5 PERMASALAHAN YANG SERING TERJADI KETIKA HUJAN TIBA

Permasalahan Ketika Hujan

Indonesia dan hujan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Bahkan ketika musim kemarau pun, hujan juga bisa hadir tanpa prediksi sebelumnya. Bukan hanya ketahanan tubuh saja yang butuh penyesuaian dengan cuaca dingin saat musim hujan, melainkan rumah juga perlu dipersiapkan.
 

Tak jarang, banyak masalah yang menghampiri ketika musim hujan tiba. Biasanya masalah tersebut timbul menyebabkan beberapa kerusakan – kerusakan di rumah. Kalau sudah begini, tentu Anda akan merasa repot bukan? Berikut 5 permasalahan yang sering terjadi ketika hujan tiba!
 

BACA JUGA : APA BENAR BAJA RINGAN TAHAN AIR HUJAN?
 

Permasalahan Yang Sering Terjadi Ketika Hujan

  1. Mengalami Kebocoran Pada Atap
    5 Permasalahan Yang Sering Terjadi Ketika Hujan Tiba

Ketika musim hujan tiba, intensitas hujan akan semakin besar. Sehingga banyak orang yang baru mengetahui kebocoran atap saat musim hujan tiba dan mengalami kebocoran diberbagai titik ruangan. Oleh sebab itu, kebocoran pada atap merupakan hal paling umum yang dialami pada hunian di Indonesia. Ketika hujan sudah reda dan langit cerah, lakukanlah inspeksi disetiap sudut atap untuk melihat bagian mana yang mengalami kebocoran. Agar bisa mengambil langkah antisipasi dini sebelum kerusakan semakin parah.
 

  1. Rembesan Air Hujan Pada Dinding
    5 Permasalahan Yang Sering Terjadi Ketika Hujan Tiba

Jika atap biasanya mengalami kebocoran, permasalahan satu ini tidak bisa kita hindari. Pasalnya rembesan air hujan tidak terlalu mengganggu kenyamanan saat kejadian. Melainkan memiliki dampak yang berkepanjangan, seperti dinding rumah berubah warna dan cepat kotor. Hal ini mengakibatkan menurunnya tingkat kelayakan ruangan, khususnya dalam hal keindahan.
 

Kalau sudah begini, solusi paling praktis yaitu melakukan pengecatan ulang atau memasang wallpaper. Oleh sebab itu, hal yang paling tepat untuk risiko jangka panjang adalah melakukan tindakan renovasi pada atap yang mengalami kebocoran.
 

  1. Lantai Rumah Menjadi Cepat Kotor
    5 Permasalahan Yang Sering Terjadi Ketika Hujan Tiba

Lantai rumah menjadi lebih cepat kotor apabila musim hujan tiba. Biasanya penghuni cenderung membawa lebih banyak kotoran ke dalam rumah, seperti lumpur, dedaunan yang terbawa angin kencang serta genangan air yang membuat rumah menjadi lebih cepat kotor. Jika sudah begitu, tingkatkan kembali bersih – bersih rumah menjadi dua kali seminggu ketika musim hujan tiba.
 

  1. Saluran Air Menjadi Mampet
    5 Permasalahan Yang Sering Terjadi Ketika Hujan Tiba

Hal yang paling buruk dan sering terjadi ketika musim hujan tiba adalah WC menjadi mampet. Biasanya terjadi dikarenakan penyumbatan saluran air karena volume air yang lebih besar dan sulit ditampung pada penampungan terakhir. Lakukanlah antisipasi dini sebelum musim hujan tiba, dengan cara memeriksa mandiri saluran air di rumah atau bisa menggunakan jasa profesional terpercaya.
 

  1. Arus Kabel Listrik
    5 Permasalahan Yang Sering Terjadi Ketika Hujan Tiba

Air hujan yang menetes ke bagian kabel bisa menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek, lho! Hal ini selalu menjadi permasalahan dikala musim hujan tiba, sehingga Anda perlu mengantisipasi sejak dini. Lokasi yang harus Anda waspadai yaitu:
 

- Kabel yang terdapat di luar rumah, di atas permukaan tanah

- Kabel yang terdapat di dalam rumah, namun mengalami kebocoran atap dan dinding rembes
 

Kenapa kabel harus lebih diperhatikan dengan baik? Ketika hubungan arus pendek sudah terjadi, maka akan menyebabkan terjadinya kebakaran rumah. Apabila Anda menemukan kabel yang terkelupas atau terbuka lapisannya, sebaiknya segera ganti kabel tersebut.
 

Nah, itu dia penjelasan seputar 5 permasalahan yang sering terjadi ketika musim hujan tiba dan dapat Anda hindari ketika melakukan pencegahan sedari dini. Semoga penjelasan di atas sangat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk pantau terus informasi penting seputar baja ringan melalui Artikel BLKP. Dan pastikan Anda telah menemukan baja ringan idaman hanya di BLKP.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..