5 PEDOMAN MENGHITUNG BIAYA MEMBANGUN RUMAH 2 LANTAI

Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, dalam menghitung biaya renovasi atau pembangunan rumah 2 lantai memang sangat susah – susah gampang apalagi dalam proses perhitungannya. Belum lagi adanya pengaruh keterbatasan lahan di kota besar membuat para sang pemilik rumah harus membuat rumahnya ditingkat daripada memperluas bangunannya ke samping. Hal ini disebabkan karena lahan membangun rumah semakin sedikit sehingga harga pun juga sangat melonjak tinggi tiap tahunnya. Sehingga faktor itulah yang memicu rumah ditingkat menjadi 2 lantai adalah pilihan yang tepat.
 

BACA JUGA : MENINGKAT RUMAH MENGGUNAKAN DAK LANTAI BAJA RINGAN? AMANKAH?
 

Jangan sampai rencana Anda malah jadi terhambat karena biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah 2 lantai tidak dihitung secara cermat. Ada baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu langkah – langkah yang harus dilakukan agar biaya yang dikeluarkan tidak over budget. Sebelum itu, ada baiknya Anda harus mengetahui bahwa banyak sekali keuntungan yang didapat ketika membangun rumah bertingkat.

Manfaat Membangun Rumah Bertingkat

  • Memiliki Area Lebih Luas

Jika dilihat dari ukuran tanah, memang tidak ada bedanya. Namun, jika Anda membangun rumah menjadi 2 lantai akan terlihat bahwa rumah Anda memiliki area yang lebih luas. Hal ini bisa Anda gunakan sebagai ruangan lain yang tidak cukup di lantai satu.
 

  • Lebih Privasi

Banyak orang tidak sadar bahwa rumah merupakan salah satu tempat dimana bisa memiliki privasi seutuhnya. Namun, banyak yang melupakan hal tsb dikarenakan keterbatasan lahan yang dimiliki. Oleh karena itu, dengan membangun rumah 2 lantai menjadi salah satu solusi yang tepat bagi setiap pemilik rumah membutuhkan privasi.
 

  • Membuat Penampilan Rumah Lebih Menarik

Memiliki rumah tipe 2 lantai memang sangatlah menarik perhatian banyak orang. Kebanyakan sang pemilik yang memiliki rumah tipe 2 lantai memfokuskan pada bagian luarnya agar nampak sangat indah dilihat. Dengan kata lain, rumah tipe 2 lantai bisa menjadi salah satu tempat favorit dalam menyajikan pemandangan alam yang indah.
 

  • Efisien

Tidak banyak yang mengetahui bahwa memiliki rumah 2 lantai lebih efisien dalam hal jalur kelistrikan dan jalur pipa. Dalam konsep Green Building, semakin banyak lantai dalam membangun maka akan lebih baik. Dikarenakan segala macam saluran dibuat secara vertikal dan satu arah. Sehingga tidak akan menyebabkan jalur menyebar lebih banyak di seluruh bagian dinding rumah.
 

Menghitung Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Dalam hal ini tidak hanya diperuntukkan untuk membangun rumah 2 lantai saja, namun cara tersebut bisa Anda terapkan dalam membangun rumah 1 lantai. Semakin banyak yang ingin Anda tambahkan, maka akan semakin besar juga biaya dalam pembangunan rumah. Apalagi jika budget Anda dalam membangun rumah terbatas, jadi fokus lah hanya kepada bagian yang penting saja, ya!

  1. Hitung Luas Bangunan Yang Diinginkan

    5 Pedoman Menghitung Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Dalam merencanakan membangun rumah 2 lantai, Anda harus mengetahui luas bangunan yang dibuat. Misalnya ingin membangun rumah dengan luas berapa pada bagian bawah dan atas. Apabila sudah ditetapkan, jangan sampai Anda mudah tergoda saran dari orang sekitar untuk mengubah bentuk atau luas rumah yang ingin dibangun. Sedikit perubahan saja dapat mempengaruhi total biaya keseluruhan yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

  1.  Material Yang Dibutuhkan

    5 Pedoman Menghitung Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Apabila luas sudah ditetapkan secara matang, hal tsb akan memudahkan Anda dalam memperkirakan material apa saja yang dibutuhkan dalam membangun rumah. Misalnya, berapa banyak rangka baja ringan yang dibutuhkan, berapa banyak floordeck yang dipasang untuk membangun rumah 2 lantai dan masih banyak lagi. Rincian material yang detail memudahkan Anda dalam menghitung harga satuan material yang dibutuhkan dalam membangun rumah 2 lantai.

  1. Mengecek Harga Material

    5 Pedoman Menghitung Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Sudah membuat list material yang dibutuhkan? Carilah toko yang menawarkan harga sesuai dengan keinginan. Apabila Anda melakukan pengecekan satu per satu harga, dapat membuat perhitungan biaya membangun rumah 2 lantai sesuai dengan target budget.

  1. Memakai Jasa Tukang Borongan

    5 Pedoman Menghitung Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Jangan sampai Anda melupakan anggaran dalam menentukan jasa tukang bangunan. Jika Anda tidak teliti dalam menentukan biaya tukang, jangan heran apabila biaya yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan dengan biaya konstruksi. Kalau Anda menginginkan biaya lebih mudah terhitung, Anda bisa memakai jasa tukang borongan. Anda juga bisa membuat kesepakatan berapa lama rumah selesai dan berapa biaya yang dibutuhkan.

  1. Melebihkan Budget

    5 Pedoman Menghitung Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Jika Anda sudah membuat semua anggaran sesuai dengan budget, apakah Anda yakin jika suatu saat nanti tidak ada tambahan biaya tak terduga? Tentu saja tidak! Anda juga harus menyiapkan dana darurat untuk mengantisipasi kebutuhan jika sewaktu – waktu terdapat hal diluar perencanaan. Lebihkan sekitar 15 hingga 30% dari total biaya pembangunan rumah 2 lantai supaya lebih aman.

 

Sebenarnya biaya pembangunan rumah tergantung kebutuhan dan harga material yang beredar dipasaran. Pertimbangkan juga lama waktu pengerjaan dan jasa pekerja bangunan. Semakin lama waktu pengerjaan, maka akan semakin besar juga biaya pembangunan rumah 2 lantai. Pastikan budget Anda sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Jangan pernah memaksakan membangun rumah lebih dari budget yang Anda miliki. Apabila Anda masih ragu, Anda juga bisa memakai jasa profesional supaya biaya pembangunan rumah 2 lantai tidak melebihi dari anggaran.

 

Kalau Anda tidak mau repot dalam memilih material bagus dan bermutu, Anda bisa juga lho langsung membeli material baja ringan di BLKP. Terdapat banyak ragam pilihan baja ringan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan pembangunan rumah 2 lantai. Yuk, buat rumah impian Anda menjadi kenyataan bersama dengan BLKP karena rumah yang kokoh adalah rumah yang dibangun dari material berkualitas!



Your Message Has Been Sent..