INGIN MEMILIKI RUMAH ALA MINIMALIS TAPI RUANGAN KECIL? COBAIN 7 TIPS INI YUK

Rumah Ala Minimalis

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar, bukan berarti tidak dapat menciptakan suasana yang nyaman dan indah. Karena kenyamanan sebuah rumah itu tergantung dari sudut pandang sang pemiliknya. Anda bisa membuat suasana rumah menjadi nyaman asalkan pemilihan dekorasinya tepat. Tidak hanya nyaman, melainkan akan sedap dipandang oleh mata.
 

BACA JUGA : COBA YUK, 5 DEKORASI KAMAR MINIMALIS YANG BIKIN MAKIN BETAH REBAHAN
 

Luas sebuah rumah akan mempengaruhi kemudahan dalam penempatan dekorasi yang dipilih. Bagi rumah yang memiliki lahan luas, tentunya tidak akan mengalami kendala dalam menempatkan dekorasi sesuka hati. Namun, berbeda dengan rumah sederhana yang memiliki lahan tidak terlalu luas. Penggunaan perabotan pun harus lebih dipertimbangkan agar tidak terlalu sempit. Walaupun begitu, bukan berarti rumah sederhana tidak boleh memiliki kesan minimalis. Berikut 5 tips dekorasi rumah sederhana namun memberikan kesan minimalis untuk rumah Anda agar terlihat lebih indah dan nyaman.
 

Prinsip Penetapan Desain Minimalis

Terdapat beberapa prinsip dasar dalam dekorasi minimalis yang perlu Anda perhatikan dan tidak boleh Anda abaikan saat bekerja.

  • Fungsionalitas

Minimalis merupakan gerakan yang mengalir dari seni populer ke desain rumah pada tahun 1920-an dan dianggap sebaai gaya paling inovatif. Konsep tersebut telah dilabeli sebagai pelopor dari desain pemikiran ke depan, namun tidak terbawa keinginan mewah. Biasanya dekorasi minimalis harus memiliki barang yang berfungsi secara maksimal.
 

  • Bentuk Dekorasi

Pertimbangkan masing – masing bentuk ketika Anda sudah memilih perabotan untuk ruangannya. Misalnya perhatikan garis – garis paling umum yang digunakan, seperti desain vertikal, horizontal, diagonal, zigzag dan melengkung.
 

  • Aliran Minimalis

Tentu Anda menginginkan ruangan yang memberikan kesan harmonis, bukan? Jika iya, Anda bisa berinovasi dengan dekorasi dan desain minimalis, seperti minimalis – Jepang, Skandi – minimalis, modern – minimalis dan masih banyak lagi. Pastikan untuk menonjolkan satu fitur yang paling mendominasi diantara yang lain.
 

  • Pemilihan Warna dan Dekorasi

Anda bisa menentukan pilihan warna yang tidak mencolok dan dapat memberikan kesan nyaman, seperti abu – abu, krem, putih dan masih banyak lagi yang sangat populer.
 

  • Minimalis Dalam Pemilihan Lantai

Kayu dan beton merupakan lantai yang paling populer digunakan pada konsep rumah desain minimalis karena memiliki sifat sederhana. Selain itu, pemilihan karpet juga bisa metode untuk memberikan kesan hangat dalam ruangan.
 

Tips Dekorasi Minimalis Untuk Rumah Sederhana

  1. Memperhatikan Penggunaan Perabot

    Ingin Memiliki Rumah Ala Minimalis Tapi Ruangan Kecil? Coba 7 Tips Ini Yuk

Untuk menciptakan rumah bergaya minimalis sederhana, Anda perlu memperhatikan dalam pemilihan perabot. Keterbatasan ruanglah yang menjadikan salah satu faktor tips pertama ini. Jangan lupa untuk memperhatikan dalam penggunaan perabot. Gunakan perabotan yang sesuai dengan luas ruangan Anda, seperti warna, ukuran dan desain perabot.

  1. Pemilihan Warna

    Ingin Memiliki Rumah Ala Minimalis Tapi Ruangan Kecil? Coba 7 Tips Ini Yuk

Pilihlah warna yang sesuai dengan selera Anda. Ada baiknya gunakan warna yang tidak terlalu mencolok dan senada, seperti warna abu – abu atau putih agar memberikan kesan yang elegan. Anda juga bisa memadukapadankan warna agar tidak bosan, misalnya dinding warna putih sedangkan plafon berwarna abu – abu. Atau Anda juga bisa memilih keserasian warna antara dinding dengan perabot rumah.

  1. Penggunaan Wallpaper

    Ingin Memiliki Rumah Ala Minimalis Tapi Ruangan Kecil? Coba 7 Tips Ini Yuk

Anda bisa menggunakan wallpaper dinding untuk memberikan kesan rumah yang lebih indah. Sebaiknya pilihlah wallpaper yang tidak terlalu ramai motif. Gunakanlah sebagian sudut ruangan ketika Anda ingin memasang wallpaper. Apabila wallpaper dipasang pada seluruh ruangan, akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

  1. Refleksi

    Ingin Memiliki Rumah Ala Minimalis Tapi Ruangan Kecil? Coba 7 Tips Ini Yuk

Pantulan pada cermin yang dipasang disuatu ruangan akan membuat pantulan rumah terkesan lebih luas. Anda bisa menggunakan cermin berukuran sedang yang dilengkapi dengan bingkai kecil dipinggir.

  1. Memanfaatkan Sudut Ruangan

    Ingin Memiliki Rumah Ala Minimalis Tapi Ruangan Kecil? Coba 7 Tips Ini Yuk

Anda harus bisa mensiasati keterbatasan ruang gerak sebaik mungkin, karena setiap sudut ruangan memiliki fungsi tersendiri yang harus digunakan. Misalnya dalam penataan dapur, sebaiknya Anda menggabungkna ruang makan dengan dapur dalam satu ruangan yang sama. Gunakanlah meja makan yang mungil agar tidak mengganggu gerak Anda selama beraktifitas di dapur.

  1. Gunakan Ruang Penyimpanan

    Ingin Memiliki Rumah Ala Minimalis Tapi Ruangan Kecil? Coba 7 Tips Ini Yuk

Terdapat ruang penyimpanan pada rumah Anda akan memberikan tampilan rumah menjadi lebih bersih dan rapih. Seperti menggunakan tempat tidur yang dilengkapi dengan laci. Sehingga Anda tidak perlu menambah perabot lagi di dalamnya.

  1. Menambah Aksesoris

    Ingin Memiliki Rumah Ala Minimalis Tapi Ruangan Kecil? Coba 7 Tips Ini Yuk

Penambahan aksesoris pada rumah akan memberikan kesan yang lebih indah dan manis. Namun, jangan sampai jumlah aksesoris yang digunakan terlalu banyak dan ramai. Sebaiknya penempatan aksesoris ditaruh pada ruangan yang tidak menghalangi pandangan Anda.
 

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menciptakan dekorasi minimalis pada rumah sederhana agar terlihat lebih indah dan nyaman. Gunakan perabotan seperlunya untuk memperindah ruangan rumah Anda.
 

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di BLKP! Selain artikel, BLKP juga menjual berbagai baja ringan untuk memperkokoh struktur rumah Anda. Mulai dari roofing hingga flooring. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di BLKP dan ciptakan rumah impian Anda bersama dengan BLKP.



Your Message Has Been Sent..