3 KEUNGGULAN GUNTING BAJA RINGAN UNTUK KAMU YANG SEDANG MELAKUKAN RENOVASI

Pemakaian Gunting Baja Ringan

Pemakaian baja ringan di bidang konstruksi sudah semakin umum saja, mengingat baja ringan merupakan material yang diperlukan untuk membuat rangka genteng, kusen, kanopi, dan lainnya. Karena baja ringan memiliki keunggulan yang sulit ditemukan dibandingkan dengan produk lain, seperti anti rayap, awet, tahan lama dan kuat. Mengingat baja ringan sangat kokoh namun tipis, tidak heran jika baja ringan lebih disukai ketimbang kayu.

Untuk mengubah baja ringan menjadi kusen jendela atau kanopi diperlukan beberapa penyesuaian dalam bentuk dan ukuran. Biasanya untuk memotong baja ringan menggunakan gerinda mesin. Namun, dengan hadirnya gunting baja ringan dapat menjadi alternatif dari gerinda mesin yang harganya mahal dengan risiko kecelakaannya lebih tinggi. Gunting baja ringan terbuat dari bahan Chrome Vanadium atau CR-V yang banyak digunakan di negara – negara Eropa. Gunting baja berkualitas memiliki tingkat kekerasan tinggi hingga mencapai 60 HRC dan harga jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan gerinda mesin.

Gunting baja ringan merupakan alat yang wajib Anda miliki di rumah. Tidak hanya untuk pekerja bangunan saja, melainkan gunting ini juga bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga seperti menggunting kawat atau seng. Mengingat fungsi gunting yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari – hari, maka mustahil jika di dalam rumah tidak ada benda tersebut.

Keunggulan Gunting Baja Ringan

Berikut beberapa keunggulan dalam penggunaan gunting baja ringan dalam memotong material baja ringan:

  1. Praktis

Gunting baja ringan berbentuk mirip tang raksasa dengan mata pisau yang sangat tajam. Selain itu, gunting ini sangat fleksibel dan mudah dipindahkan jadi bisa dibawa kemana pun.. Pada bagian pegangan gunting dilapisi bahan plastik yang halus agar tangan tidak terluka saat menggunakan gunting. Gunting baja ringan bisa digunakan untuk memotong material lainnya seperti aluminium, kawat, seng, dan masih masih banyak lagi. Selain itu, bahan kulit juga bisa dipotong menggunakan gunting ini lho.

  1. Hasil Potongan Rapih

Ada 3 jenis gunting baja ringan yang bisa ditemukan di pasaran, yaitu gunting baja ringan mata lurus yang sangat umum, serta mata yang mengarah ke kiri atau kanan secara permanen untuk pemotongan sudut yang lebih presisi. Sehingga dapat membantu pekerjaan sehari – hari. Ketebalan material yang bisa dipotong oleh gunting baja ringan adalah 1.2 mm, sementara saat digunakan untuk memotong bahan stainless steel bisa mencapai ketebalan 0.7 mm.

  1. Dapat Digunakan Untuk Memotong Selain Baja Ringan

Meski namanya adalah gunting baja ringan, namun gunting yang satu ini ternyata cukup serbaguna lho. Dapat digunakan untuk memotong bahan seng, aluminium, dan kawat. Selain itu, bisa dipakai untuk memotong bahan kulit. Geriginya yang tajam dapat menghasilkan potongan yang sangat halus dan rapih.

Jika Anda berpikir bahwa memiliki peralatan seperti gunting baja ringan, tang, obeng, dan lain sebagainya tidak penting, kini saatnya mengubah pikiran tersebut. Alat – alat ini akan sangat berguna buat berbagai kebutuhan yang tidak terduga. Pilih gunting baja ringan yang paling pas dengan kebutuhan ya! 

Baca terus informasi – informasi menarik seputar baja ringan di artikel BLKP.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..