gapura minimalis.jpg

INSPIRASI DESAIN GAPURA MINIMALIS, UNIK HINGGA BIKIN ADEM

Gapura menjadi sebuah pilar yang kerap kita liat di depan kawasan sebelum masuk ke suatu tempat. Namun, apa sih sebenarnya gapura dan fungsinya?

 

Gapura merupakan sebuah bangunan struktur tinggi seperti pilar ganda yang berada di depan jalan. Pilar ini biasanya menjadi marka saat kita masuk ke wilayah atau sebagai pintu masuk atau gerbang. Itu sebabnya, gapura kerap kita temui di jalan besar, hingga depan perumahan.

 

Jika mengikuti tradisi di Indonesia, gapura selalu menjadi bagian dari perlombaan khususnya menjelang 17 Agustus. Biasanya akan ada lomba menghias gapura, yang kemudian menonjolkan sisi desain tiap daerah.

 

Baca Juga: Cek 17 Ide Dekorasi 17 Agustusan di Kantor Dengan Bahan Hemat Budget!

 

 

Menilik dari konsepnya, desain struktur bangunan ini selalu tampil dengan pintu gerbang dengan sisi atap kiri dan kanan. Namun, dewasa ini, sudah banyak dekorasi gapura minimalis yang disesuaikan dengan desain wilayahnya .

 

Karena fungsinya adalah pembatas wilayah dan sering dilambangkan sebagai gerbang menuju tempat baru dan masa depan yang lebih baik, sehingga saat ini, desain gapura minimalis semakin diperhatikan tidak hanya sebagai pintu masuk, namun pilar yang mempercantik eksterior sebuah kawasan.

 

Yuk, kita lihat beberapa desain gapura minimalis yang unik dan mungkin menjadi inspirasi Anda menghias gapura jelang 17 Agustus mendatang!

 

 

Desain Ala Klasik Modern

 

gapura minimalis

 

Pinterest: behance.net

 

Desain gapura yang mengambil tema klasik modern biasanya menonjolkan nuansa klasik yang di sesuaikan dengan beragam aspek modern. Desain model ini sejatinya lebih banyak diadaptasi untuk interior rumah, namun kini sudah banyak diadopsi untuk bangunan eksterior, salah satunya gapura.  

 

Tampilan gapura akan bermain dengan warna mewah, seperti merah, putih, biru, hingga emas yang tampak elegan. Dengan tetap mengedepankan sisi simpel namun dengan ciri khas modern. Terkadang akan diisi dengan ornamen klasik dan modern yang berbaur.

 

 

Desain Nuansa Jepang

 

gapura minimalis

 

Pinterest: behance.net

 

Konsep Jepang juga bisa diterapkan pada gapura. Hadir dengan gaya minimalis dan sederhana sehingga sangat cocok diterapkan untuk sisi eksterior bangunan, termasuk gapura kompleks perumahan misalnya.

 

Dekorasi yang berasal dari filosofi Zen ini akan menampilkan kesan nyaman, bersih, dan teduh. jadi, Anda bisa mencobanya untuk pintu gerbang perumahan minimalis atau bangunan perkantoran.

 

 

Konsep Asimetris yang Unik

 

gapura minimalis

 

Pinterest: landscape-tectonix.com

 

Minimalis asimetris yang satu ini menjadi bukti bahwa desain sebuah gapura tidak harus berbentuk simetris atau sama satu sama lain. Dengan tampilan asimetris, gapura menjadi lebih modern dan tidak membosankan.

 

Perkuat dengan bahan bangunan yang teruji seperti baja ringan sebagai rangka, demi keamanan dan ketahanan struktur bangunan. Anda bisa menambahkan warna-warna elegan yang menambah daya tarik gapura tersebut.

 

 

Hadir Dengan Sentuhan Tropis

 

gapura minimalis

 

Pinterest: designboom.com

 

Konsep tropis yang biasanya digunakan untuk bangunan juga bisa menjadi pilihan Anda untuk desain gapura.

 

Gaya tropis menjadi gaya bangunan yang bernuansa tropis, tanaman dan teduh. Penerapan gaya arsitektur ini biasanya untuk kompleks perumahan dengan desain senada, atau wilayah yang dapat disesuaikan dengan desain dan material yang digunakan.

 

 

Desain Gapura Natural Minimalis

 

gapura minimalis

 

Pinterest: steemit.com

 

Konsep minimalis memang tidak pernah ada matinya, dan selalu dapat dipadukan dengan aksen natural. Hadirkan dengan penggunaan bebatuan alam hingga tanaman hijau.

 

Konsep ini memang menggabungkan dua desain yang menarik. Selain dapat menghadirkan aksen bebatuan alam, Anda juga bisa memakai kayu sebagai material utama. Pilih dengan warna natural seperti abu-abu, cokelat dan warna soft lainnya.

 

 

Kesimpulan 

 

Gapura minimalis kini tidak hanya sebatas menjadi pintu masuk untuk wilayah tempat tinggal Anda atau suatu kawasan. Eksterior semakin menarik dengan desain gapura di atas.

 

Jadi tunggu apalagi? Segera coba dan semoga desain di atas bisa membantu ya! 

 

Selalu gunakan produk terbaik seperti material konstruksi yang terbuat dari bahan baku baja ringan dengan kualitas nomor 1, bagi hunian Anda. 

 

BLKP siap membantu dengan menghadirkan produk baja ringan berkualitas yang sudah ber-SNI dan tersertifikasi ISO 9001-2015. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Hubungi Kami sekarang juga!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..