6 DESAIN INSPIRASI RUMAH IDAMAN DAN PANDUAN MEWUJUDKANNYA

Inspirasi rumah idaman merupakan salah satu cita-cita yang ingin diwujudkan dalam hidup banyak orang. Tahukah Anda cara mewujudkannya? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

 

 

A. Hal Yang Perlu Diperhatikan

 

Apa yang Anda jawab ketika ditanya tentang rumah idaman? Apa yang terlintas dipikiran jika diminta menggambarkannya?

 

Terkadang, dalam membentuk persepsi tentang impian kita akan dipengaruhi dengan banyak sekali faktor. Misalnya berbicara tentang rumah, Anda bisa saja terinspirasi dari film, hunian tokoh idola, hingga arsitektur unik dari tempat liburan yang pernah dikunjungi.

 

Tapi, tidak ada yang benar-benar bisa sesuai dengan impian. Setidaknya sangat sulit bisa mewujudkan rumah idaman yang benar-benar sesuai keinginan.

 

Ada harga, fasilitas, ukuran, dan beberapa aspek lain yang menjadikan Anda harus berkompromi. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan tentang rumah idaman:

 

 

Memiliki Prasaranan Penunjang Yang Baik dan Mumpuni

 

Rumah sebagai tempat tinggal bukan hanya tentang bangunan dan apa yang ada didalamnya, melainkan juga hal-hal yang mendukung kehidupan Anda.

 

Diantaranya adalah prasarana seperti: akses jalan, sekolah, rumah sakit, dan lain-lain. Selain itu, fasilitas pendukung kehidupan rumah seperti listrik, air bersih, pengolahan limbah, dan kebutuhan lainnya.

 

Oleh karena itu, pastikan rumah idama Anda juga memenuhi kriteria prasarana yang mendukung kehidupan Anda.

 

 

Tahan Iklim dan Bencana Alam

 

Fungsi paling esensial dari rumah adalah melindungi Anda dari segala macam faktor dan ancaman alam.

 

Ketika berbicara soal rumah idaman, maka ketahanannya juga harus menjadi pertimbangan yang diprioritaskan, utamanya ketahanan terhadap iklim.

 

Ketahanan terhadap iklim artinya rumah Anda mampu tahan terhadap cuaca yang ada didaerah Anda. Seperti curah hujan tinggi, panas matahari, angin kencang, atau beratnya beban salju jika di daerah yang dingin. 

 

Selain itu, rumah idaman Anda juga sebaiknya aman dari bencana alam. Ini tergantung dari lokasi rumah yang ingin Anda tinggali. 

 

Apakah aman dari gunung berapi, banjir, atau apakah mampu bila menahan guncangan gempa bumi?

 

 

Sesuai Anggaran Yang Anda Miliki

 

Berbicara soal rumah idaman, maka sebagian besar keputusan dilandaskan dengan keinginan. Ini tidak masalah tentunya, jika sebanding dengan kemampuan anggaran Anda dalam memenuhinya.

 

Jika tidak, maka Anda perlu memilah dan menyesuaikan antara keinginan Anda dengan apa yang paling dibutuhkan agar tercipta jalan tengah yang sesuai anggaran.

 

 

B. Tips Cara Mewujudkan Rumah Idaman

 

Berikut ini adalah tips cara mudah muwujudkan rumah idaman yang wajib Anda ketahui:

 

 

Tentukan Anggaran Realistis Yang Mampu Anda Habiskan

 

Kecuali uang bukanlah masalah untuk Anda, maka perencanaan keuangan harus jadi langkah utama untuk dilakukan dalam mewujudkan rumah idaman Anda.

 

Memang rumah adalah kebutuhan primer, namun rumah yang dipenuhi dengan keinginan Anda bisa jadi adalah kemewahan yang berlebihan.

 

Buatlah batas maksimal dan realistis tentang total yang bisa Anda habiskan untuk rumah Anda, mulai dari biaya pembelian atau pembangunannya, pajak, dan pendapatan Anda setiap bulannya.

 

Pastikan Anda mampu kelola ekspektasi saat Anda merencanakan rumah idaman dan berkompromi pada setiap halangan yang ada.

 

 

Tentukan Desain Dan Lokasi Pembangunan Rumah Idaman Anda

 

Ketika Anda membangun rumah, entah itu menggunakan jasa seorang arsitek atau secara mandiri, Anda tetap perlu untuk menentukan desain arsitektur yang sesuai dengan keingan dan kebutuhan Anda.

 

Kemudian, Anda perlu mencari tempat untuk membangun rumah impian Anda. Putuskan jenis area apa yang Anda inginkan. Apakah daerah pedesaan, diperbukitan, dekat pantai atau di kota besar?

 

 

Temukan Orang-Orang Profesional Yang Tepat Dan Mengerti Tujuan Anda

 

Rumah yang tepat dimulai dari orang yang tepat. Carilah konstruktor profesional yang dapat membantu Anda membangun rumah idaman Anda. 

 

Pastikan Anda bekerja dengan orang yang memahami dengan pasti setiap detail dari kebutuhan dan hal-hal yang Anda inginkan. 

 

Anda juga perlu mengizinkan konstruktor bila ada kesulitan atau saran terhadap rumah idaman Anda karena itu bisa sangat membantu.

 

Dalam memilih jasa konstruktor, lihat kredensial dan pengalaman kerjanya. Ini perlu untuk meyakinkan Anda apakah mereka benar-benar dapat bekerja dengan baik untuk desain rumah Anda.

 

Mengenai tips cara membangun rumah idaman ini, dapat Anda lihat ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini:

5 Cara Mudah Membangun Rumah Idaman

 

 

C. Desain Inspirasi Rumah Impian

 

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan tips mewujudkan rumah idaman, berikut ini adalah 3 desain inspirasi rumah impian yang perlu Anda ketahui: 

 

 

Rumah Minimalis dengan Gazebo Outdoor

inspirasi rumah idaman

Pinterest: Amazing Architecture

 

 

inspirasi rumah idaman

Pinterest: Home Stratosphere

 

 

Rumah Bernuansa Taman dan Hijau

inspirasi rumah idaman

Pinterest: fck off

 

 

inspirasi rumah idaman

Pinterest: ArchDaily

 

 

Rumah dengan Kolam Renang

inspirasi rumah idaman

Pinterest: Backsplash.com

 

 

inspirasi rumah idaman

Pinterest: Holly Beine 

 

 

Kesimpulan

 

Itu dia beragam inspirasi rumah idaman dan hal-hal yang harus diperhatikan untuk mewujudkannya.

 

Kesimpulannya adalah bagaimanapun rumah idaman yang Anda sukai, pastikan bahwa rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan dan mampu memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

 

Lalu, jika Anda mencari material baja ringan untuk membangun rumah idaman Anda, BLKP tempatnya!

 

Hanya material baja ringan yang diproduksi oleh BLKP yang terjamin kualitasnya karena sudah berstandar SNI maupun ISO.

 

Anda masih bimbang dan ingin bertanya? Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui sosmed berikut : Hubungi Kami.

 

Ingin melihat katalog produk BLKP? Klik Disini.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..