Jendela Rumah Bagian Depan.jpg

10 MODEL JENDELA RUMAH BAGIAN DEPAN YANG PERCANTIK EKSTERIOR

 

Eksterior adalah tampilan bagian luar sebuah bangunan yang berbatasan langsung dengan lingkungan di sekitarnya. Desain eksterior seakan menjadi penawar kesan pertama akan keindahan bangunan itu sendiri.

 

Jendela menjadi salah satu komponen penting dalam struktur bangunan rumah.

 

Memiliki fungsi sebagai jalur masuknya cahaya dan sirkulasi udara dari luar ke dalam rumah, jendela juga memiliki sisi estetika yang dapat mempercantik eksterior rumah.

 

Baca Juga: 7 Desain Eksterior Rumah Minimalis Yang Gampang Untuk Ditiru

 

Berikut model jendela rumah bagian depan yang dapat menjadi inspirasi Anda untuk mempercantik eksterior rumah.

 

 

Single & Double-Hung Windows

 

Jendela Rumah Bagian Depan

 

Pinterest

 

Single & Double-Hung merupakan jenis jendela berbingkai yang cukup praktis dan dinamis. Jendela model ini dapat dibuka secara vertikal baik dari dari bagian atas maupun bagian bawah.

 

Untuk model single-hung, bingkai yang dapat dibuka hanya pada bagian bawah saja dengan bingkai bagian atas yang tetap. Ketika dibuka, kedua sisinya tumpah tindih sehingga tak memerlukan ruang ventilasi tambahan.

 

Sedangkan model double-hung, memiliki dua daun jendela yang menyediakan opsi untuk membuka bingkai dari atas ke bawah ataupun sebaliknya. 

 

Baik single-hung, maupun double-hung, keduanya memiliki kesan modern minimalis yang dapat melengkapi tampilan fasad rumah Anda. 

 

 

Bay Or Bow Windows

 

Jendela Rumah Bagian Depan

 

Grapevine Birmingham

 

Model jendela satu ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menciptakan kesan luas sebuah rumah. Dilihat dari sisi luar, model jendela ini juga memberikan sudut yang estetik pada bagian depan rumah Anda.

 

Seperti namanya, Bay or bow adalah model jendela yang menjorok ke depan dengan bagian dalam yang cekung menyerupai teluk.

 

Tipenya bervariasi mulai dari oriel, circle bay, box bay, hingga canted bay windows.

 

Model jendela ini terinspirasi dari gaya victorian pada tahun 1870-an yang populer di kalangan masyarakat Amerika dan Eropa.

 

Kebiasaan duduk bersantai di pinggir jendela menikmati pemandangan luar rumah, menjadi filosofi hingga terbentuklah desain jendela ini.

 

 

Awning Windows

 

Jendela Rumah Bagian Depan

 

Pinterest

 

Jendela awning merupakan model jendela engsel pada sisi atasnya yang ketika dibuka, ujung panel jendela akan bergerak vertikal ke arah atas.

 

Jendela model ini memiliki kemiripan dengan jendela model casement. Perbedaannya terletak pada posisi engsel jendela. Jika awning terbuka secara vertikal, model casement terbuka secara horizontal.

 

Kini, model jendela awning semakin bervariasi dan banyak dipilih. Jendela model ini cocok bagi Anda yang yang membutuhkan sirkulasi udara yang cukup banyak untuk ruangan di rumah Anda.


 

Louvre atau Jendela Jalusi

 

Jendela Rumah Bagian Depan

 

Pinterest

 

Di Indonesia, louvre juga dikenal dengan jendela jalusi. Model jendela ini merupakan rangkaian dari bilah-bilah atau panel yang tersusun horizontal menjadi kerangka jendela.

 

Bahan panel yang dapat Anda pilih dalam model jendela ini antara lain, kayu, kaca, aluminium, ataupun UPVC.

 

Penggunaan jendela model jalusi memudahkan Anda untuk mengatur sirkulasi udara dan pencahayaan yang masuk ke dalam rumah. 

 

Tampilan luar yang akan diberikan pada penggunaan jendela jalusi di rumah Anda adalah kesan estetik yang klasik. Pemilihan cat dan bahan panel jendela dapat Anda sesuaikan untuk melengkapi elemen eksterior rumah Anda.

 

 

Sliding Window Atau Jendela Geser

 

Jendela Rumah Bagian Depan

 

BrennanCorp

 

Model jendela berikutnya merupakan yang paling sering ditemui di rumah-rumah bergaya arsitektur modern klasik yaitu jendela geser. Konsep sliding, kini tak hanya terpaku pada pintu saja, tetapi juga jendela.

 

Jendela geser dengan panel ganda akan memudahkan akses sirkulasi udara yang masuk tanpa memakan banyak tempat. Pengaplikasikannya cukup dengan menggeser bingkai jendela ke kanan maupun ke kiri.

 

 

Transom Window

 

Jendela Rumah Bagian depan

 

Brennancorp.com

 

Model jendela satu ini dirangkai menyatu dengan pintu. Efek luas dan mewah yang dihasilkan oleh perpaduan jendela dan pintu akan membuat tampilan rumah Anda semakin estetik.

 

Pemilihan warna dan desain, dapat Anda sesuaikan dengan pintu dan elemen dinding rumah Anda. Pemandangan interior rumah yang terlihat dari luar melalui jendela ini akan menambah estetika rumah Anda.

 

 

Picture Windows

 

Jendela Rumah Bagian Depan

 

Pinterest

 

Sepadan dengan namanya, jendela ini menghilangkan satu fungsi jendela, di mana tidak bisa mengakses sirkulasi udara karena merupakan bingkai jendela mati atau sekadar pajangan dinding. 

 

Namun dari segi pencahayaan, kamu bisa memanfaatkan model jendela ini untuk ruangan yang membutuhkan penerangan maksimal.

 

Picture window kini populer digunakan dalam rumah dengan gaya arsitektur kontemporer. Desainnya yang praktis, sering kali dipadu padankan untuk menambah kesan elegan pada arsitektur masa kini.


 

Jendela Sudut

 

Jendela Rumah Bagian Depan

 

IDsystems

 

Jendela sudut, umumnya sering Anda temui pada struktur gedung kantor, toko, coffee shop, restaurant, ataupun bangunan publik lainnya. 

 

Anda dapat mengusung Jendela rumah bagian depan dengan tampilan kaca sudut yang estetik ini.

 

Selain memaksimalkan cahaya yang masuk, jendela model sudut dapat memberikan view dari dua sudut yang berbeda. Sehingga Anda dapat leluasa mendapatkan pemandangan luar dari dalam rumah.


 

Jendela Melengkung

 

Jendela Rumah Bagian Depan

 

Pinterest

 

Jika Anda bosan dengan bentuk jendela yang tak jauh-jauh dari persegi, model jendela satu ini bisa menjadi salah satu ornamen dalam eksterior rumah Anda.

 

Bak negeri dongeng, jendela melengkung akan membawa nuansa hangat dan manis rumah Anda.

 

 

Kesimpulan

 

Itu dia 10 model jendela rumah bagian depan yang dapat mempercantik eksterior rumah Anda. Rumah tanpa jendela bagaikan ruang tak berudara.

 

Rumah Anda akan semakin hidup dengan adanya elemen jendela yang menghiasi sisi sudut rumah.

 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik mencoba salah satu modelnya?

 

Pastinya Anda membutuhkan material konstruksi yang bisa membantu memaksimalkan hasilnya, seperti baja ringan dengan kualitas dan mutu yang terjamin untuk hunian Anda. 

 

BLKP sebagai produsen baja ringan terkemuka hadir dengan pilihan produk baja ringan bermutu tinggi yang sudah memiliki standarisasi SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta sudah tersertifikasi TKDN 22 - 34981.  

 



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..