3 KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT MEMASANG TALANG AIR

Apa yang Anda ketahui mengenai Talang Air? Talang air merupakan tempat untuk menampung air hujan yang berasal dari atap, agar air yang turun tidak mengganggu dan tidak langsung jatuh ke teras rumah. Namun, masih banyak orang – orang beranggapan bahwa talang air tidak terlalu penting. Padahal talang air sangat penting untuk menyalurkan air dan melindungi rumah agar terhindar dari kebocoran atap. Penggunaan talang air juga bisa meningkatkan tampilan rumah Anda menjadi lebih indah hingga beberapa tahun ke depan.
 

Namun, salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan kepada diri sendiri adalah jenis talang air mana yang cocok dipakai untuk di rumah?
 

BACA JUGA : MEMAHAMI APA ITU TALANG AIR DAN JENISNYA
 

Dikarenakan talang air memiliki fungsi yang sangat penting saat musim hujan, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu pemasangan talang air yang tepat agar tidak terjadi kesalahan fatal. Kesalahan dalam pemasangan talang air, bisa mengakibatkan air hujan masuk ke dalam rumah atau terjadinya rembes. Oleh sebab itu, pastikan Anda membaca dan mengetahui 3 kesalahan yang harus dihindari saat memasang talang air!
 

Kesalahan Dalam Memasang Talang Air

  1. Memilih Talang Air Dengan Ukuran Paling Kecil
    3 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Memasang Talang Air

Sebaiknya dalam memilih talang air, ukurannya harus cukup besar agar dapat mengalirkan air hujan dari rumah secara maksimal. Sehingga sangat penting dalam memilih talang air sesuai dengan ukuran yang tepat. Apabila ukuran talang air kecil, maka beban air yang akan ditampung menjadi lebih dari kapastias sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada beberapa struktur rumah Anda. Anda perlu mempertimbangkan ukuran atap dan seberapa banyak curah hujan yang jatuh pada tempat tinggal Anda agar mendapatkan talang air sesuai dengan ukuran yang tepat.
 

  1. Memasang Gantungan Talang Air Terlalu Jauh
    3 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Memasang Talang Air

Gantungan talang air harus ditempatkan dengan benar secara berdekatan. Apabila Anda memberikan ruang terlalu banyak antara talang dengan gantungan, akan menyebabkan talang mudah melorot dan juga air tidak mengalir dengan baik.
 

  1. Tetap Menggunakan Talang Air Yang Rusak Saat Pemasangan
    3 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Memasang Talang Air

Pemasangan talang harus dilakukan secara teliti dan hati – hati untuk menghindari kerusakan talang. Apabila Anda memasang talang air jenis Alumunium, usahakan agar talang tidak jatuh langsung ke tanah. Apabila talang air berjenis Alumunium jatuh saat pemasangan, maka Anda perlu mengganti seluruh bagian untuk menghindari kerusakan lebih banyak.
 

Cara Memasang Talang Air Yang Benar

Setelah mengetahui 3 kesalahan yang harus dihindari saat memasang talang air, kini saatnya Anda harus mengetahui langkah – langkah yang tepat dalam memasang talang air. Jika pemasangan talang air tidak tepat dan kuat, maka akan menyebabkan talang air menjadi cepat rusak dan rapuh. Berikut beberapa tahapan untuk memasang talang air yang benar:
 

  1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai untuk memasang talang air, siapkan bahan dan alatnya terlebih dahulu. Bahan yang diperlukan biasanya berupa pipa panjang, papan dan siku. Sedangkan alat perlu disiapkan adalah:

- Paint brush atau kuas cat: digunakan untuk mengoleskan lem pada sambungan dengan pipa.

- Gergaji: digunakan untuk memotong pipa.

- Amplas: digunakan untuk membersihkan pipa setelah dipotong.

- Pembersih pipa: digunakan untuk membersihkan pipa agar terlihat lebih mengkilau.

- Spidol atau pensil: digunakan untuk memberikan tanda pada bagian pipa yang akan dipotong dan di lem.

- Lem pipa PVC: digunakan untuk merekatkan sambungan pipa supaya tidak mudah lepas dan kuat.
 

  1. Mengukur Tata Letak Talang

Anda bisa mengukur tata letak talang air dengan menggunakan pensil dengan membentuk horizontal pada jalur talang yang akan dibuat. Tandai dengan titik lebar cucuran kurang lebih 3.2 cm di bawah sambungan pertemuan antara dinding dengan genteng. Kemudian tentukan titik talang dengan membentuk vertikal dengan kemiringan 0.6 cm setiap 3 cm.
 

  1. Potong Talang Sesuai Ukuran

Gunakan lah gunting logam atau gergaji untuk memotong talang air sesuai dengan kondisi rumah Anda.
 

  1. Pasang Pengikat Talang

Anda bisa menggunakan pengikat agar talang air yang dipasang semakin kuat atau hanya sekedar ditempelkan pada permukaannya saja tergantung dari jenis talang air yang akan Anda gunakan.
 

  1. Tempelkan Talang Pada Tempatnya

Tempelkan perekat pada papan permukaan setiap 61 cm. Anda bisa menggunakan skrup baja anti karat yang ukurannya cukup panjang agar dapat menembus papan permukan yang panjangnya minimal 5.1 cm. Pastikan talang vertikal yang runcing menghadap ke arah bawah dengan tepat.
 

Nah, saat ini pastinya Anda sudah memahami kesalahan dalam pemasangan talang air dan juga cara pemasangan talang air yang tepat. Anda bisa menemukan talang air sesuai dengan gaya rumah serta keawetannya. Apabila talang air sudah mulai rusak atau tidak dapat berfungsi dengan baik, disarankan untuk langsung mengganti talang air dengan yang baru agar tidak mengganggu penghuni rumah.
 

Temukan lebih banyak pilihan warna Talang Air yang tepat sesuai dengan kebutuhan rumah Anda hanya di BLKP!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..