5 TIPS MENGATASI MASALAH PLAFON RENDAH DI RUMAH ANDA

Plafon Rumah Rendah

Salah satu masalah yang sering terjadi pada setiap rumah adalah plafon. Tinggi rendahnya plafon sangat mempengaruhi suhu ruangan yang ada di dalam rumah. Plafon rumah yang tinggi, justru memudahkan sirkulasi udara masuk ke dalam rumah sehingga rumah tampak lebih sejuk dan tidak panas. Berbeda dengan plafon rumah yang rendah. Plafon yang rendah justru mengurangi sirkulasi udara masuk ke dalam rumah, sehingga rumah akan terasa, sempit, panas dan sesak.
 

BACA JUGA : INGIN MEMILIKI RUMAH ALA MINIMALIS TAPI RUANGAN KECIL? COBAIN 7 TIPS INI YUK
 

Jarak ideal antara lantai dengan plafon yaitu 3,2 – 3,4 m. Apabila lebih dari itu, maka rumah akan semakin baik dihuni karena hawa panas yang bersumber dari atap akan tereduksi dengan jarak yang cukup panjang. Namun, tidak semua rumah dibangun memiliki jarak ideal yang disarankan. Melainkan ada yang memiliki ketinggian plafon dengan jarak 2,6 – 3 m saja. Salah satu solusinya dengan memperbaiki ventilasi udara dalam rumah, khususnya area atap. Selain itu, ada beberapa tips ampuh yang harus dilakukan agar ruangan tetap terasa nyaman walaupun plafon rendah?

Tips Mengatasi Plafon Rumah Rendah

 

  1. Pewarnaan Plafon

5 Tips Mengatasi <a style=Plafon Rumah Rendah Namun Tetap Nyaman" src="https://blkp.co.id/uploads/filemanager/pewarnaan%20plafon.JPG" style="width:60%" />

Salah satu trik yang paling ampuh dan paling digunakan oleh banyak orang dalam mengkombinasikan plafon rendah dengan memberikan warna yang sama dengan dinding. Oleh karena itu, berhati – hatilah dalam memilih warna. Jangan sampai dalam pemilihan warna justru menghasilkan ruangan menjadi terlihat kecil. Misalnya, Anda bisa menggunakan warna biru halus, putih atau abu – abu muda  untuk menghasilkan warna yang lebih terang, bersih dan terbuka. Anda bisa juga memilih warna selain yang disebutkan, asalkan warna yang Anda pilih dapat merefleksikan cahaya.

 

  1. Memasang Lantai yang Mengkilap

5 Tips Mengatasi <a style=Plafon Rumah Rendah Namun Tetap Nyaman" src="https://blkp.co.id/uploads/filemanager/memasang%20lantai%20yg%20mengkilap.JPG" style="width:60%" />

Kesan plafon rumah yang tinggi, dapat Anda dapatkan pada pemasangan lantai yang mengkilap. Karena lantai yang mengkilap dapat memantulkan benda di atasnya sehingga akan menimbulkan kesan lebih tinggi. Pilihan yang paling mudah dan murah yaitu memasang lantai keramik berwarna putih, sehingga lantai akan memantulkan cahaya yang memberikan efek luas sebuah ruangan.

 

  1. Pemilihan Furniture yang Tidak Terlalu Tinggi

5 Tips Mengatasi <a style=Plafon Rumah Rendah Namun Tetap Nyaman" src="https://blkp.co.id/uploads/filemanager/memilih%20furniture.JPG" style="width:60%" />

Pilihlah furniture yang tidak terlalu tinggi di rumah, baik untuk kamar tidur, ruang tamu dan ruangan lainnya. Salah satu desain rumah yang dapat Anda siasati dengan perabotan berukuran sedang, namun tidak memberikan kesan sumpek pada rumah plafon rendah.

 

  1. Tidak memasang Lampu Gantung

5 Tips Mengatasi <a style=Plafon Rumah Rendah Namun Tetap Nyaman" src="https://blkp.co.id/uploads/filemanager/tidak%20memasang%20lampu%20gantung.JPG" style="width:60%" />                                         

Hindari pemasangan lampu gantung pada plafon yang rendah. Pemasangan lampu gantung lebih cocok pada rumah yang memiliki plafon tinggi, namun jika dipaksakan memakai lampu gantu pada plafon rendah maka akan menimbulkan ruangan yang sesak. Agar terlihat lebih ideal, sebaiknya pilihlah lampu duduk, bagi rumah yang memiliki plafon rendah.

 

  1. Pemilihan Interior

5 Tips Mengatasi <a style=Plafon Rumah Rendah Namun Tetap Nyaman" src="https://blkp.co.id/uploads/filemanager/elemen%20interior.JPG" style="width:60%" />

Anda dapat menggunakan gorden yang menjuntai hingga lantai. Selain itu, Anda juga bisa menggantungkan karya seni pada bagian atas tembok. Hal ini akan memberikan dampak ruangan yang terkesan luas. Jangan lupa untuk menaruk kaca besar di ruangan tsb.

 

Nah, setelah ulasan tsb dijelaskan, Anda bisa mengaplikasikan 5 tips di atas untuk menciptakan rumah berplafon rendah tetap nyaman secara ideal. Jika Anda tidak membangun rumah sendiri, kemungkinan tinggi plafon rumah minimalis memang rendah atau bahkan sebaliknya. Sebaiknya, Anda bisa mengaplikasikan hal yang sama untuk tinggi plafon yang ideal.

 

Dalam artikel lainnya, BLKP juga akan membahas berbagai tips – tips menarik seputar baja ringan dan bagaimana meningkat rumah 2 lantai menggunakan floordeck. Situs BLKP selalu menghadirkan artikel dan tips menarik seputar baja ringan.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..