4 KELEBIHAN MEZZANINE DARI BAJA RINGAN

Apa Itu Mezzanine?

Mezzanine adalah lantai bertingkat yang dibuat secara terbuka yang letaknya dekat dengan plafon rumah. Mezzanine berasal dari bahasa Italia “Mezzo” yang artinya bagian tengah atau ditengah. Dalam pembuatan mezzanine, material yang digunakan bisa berbagai macam mulai dari baja ringan, kayu dan beton. Namun, salah satu material yang biasanya digunakan dalam pembuatan mezzanine adalah baja ringan. Mengapa? Karena baja ringan memiliki keunggulan yang lebih nyata seperti daya tahan kuat dan tampilan baja ringan yang bisa dicat sesuai dengan tampilan ruangan.

Teknik mezzanine sedang booming di Indonesia karena cocok dipakai untuk tipe rumah yang tidak terlalu besar. Tidak perlu membangun lantai baru lagi jika menggunakan mezzanine sudah menghemat waktu pengerjaan dan biaya.

Fungsi Mezzanine

Terdapat beberapa fungsi mezzanine yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu:

1. Tempat bersantai

2. Perpustakaan pribadi

3. Ruang keluarga

4. Kamar tidur

Yang harus diperhatikan terlebih dahulu dalam pembuatan mezzanine adalah jarak antara plafon dengan lantai harus tinggi. Minimal ketinggian rumah dalam membuat mezzanine yaitu 5 meter. Namun, jika ketinggian rumah hanya 3 – 4 meter saja tetap bisa membangun mezzanine hanya saja plafon dilepas untuk menambah ketinggian ruang atas.

Kelebihan Mezzanine Baja Ringan

Berikut kelebihan mezzanine baja ringan dibandingkan dengan material yang lain:

  1. Pemasangan Mudah

Untuk pemasangan mezzanine menggunakan baja ringan relatif cukup mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan material lainnya. Terutama bagi Anda yang sedang dikejar waktu, baja ringan merupakan pilihan yang cocok untuk Anda.

  1. Konstruksi Ringan

Dalam hal ini, baja ringan memang lebih unggul dibandingkan dengan konstruksi beton. Pengerjaan beton membutuhkan waktu yang cukup lama, berbeda dengan baja ringan yang lebih mudah dalam pemasangannya. Sehingga pemakaian baja ringan pada mezzanine lebih diminati karena tidak membebani struktur bangunan yang ada.

  1. Tahan Lama dan Kuat

Dalam hal ketahanan, baja ringan memang jelas lebih unggul dibandingkan dengan kayu. Pemakaian baja ringan sanggup menahan beban yang berat tanpa membutuhkan cor seperti halnya beton. Baja ringan juga mampu bertahan hingga bertahun – tahun dan tidak akan lapuk seperti kayu.

  1. Harga Murah

Tidak usah diragukan lagi, harga baja ringan lebih murah dan paling ekonomis dibandingkan dengan kayu. Jika Anda ingin menghemat biaya saat membuat mezzanine, baja ringan adalah solusi yang tepat. Namun, jika baja ringan tidak dirawat dengan baik justru akan memicu terjadinya karat.

Nah, itulah kelebihan pembuatan mezzanine menggunakan baja ringan. Cukup mudah dan murah bukan? Jika merasa hal ini sulit, jangan ragu untuk memanggil tukang yang profesional dalam bidangnya. Jangan lewatkan informasi menarik lainnya di Artikel blkp.co.id.

Selamat Mencoba!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..