitur Dan Dekorasi

 

Untuk tampilan furnitur dan dekorasi akan lebih memberikan nilai elegan pada ruangan, seperti penggunaan barang antik, lampu hias, atau lukisan vintage. 

 

Furnitur yang umumnya digunakan berukuran besar, diantaranya sofa, meja hingga ranjang, yang menambah kesan mewah dan elegan. Selain itu, aplikasikan dengan karpet bermotif. 

 

 

Pilihan Atap Pelana

 

Salah satu khas rumah American Style yang tidak boleh ketinggalan adalah bentuk atap yang digunakan.

 

Atap pelana menjadi pilihan yang pas karena pada dasarnya rumah ini lebih memanfaatkan bagian atas sebagai tambahan ruang fungsional. 

 

 

Kesimpulan

 

Desain rumah American Style menjadi salah satu konsep hunian yang menghadirkan kenyamanan dan arsitektur modern yang memiliki daya tarik tersendiri. 

 

Anda bisa menjadikannya inspirasi untuk rumah impian Anda!

 

Selain memiliki desain yang tepat, penggunaan material bangunan terbaik sesuai standar keamanan struktur bangunan juga perlu diperhatikan. Gunakan selalu material bangunan yang kokoh, seperti baja ringan dari BLKP.

 

BLKP menyediakan berbagai produk baja ringan bermutu tinggi dengan standarisasi SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 - 34981.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..