6 TRIK JITU MEMBANGUN RUMAH DI MUSIM HUJAN

Rumah merupakan sebuah bangunan yang dibangun sebagai tempat tinggal dan berlindung dari panasnya matahari dan musim hujan. Oleh sebab itu, saat membangun rumah dibutuhkan perencanaan yang matang dan juga waktu pengerjaan agar memberikan hasil yang aman dan nyaman saat digunakan.
 

Mulai dari merencanakan bentuk bangunan hingga proses pembangunannya. Namun, terkadang proses pembangunan rumah tidak selamanya berjalan sesuai rencana. Berbagai kendala saat pembangunan pun bisa saja terjadi, seperti musim hujan yang sulit diprediksi. Hal ini bisa mempengaruhi proses pembangunan menjadi terhambat.
 

Baca Juga : Cara Mudah Membangun Rumah Idaman, Cek Yuk!
 

Pasalnya, membangun rumah saat musim hujan dengan musim kemarau memiliki risiko yang berbeda. Mulai dari pemilihan bahan hingga antisipasi lainnya. Tidak perlu khawatir bagi Anda yang sedang membangun rumah di musim hujan. Anda tetap bisa membangun rumah saat musim hujan tiba seperti saat musim kemarau, apabila memperhatikan trik berikut ini!
 

6 Trik Jitu Membangun Rumah Di Musim Hujan


Ada baiknya perhatikan tips di bawah ini agar dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi saat proses pembangunan rumah berlangsung.
 

  1. Cek Informasi Mengenai Cuaca
    6 Trik Jitu Membangun Rumah Di Musim Hujan

Lakukan pengecekan mengenai informasi prakiraan cuaca. Walaupun tidak selalu benar, namun tidak ada salahnya untuk mempercayainya sebagai bentuk antisipasi. Hal tersebut bertujuan untuk memberitahukan informasi kepada para pekerja untuk melakukan persiapan apabila hujan datang saat proses pembangunan sedang berlangsung.

 

  1. Kenali Karakteristik Bahan Bangunan
    6 Trik Jitu Membangun Rumah Di Musim Hujan

Sebelum memulai proses pembangunan rumah, ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu karakteristik bahan bangunan yang akan dipakai. Maksud dari kenali karakteristik bahan bangunan yaitu sifat dan juga ketahanan bahan terhadap air hujan, seperti yang tidak tahan air dan juga yang tahan terhadap air. Dengan mengetahui karakteristik bahan bangunan, dapat membantu Anda untuk melakukan penyimpanan sesuai dengan sifat bahannya.

 

  1. Mengamankan Material Bahan Bangunan
    6 Trik Jitu Membangun Rumah Di Musim Hujan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat membangun rumah ketika musim hujan yaitu pemilihan material bangunan dan tempat penyimpanannya. Dalam memilih material bangunan, tentu merupakan satu hal yang paling penting untuk Anda lakukan. Tempat penyimpanan material bangunan juga perlu Anda pertimbangkan, karena terdapat beberapa bahan bangunan yang tidak bisa terkena air hujan. Seperti pasir, batu bata, semen dan kapur.

 

  1. Menggunakan Terpal
    6 Trik Jitu Membangun Rumah Di Musim Hujan

Melakukan pengecoran saat terjadi hujan, tentu bisa Anda lakukan apabila mengetahui cara yang tepat. Apabila bagian yang telah dicor belum mengeras dan tidak terkena hujan, maka kualitas pengecoran masih tetap baik. Oleh sebab itu, disinilah peran terpal dibutuhkan. Selain melindungi hasil cor-coran, terpal juga dapat melindungi para pekerja dari air hujan. Sehingga pembangunan tetap berlangsung walaupun musim hujan datang.

 

  1. Gunakan Tenaga Profesional
    6 Trik Jitu Membangun Rumah Di Musim Hujan

Membangun rumah disaat musim hujan tiba, memang harus dilakukan oleh tenaga profesional guna menghindari keluhan dari para pekerja akibat hujan. Hal ini disebabkan karena pembangunan yang terus berjalan namun tidak ingin biaya bertambah akibat hujan.
 

Apabila menggunakan tenaga profesional, mereka sudah terbiasa melakukan pembangunan rumah dalam berbagai kondisi cuaca. Sehingga pembangunan rumah tetap dapat selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Dengan membangun rumah menggunakan tenaga profesional, tentu akan mendapatkan hasil rumah yang baik.

 

  1. Hentikan Pembangunan Apabila Hujan Ekstrem
    6 Trik Jitu Membangun Rumah Di Musim Hujan

Tidak disarankan untuk tetap melakukan pembangunan rumah apabila hujan yang datang cukup ekstrem. Hal ini dapat meningkatkan kerugian dan penambahan biaya dari yang telah Anda rencanakan. Oleh sebab itu, hentikan pekerjaan pembangunan merupakan pilihan yang bijak.
 

Kesimpulan


Dengan memperhatikan keenam trik di atas, diharapkan proses pembangunan rumah dapat terlaksana walaupun saat musim hujan. Walaupun tidak mudah untuk membangun rumah di musim hujan, namun dengan trik jitu yang tepat dapat menghasilkan rumah yang sesuai dengan keinginan.
 

Anda juga harus memperhatikan bahan bangunan yang dipilih agar menghasilkan bangunan yang baik. Salah satunya menggunakan material baja ringan yang terkenal tahan terhadap karat dan juga rayap. Sehingga Anda akan lebih merasa nyaman dan aman jika menggunakan material baja ringan. Karena bangunan yang baik berasal dari material bahan bangunan yang berkualitas dan juga tahan lama!
 

Anda bisa menemukan material baja ringan berkualitas tersebut di BLKP. PT. Bumi Lancang Kuning Pusaka (BLKP) sebagai salah satu produsen atap dan rangka baja ringan terbaik menawarkan material bangunan yang terbuat dari baja ringan bermutu tinggi dengan harga yang lebih terjangkau. Yuk langsung kunjungi websitenya disini www.blkp.co.id.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..