desain mezzanine.jpg

TIPS MENERAPKAN DESAIN MEZZANINE BUAT RUMAH MINIMALIS

Konsep rumah beberapa tahun belakangan ini tidak jauh-jauh dari konsep minimalis modern. Dalam dunia arsitektur, konsep hunian pun sangat berkembang hingga lahir banyak istilah desain yang unik dan khas. Salah satunya desain mezzanine. 

 

Desain Mezzanine mungkin belum begitu familiar secara awam, namun untuk desainnya sendiri, sudah banyak digunakan untuk perubahan modern masa kini. Gaya desain ini menampilkan fungsi lantai tambahan sebagai ruang ekstra.

 

 

Apa Itu Desain Mezzanine?

 

Desain rumah mezzanine merupakan konsep penambahan ruang di bangunan tanpa adanya perombakan atau penambahan jumlah lantai bangunan. Hal ini berarti jika dalam satu lantai, ada ruangan-ruangan yang fungsional. 

 

Selain itu, Mezzanine juga bisa diartikan sebagai lantai di bagian tengah bangunan, yakni di sisi lantai bawah dan atap atau plafon rumah, yang memiliki luas terbatas. 

 

Dari penjelasan soal mezzanine di atas, pastinya mengadopsi desain ini dalam bangunan lahan terbatas sangat bisa dicoba. Mezzanine juga dapat menghadirkan kesan yang berbeda dan unik untuk hunian.

 

Baca Juga: Punya Lahan Yang Terbatas? Coba Desain Rumah 3 Lantai Ini

 

 

Konsep hunian mezzanine, membuat Anda bisa memiliki banyak ruang walau rumah kecil. Akan tetapi, tidak sembarangan. Perlu penerapan yang tepat sesuai bentuk dan ukuran ruangan. Berikut beberapa tips menghadirkan desain mezzanine minimalis yang bisa ditiru!


 

 

Open Space

 

desain mezzanine

 

designthesims.tumblr.com

 

Saat ingin menerapkan desain mezzanine, akan lebih baik jika konsep ruangan dengan desain yang terbuka.

 

Dengan begitu, ruangan tidak akan sempit. Anda bisa menambahkan tangga demi memudahkan tiap penghuni beraktifitas jika menerapkan konsep ini pada lantai di ruang utama rumah. 

 

 

Tinggi dan Luas Hunian

 

Jika sudah menentukan akan menambah ruang di bagian mana, ukur tinggi dan luas bangunan. Posisi lantai mezzanine harus berada di bagian tengah, dari langit plafon dan lantai dasar.

 

Biasanya luas ruangan dengan desain ini dibuat sepertiga dari total ruangan utama, demi kenyamanan terkait sirkulasi udara dan suhu normal ruangan. 

 

 

Pentingan Cahaya dan Sirkulasi Udara

 

Ruang mezzanine wajib mendapatkan jalur sirkulasi udara dan pasokan cahaya yang cukup. Bisa dengan jendela atau tambahan AC dan kipas angin jika diperlukan.

 

Untuk pencahayaan, desain ini disesuaikan dengan fungsi ruangan. Jika sebagai ruang tamu, pastikan sesuai dengan kebutuhan. Jika untuk ruang kerja, tentunya pasokan cahaya sangat penting agar tidak gelap dan membuat pengguna tidak nyaman. 

 

 

Tentukan Denah 

 

desain mezzanine

 

juzinterior.com

 

Hal ini menjadi hal yang wajib dipersiapkan. Seseorang yang akan menambah ruangan pasti harus tahu tujuan, bentuk, dan desain yang diinginkan. Penting juga untuk menentukan dekorasi hingga material yang digunakan. 

 

Gunakan material berkualitas diantaranya baja ringan atau beton. Untuk bagian pembatas, dapat dengan partisi kayu atau railing. 

 

 

Perhatikan Sisi Sudut Ruangan

 

desain mezzanine 

 

Line Projekt

 

Ingin tampak lebih unik dan berbeda dengan desain mezzanine? Coba penerapan konsep ini untuk sudut ruangan. 

 

Denah mezzanine di sudut ruangan dengan ukuran yang pas, bisa difungsikan sebagai ruangan tambahan yang berguna, seperti ruang baca atau tempat kerja. Anda bisa memanfaatkan space pada ruangan sisa di rumah. 

 

 

 

Kesimpulan 

 

Menerapkan penggunaan desain mezzanine tidak hanya untuk rumah sempit saja, untuk bangunan yang lebih besar, Anda dapat menggunakan konsep ini. 

 

Apapun konsep Anda, selalu pastikan menggunakan material konstruksi terbaik yang kokoh seperti produk baja ringan dengan mutu yang terjamin dari BLKP. 

 

BLKP siap menghadirkan produk baja ringan dengan mutu terjamin dengan standarisasi SNI dan ISO 9001-2015. 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..