5 TIPS MEMILIH ATAP MURAH NAMUN BERKUALITAS

Hi Sobat BLKP!

Sedang mencari material atap murah namun dengan kualitas terbaik untuk rumah Anda? Anda datang ke tempat yang tepat! Di dalam artikel ini, admin akan mengulas secara lebih lengkap tentang bagaimana tips memilih atap rumah terbaik yang tepat dan cocok untuk rumah Anda namun dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa rumah merupakan hunian atau tempat tinggal dimana kita bisa gunakan untuk tempat berlindung maupun untuk beristirahat. Agar bisa menjadi hunian yang nyaman, maka rumah harus dibangun dengan menggunakan pondasi dan konstruksi yang kokoh supaya bisa bertahan lama atau awet.

 

Dari sekian banyak bagian rumah, atap merupakan salah satu bagian dari rumah yang bisa membuat rasa nyaman dan rasa aman untuk para penghuni rumah. Dimana atap rumah ini dapat melindungi sang penghuni dari berbagai ancaman berbahaya seperti cuaca panas maupun ketika musim penghujan. Selain itu, atap juga sangat optimal dalam mengurangi resiko terjadinya konstruksi yang ambruk.

 

Untuk meyakinkan apakah atap yang kita pilih merupakan pilihan yang tepat, Anda perlu tahu faktor apa saja yang wajib untuk Anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa menjadi referensi Anda dalam memilih atap murah namun berkualitas:

 

Pilihlah Material Atap yang Tepat

atap murah namun berkualitas

 

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memilih material atap seperti apa yang tepat untuk hunian rumah Anda. Dulu, material atap yang terbuat dari tanah liat menjadi pilihan yang banyak digunakan. Dimana atap yang terbuat dari tanah liat ini menawarkan harga murah dan daya tahan yang tinggi.

 

Namun sayangnya material atap tanah liat ini memiliki kekurangan yaitu cepat berlumut sehingga Anda membutuhkan waktu untuk membersihkannya secara rutin jika ingin atap rumah Anda tetap tahan lama.

 

Jenis material atap lainnya yang bisa Anda pertimbangkan selain tanah liat adalah baja ringan. Meskipun harga atap yang terbuat dari baja ringan lebih mahal jika dibandingkan dengan material tanah liat, namun atap baja ringan memiliki keunggulan dan kualitas yang lebih baik yaitu lebih ringan, kuat, kokoh, tahan lama, tahan karat, tahap rayap dan lain sebagainya.

 

 

Adanya Garansi Untuk Atap

Yang paling penting Anda perhatikan ketika memilih atap adalah adanya garansi untuk atap. Sebagian besar produsen yang menjual material atap memberikan garansi yang dapat menjamin kualitas dari material atap untuk jangka waktu yang tidak sebentar. Umumnya, daya tahan atap yang baik itu bisa bertahan hingga 15 tahun.

 

 

Lihatlah Cara Pemasangannya

atap murah namun berkualitas

 

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara pemasangannya, apakah mudah atau malah mempersulit Anda? Pilihlah material atap yang mudah saat dipasangnya supaya ketika terjadi kendala atau rusak, Anda bisa memperbaikinya dengan lebih mudah dan cepat.

 

Baca Juga : Mengenal Atap Rumah Lebih Jauh Disini 

 

Salah satu jenis material atap yang mudah cara pemasangannya adalah material atap yang terbuat dari baja ringan. Karena atap baja ringan memiliki bobot yang lebih ringan, membuat proses pengerjaan atap menjadi lebih cepat dan praktis.

 

Perawatan Yang Lebih Mudah

Selain memperhatikan cara pemasangannya, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara perawatannya apakah mudah atau tidak? Pilihlah atap rumah yang mudah dalam perawatannya seperti atap baja ringan.

 

Cara perawatannya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan pencucian atap selama satu tahun sekali untuk bagian rangka atap yang tidak terkena air hujan, seperti bagian bawah talang air. Hal ini dilakukan agar dapat menghilangkan material yang bisa merusak lapisan dari baja ringan tersebut.

 

Ramah Terhadap Lingkungan

atap murah namun berkualitas

 

Tips lainnya yang perlu Anda perhatikan dalam memilih atap adalah yang ramah lingkungan. Anda harus memastikan apakah atap yang Anda gunakan sudah ramah lingkungan atau hanya baik untuk rumah Anda saja?

 

Sebaiknya pilihlah atap yang tidak hanya baik untuk rumah Anda saja tapi baik juga terhadap lingkungan sekitar. Dimana Anda perlu memadupadankan material atap yang digunakan dengan lingkungan. Apabila materialnya tidak layak untuk lingkungan tertentu, maka atap akan cepat rusak. Otomatis jika atap rumah Anda cepat rusak, biaya yang perlu Anda keluarkan untuk membetulkannya juga akan semakin membengkak. 

 

Oleh karena itu, bagi Anda yang berada di daerah panas, Anda bisa memilih material atap yang bisa tahan terhadap panas, seperti material baja ringan. Material ini mampu menahan paparan panas dari matahari yang masuk ke dalam rumah. 

 

Selain itu, material atap baja ringan juga tahan terhadap api, sehingga ketika terjadi musibah kebakaran, material ini tidak mudah terbakar.

 

 

Kesimpulan

Itulah 5 tips yang bisa Anda perhatikan ketika Anda ingin memilih atap murah namun tetap memiliki kualitas yang baik. Semoga ulasan yang admin buat ini bermanfaat untuk Anda ya! Jangan lupa juga untuk terus melihat artikel terbaru lainnya yang ada di bkp.co.id ya sobat BLKP!

 

Bagi Anda yang membutuhkan material konstruksi yang terbuat dari bahan baku baja ringan, Anda bisa menemukannya di Bumi Lancang Kuning Pusaka (BLKP). Tersedia produk baja ringan berkualitas yang sudah berstandar SNI.

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..