HINDARI 5 KESALAHAN MEMASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN AGAR TIDAK AMBRUK

Memasang Rangka Atap Baja Ringan

Saat ini penggunaan rangka atap baja ringan semakin populer dan dapat dikatakan menjadi solusi dari permasalahan di daerah tropis yang cenderung lembab. Sehingga tidak heran lagi kalau sudah banyak baja ringan yang kini beredar di pasaran dengan berbagai merek. Tentu cukup menguntungkan bagi sebagian konsumen dalam milih material yang sesuai dengan budget.
 

Tidak hanya dipakai untuk pembangunan pabrik dan gedung – gedung besar saja, kini perumahan juga sudah beralih memilih baja ringan sebagai konstruksi atap rumah. Dikarenakan harga kayu yang semakin mahal tapi kualitasnya sudah semakin menurun. Namun sangat disayangkan, karena kepopuleran material baja ringan ini tidak sejalan dengan teknik pemasangan yang benar. Itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan mengenai kualitas produk hingga garansi harus diprioritaskan. Selain itu, pemasangan baja ringan juga perlu dilakukan oleh orang yang sudah ahli atau berpengalaman agar dapat meminimalisir kegagalan struktur atau ambruk.
 

Terdapat beberapa kesalahan yang dapat Anda hindari agar konstruksi baja ringan tidak mudah ambruk, diantaranya sebagai berikut:

Kesalahan Dalam Memasang Rangka Atap Baja Ringan

  1. Teknik Pemasangan Baja Ringan
    Hindari 5 Kesalahan Memasang Rangka Atap Baja Ringan Agar Tidak Ambruk

Pemasangan atap baja ringan merupakan sistem kesatuan yang terdiri dari beberapa elemen, bukan bagian yang berdiri sendiri. Sehingga perlu perhitungan kekuatan beban dan gambar kerja sebelum pemasangan rangka baja ringan terjadi. Oleh sebab itu, apabila terdapat satu bagian yang kurang tepat dalam pemasangannya, maka struktur lain pasti akan lemah.
 

  1. Pemasangan Kuda – Kuda Baja Ringan
    Hindari 5 Kesalahan Memasang Rangka Atap Baja Ringan Agar Tidak Ambruk

Kuda – kuda atap merupakan struktur yang sangat penting, karena berperan dalam menopang genteng. Jika pemasangan tidak sesuai, maka risiko atap ambruk akan semakin tinggi. Jarak pemasangan antar kuda – kuda tergantung dari jenis atap yang akan digunakan, jarak bentangan dan beban lain yang akan ditopang. Penggunaan profil baja ringan harus satu jenis tidak boleh digabungkan dengan profil baja ringan lainnya. Karena setiap produk atau merek mempunyai kualitas dan kekuatan yang berbeda – beda.
 

Sehingga semakin berat bobot yang akan ditahan atap, jarak kuda – kuda baja ringan semakin pendek. Apabila Anda tidak ingin memperpendek jarak kuda – kuda, maka Anda bisa menambahkan ketebalan baja ringan atau mengganti jenis atap menggunakan genteng metal.
 

  1. Dudukan Baja Ringan Terlalu Miring
    Hindari 5 Kesalahan Memasang Rangka Atap Baja Ringan Agar Tidak Ambruk

Kesalahan lain yang meningkatkan risiko atap baja ringan ambruk yaitu penggunaan dudukan pada kuda – kuda rangka terlalu miring. Dalam pemasangannya, posisi kuda – kuda harus menempel langsung pada ring balok. Apabila dudukan rangka terlalu miring, kekuatan tekan pada baja ringan menjadi kurang seimbang. Sehingga faktor tersebut akan mempengaruhi konstruksi dan membuat rangka atap ambruk.
 

  1. Pemilihan Baja Ringan
    Hindari 5 Kesalahan Memasang Rangka Atap Baja Ringan Agar Tidak Ambruk

Tidak jarang sebagian orang lebih mempertimbangkan harga daripada kualitasnya, sehingga cenderung memilih material dengan harga murah tanpa mencari tahu mengenai mutunya. Padahal risiko keselamatan penghuni dan risiko kerusakan semakin meningkat apabila memilih baja ringan dengan kualitas abal – abal. Terutama digunakan untuk rangka atap, baja ringan dengan mutu rendah memungkinkan rangka menjadi mudah ambruk.
 

  1. Memilih Penutup Atap
    Hindari 5 Kesalahan Memasang Rangka Atap Baja Ringan Agar Tidak Ambruk

Mungkin masih banyak yang menilai bahwa rangka atap baja ringan dapat menopang semua jenis genteng, termasuk yang terbuat dari tanah liat. Namun, anggapan tersebut salah. Apabila Anda memaksakan ingin menggunakan genteng dari tanah liat, maka harus menggunakan baja ringan dengan ketebalan 1 mm atau 0,75 mm dengan syarat tidak ada lekukan. Sebab ketika hujan lebat, tekanan pada genteng bertambah. Hal inilah yang membuat atap menjadi mudah ambruk, apalagi jika terdapat lekukan.
 

BACA JUGA : APAKAH BISA RANGKA BAJA RINGAN MENOPANG GENTENG TANAH LIAT?
 

Cara Mencegah Rangka Atap Baja Ringan Ambruk

Salah satu mencegah rangka atap baja ringan ambruk bukan hanya dengan menghindari kesalahan – kesalahan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Melainkan dengan cara memilih material baja ringan yang sudah terjamin kualitas dan mutunya. Seperti produk dari PT. BLKP yang telah dipercaya menyediakan produk baja ringan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).
 

Karena kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat, kini PT. BLKP menyediakan berbagai produk baja ringan berkualitas dan bergaransi. Itulah 5 tips menghindari kesalahan memasang rangka atap baja ringan agar tidak ambruk. Selain memilih material baja ringan yang berkualitas, melakukan perencanaan, koordinasi dan memilih ahli profesional juga perlu diperhatikan.



Your Message Has Been Sent..