ruang belajar.jpg

NYAMAN DAN BETAH DI RUANG BELAJAR, INI TIPS JITUNYA!

Ruang belajar mengambil peranan penting di rumah. Anda semakin pelajar atau memiliki anak pelajar tentu mengharapkan ruang tempatnya untuk belajar dapat nyaman dan tenang, demi aktifitas belajar yang lebih fokus.

 

Sebagai tempat untuk memutar otak, terkadang banyak yang tidak memperhatikan betapa pentingnya menjaga kekondusifan ruang belajar. Apalagi saat ruangan tidak cukup besar. 

 

Menjadikan area belajar memiliki suasana belajar yang menyenangkan memang susah-susah gampang. Jika Anda termasuk yang sulit mengatasi masalah ini, mungkin Anda dapat mengikuti tips desain ruang belajar demi suasana baru.

 

Baca Juga: Cek 5 Hal Wajib Ini Untuk Mendesain Ruang Keluarga Terbaik

 

 

Desain ruang belajar dengan konsep yang baru, ditambah tampilan kekinian dengan tetap memanfaatkan ruangan yang ada sangat bisa Anda coba. 

 

Masih bingung? Langsung saja coba beberapa tips dan trik berikut ini!

 

 

Tentukan Posisi Yang Tepat

 

ruang belajar

 

Pinterest: Obsessed4interiors

 

Hal yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan lokasi atau posisi ruang belajar. Perhatikan ruang gerak, luas dan fleksibelnya ruangan. 

 

Jangan terlalu sempit, atau terlalu banyak memiliki furnitur yang bisa membuat ruang gerak Anda sulit. Jika memang ruangan belajar satu dengan kamar, Anda pastikan terlebih dahulu penempatan meja, kursi dan rak buku. Semua demi kenyamanan proses belajar Anda.

 

 

Pencahayaan Ruang Belajar 

 

ruang belajar

 

Pinterest: dicasdemulher.com.br

 

Tentunya pencahayaan sangat penting untuk sebuah ruangan, karena dengan pencahayaan yang cukup, Anda juga jadi lebih nyaman belajar. Cahaya yang cukup juga sangat baik untuk kesehatan mata. 

 

Jadi pastikan posisi ruang atau kamar belajar Anda dekat dengan jendela. Gunakan juga lampu dengan penerangan yang cukup dan nyaman. Jangan sampai memaksa mata Anda bekerja hanya karena terlalu terang atau redup. 


 

Furniture yang Pas

 

Gunakan meja belajar dan kursi yang nyaman dan fleksibel pada ruangan, tapi sesuaikan dengan luas ruangan Anda ya! 

 

Yang harus diingat adalah sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan disesuaikan dengan fungsi dan ukuran ruangan. Selain meja dan kursi, Anda membutuhkan rak belajar atau rak gantung demi menghemat ruangan. 

 

Ukur meja yang pas dengan aktifitas Anda, untuk mencatat dan meletakkan komputer atau laptop. Pilih kursi nyaman yang beroda atau dengan bantalan empuk pada sandaran, untuk menopang punggung dan leher Anda. 

 

 

Aksesoris Tambahan 

 

ruang belajar

 

Pinterest: Lucila Porto

 

Jika cukup lapang atau lega, Anda bisa menambahkan beberapa barang yang memang dibutuhkan, seperti rak buku dengan laci, tempat peralatan belajar, serta aksesoris lainnya. Anda juga bisa menambahkan hiasan, action figure dan lainnya yang bisa menambah semangat Anda saat belajar. 


 

Warna dan Desain yang Tepat

 

ruang belajar

 

Pinterest: sharps.co.uk

 

Ini merupakan elemen penting. Memiliki desain ruang belajar yang sesuai dengan keinginan, pasti akan memberikan motivasi lebih saat belajar. 

 

Anda bisa memiliki berbagai desain tempat belajar sesuai posisi dan kantong tentunya. Bisa menghadirkan konsep lesehan yang simpel. Tambahkan bantal dudukan, karpet dan meja lipat. Mungkin ditambah dengan meja kayu atau rak mini bertingkat. 

 

Jika ingin berdesain minimalis atau colourful, terapkan warna-warna netral atau pastel yang cerah ceria. Sesuaikan warna senada, hindari penggunaan banyak pola dengan warna nabrak, karena bisa mempengaruhi suasana belajar Anda. 

 

Ingin lebih fresh, tempatkan beberapa tanaman hijau yang teduh di sudut ruangan. Ada space yang lebih, bisa meletakkan sofa mini sebagai tempat rehat dari aktifitas belajar. 

 

 

Kesimpulan 

 

Merasa nyaman dan betah di ruang belajar ternyata punya tips dan trik khusus loh. Jadi, mulai sekarang selalu perhatikan kondisi ruang belajar Anda. 

 

Semoga desain dan konsep di atas bisa membantu ya! 

 

Jangan lupa, untuk hunian Anda selalu gunakan material bangunan terbaik seperti yang terbuat dari baja ringan.

 

BLKP selalu menghadirkan beragam produk baja ringan yang sudah terbukti bermutu tinggi karena sudah bertandar SNI dan tersertifikasi ISO 9001-2015. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Silahkan Hubungi Kami.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..