MILLENIALS DAN GEN Z, BERIKUT TIPS DAN TRIK MEMBELI RUMAH PERTAMA

Rumah merupakan kebutuhan primer, namun mengingat harganya yang tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya, penting bagi kita untuk memahami langkah-langkah yang tepat untuk memiliki tempat tinggal. Pembelian rumah pertama kali memerlukan pertimbangan serius dan melewati banyak proses, termasuk pengumpulan berkas persyaratan.

 

Sangatlah wajar jika Anda merasa cemas dan bingung ketika mempertimbangkan pembelian rumah untuk pertama kalinya, karena keputusan yang salah dapat mengakibatkan kerugian besar. Untuk membantu semua Sobat BLKP, berikut merupakan beberapa tips penting bagi para milenial yang sedang mempertimbangkan pembelian rumah pertama. Ayo, mari simak!

 

Fokus dan Konsistensi dalam Membeli Rumah Pertama

Salah satu tips dasar dalam perjalanan membeli rumah pertama adalah menjaga fokus dan memiliki niat yang kuat. Mengingat ini adalah pengalaman pertama Anda dalam kepemilikan properti, keberadaan niat yang kuat sangatlah penting.

 

Minimnya pengalaman dapat membuat seseorang merasa ragu, namun jika impian Anda adalah memiliki rumah sendiri, penting untuk tidak terlalu terpaku pada keraguan atau pertimbangan yang berlebihan. Tetap fokus pada tujuan Anda dan lanjutkan dengan niat yang teguh.

 

Selain itu, pastikan untuk konsisten dalam menabung jauh-jauh hari sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membeli rumah dan membayar uang muka. Kedisiplinan dalam menabung sejak awal akan membantu Anda mencapai cita-cita memiliki rumah dengan lebih mudah. Lakukan penabungan dengan bijak untuk memastikan bahwa dana yang terkumpul cukup untuk mewujudkan impian membeli rumah Anda.

 

Pertimbangkan Lokasi, Fasilitas, dan Akses dengan Bijak

Tips dan Trik Membeli Rumah Pertama

Sumber: realestate.com.au

 

Dalam menjalani proses pembelian rumah, elemen-elemen kunci seperti lokasi, fasilitas, dan lingkungan memegang peranan penting yang tidak bisa diabaikan. Lokasi rumah, sebagai contoh, memiliki dampak signifikan terhadap harga properti. Menimbang opsi untuk tinggal di pinggiran kota bisa menjadi keputusan yang cerdas, terutama jika fasilitas transportasinya memadai. Alternatifnya, memilih rumah yang dekat dengan tempat kerja juga dapat menjadi strategi yang bijak.

 

Selanjutnya, perhatikan dengan cermat fasilitas-fasilitas di sekitar rumah yang akan Anda beli. Ketersediaan transportasi umum, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan dapat memberikan nilai tambah pada properti Anda. Pastikan rumah yang dipilih memiliki akses yang optimal, seperti akses untuk dua mobil, kedekatan dengan pintu tol, serta akses mudah ke transportasi umum seperti stasiun KRL, MRT, LRT, dan berbagai moda transportasi lainnya.

 

Jangan lupakan pilihan lokasi yang belum begitu ramai namun memiliki potensi untuk berkembang di masa mendatang. Sebagai contoh, pertimbangkan daerah seperti Depok yang dekat dengan Tol Cimanggis; mungkin belum begitu padat namun strategis, sehingga harganya masih terjangkau.

 

Selain itu, berpikirlah tentang mencari rumah di cluster kecil yang berdekatan dengan perumahan besar. Di Depok, dekat dengan Tol Cimanggis, terdapat perumahan besar yang dibangun oleh Podomoro Group dengan fasilitas lengkap. Bagi yang memiliki keterbatasan anggaran, mencari cluster kecil di sekitarnya dapat memberikan akses ke fasilitas yang sudah tersedia di perumahan besar tersebut.

 

Akhirnya, memilih cluster yang baru dibuka bisa menjadi langkah cerdas. Harga terendah seringkali terjadi pada tahap awal pemasaran oleh pengembang. Pastikan pula bahwa pengembang yang bersangkutan memiliki reputasi yang kredibel dan terpercaya, serta terdapat kemajuan yang terlihat di lapangan sebelum Anda mengambil keputusan akhir.

 

Manfaatkan Jasa Developer Berpengalaman dengan Bijak

Jika Anda berencana menggunakan jasa developer untuk membantu dalam proses pembelian properti, penting untuk menggali informasi lebih rinci tentang latar belakang developer yang menarik minat Anda. Pastikan mereka memiliki pengalaman yang mencukupi dan telah membangun reputasi sebagai partner yang terpercaya. Telusuri testimoni dari client sebelumnya untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pengalaman kerja sama dengan developer tersebut.

 

Selanjutnya, pastikan untuk menanyakan kelengkapan berkas dan keberlanjutan legalitasnya. Langkah ini sangat krusial guna menghindari potensi penipuan yang sayangnya semakin marak terjadi, pastikan properti yang Anda incar aman secara legalitas, minimal sudah dalam proses pengajuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Perlu tetap berhati-hati, karena bisa saja proyek pembangunan rumah tidak terealisasi dan uang pembeli dibawa kabur oleh pihak developer. 

 

Selain itu, perhatikan kualitas dan infrastruktur yang ditawarkan oleh developer. Selalu pantau perkembangan setiap proyek yang pernah mereka kerjakan untuk menilai konsistensi dan kualitas hasil kerjanya. Dengan mempertimbangkan aspek-aspek di atas, Anda dapat lebih percaya diri dan bijak dalam memilih developer yang akan membantu mewujudkan impian memiliki rumah idaman Anda.

 

Harga yang Tepat dan Skema Pembayaran yang Cocok

Salah satu tips penting dalam proses pembelian rumah adalah melakukan survei pasar untuk menilai apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan nilai propertinya. Langkah ini memungkinkan Anda membandingkan berbagai opsi rumah, sehingga dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

 

Selain mempertimbangkan harga, pertimbangkan juga skema pembayaran yang paling cocok dengan situasi keuangan Anda. Pilihan antara menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau membayar tunai merupakan langkah yang perlu dipikirkan secara matang. Perlu diingat, ketika Anda memilih menggunakan KPR, total pembayaran keseluruhan akan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelian tunai karena adanya tambahan bunga dan biaya lainnya.

 

Dengan melakukan analisis harga dan mempertimbangkan skema pembayaran yang sesuai, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan sesuai dengan kondisi finansial Anda.

 

Banyakkan Pilihan dengan Melakukan Survei Rumah

Jangan terpaku pada satu rumah saja, luangkan waktu untuk menjelajahi beberapa opsi. Memiliki pilihan yang beragam memberikan Anda keunggulan untuk membandingkan dan menemukan rumah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Selanjutnya, lakukan pemetaan terhadap kluster atau lingkungan tempat Anda berencana membeli. Pastikan informasi yang Anda terima bukan hanya gambaran visual, tetapi juga mencakup pemahaman konkret tentang kondisi lapangan. Ini berarti Anda perlu melihat perkembangan fisik di lapangan untuk memastikan bahwa properti yang akan Anda beli sesuai dengan ekspektasi.

 

Selain itu, pastikan klaim yang disampaikan oleh pengembang terbukti kebenarannya. Sebagai contoh, jika mereka mengklaim rumah berdekatan dengan rumah sakit dalam waktu 20 menit, lakukan validasi dengan memeriksa melalui Google Maps. Langkah ini membantu memastikan bahwa fasilitas yang dijanjikan sesuai dengan kenyataan, dan Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi.

 

Siapkan Dana Uang Muka dengan Bijak

Tips dan Trik Membeli Rumah Pertama

Sumber: youtube.com

 

Jika Anda berencana untuk membeli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR), sangat disarankan untuk memulai dengan menabung uang muka. Hal ini dapat memberikan kemudahan, terutama bagi mereka yang masih muda atau pasangan baru yang ingin memiliki hunian.

 

Meskipun persyaratan KPR umumnya dianggap cukup ringan, banyak orang yang masih ragu untuk mengambil langkah tersebut karena melihat besarnya uang muka (DP). Oleh karena itu, salah satu langkah yang bijak adalah dengan mulai menabung untuk DP rumah.

 

Setelah mengetahui besaran uang muka yang dibutuhkan, Anda dapat menentukan jumlah yang realistis untuk ditabung, menentukan jangka waktu tabungan, dan memanfaatkan fitur-fitur menabung yang ditawarkan oleh bank untuk mempermudah proses akumulasi dana. Pastikan untuk sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

 

Selain itu, menggali lebih dalam tentang program menabung yang ditawarkan oleh bank dapat membantu Anda memahami opsi yang tersedia. Ingatlah, pengumpulan dana uang muka atau DP yang cerdas dapat memberikan keuntungan besar pada proses pembelian rumah Anda melalui skema KPR.

 

Pilih Lokasi yang Aman dan Terhindar dari Bencana

Tips berikutnya dalam pembelian rumah adalah memastikan bahwa lokasi tersebut bebas dari risiko bencana alam dan kejahatan. Misalnya, pertimbangkan apakah daerah tersebut sering mengalami banjir. Penting untuk secara rutin mencari informasi terkini mengenai risiko bencana di lokasi yang diminati.

 

Selain itu, perhatikan juga tingkat kejahatan di sekitar area rumah yang ingin Anda beli. Informasi ini dapat memberikan gambaran tentang keamanan lingkungan dan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dalam investasi properti Anda. Keamanan dan kenyamanan lingkungan adalah faktor penting yang dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap kualitas hidup Anda di masa depan.

 

 

Kesimpulan

Pembelian rumah pertama kali memerlukan perencanaan matang dan pertimbangan yang cermat. Dalam menjalani proses ini, beberapa tips kunci dapat menjadi panduan bagi para calon pembeli, terutama generasi milenial.  Dengan panduan ini, diharapkan pembeli dapat menghadapi proses pembelian rumah dengan lebih percaya diri dan mendapatkan nilai terbaik untuk investasi properti mereka.

 

Gunakan selalu material konstruksi berkualitas untuk konstruksi bangunan rumah Anda, seperti menggunakan baja ringan dengan mutu terjamin dan kualitas nomor 1. BLKP adalah perusahaan manufaktur baja ringan terkemuka yang selalu menghadirkan berbagai produk baja ringan dengan mutu terjamin yang sudah ber-SNI dan ISO 9001-2015. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Silahkan Hubungi Kami sekarang juga



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..