INI DIA 5 CARA MUDAH MEMBANGUN RUMAH IDAMAN

Apakah Anda sudah ada rencana memiliki rumah sendiri ditahun 2022? Tapi, masih dilema untuk memilih antara membangun atau membeli rumah? Sebenarnya kedua pilihan tersebut sama saja, tergantung dari keputusan yang akan Anda pilih. Beberapa orang berpendapat bahwa membangun rumah dari awal jauh lebih rumit dibandingkan dengan membeli rumah langsung.

 

Padahal membangun rumah sendiri memiliki manfaat yang berbeda dari yang lain, salah satunya dapat mendesain rumahnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun, terkadang terdapat beberapa kendala yang harus dirasakan, seperti pembengkakan dana. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan waktu dan tenaga yang banyak karena faktor cuaca yang tidak menentu demi mewujudkan rumah idaman Anda.
 

Baca Juga : Membangun Rumah Aman Dengan Pondasi Tapak
 

Walaupun masalah-masalah tersebut dapat diatasi, alangkah baiknya simak beberapa cara mudah dalam membangun rumah impian sendiri dengan biaya lebih murah dan waktu lebih cepat.

 

Cara Mudah Membangun Rumah Idaman

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membangun rumah dengan cepat :

  1. Menentukan Tipe Rumah Serta Anggaran Biaya
    Ini Dia 5 Cara Mudah Membangun Rumah Idaman

Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah lakukan perencanaan terlebih dahulu, mulai dari biaya, tipe ukuran bangunan, bentuk rumah hingga target waktu pengerjaan. Hal tersebut sangat penting dan tidak boleh dilewati. Sebaiknya, sesuaikan tipe rumah yang Anda inginkan dengan budget dan kebutuhan Anda.

 

Jangan lupa untuk mencatat anggaran pembangunan rumah Anda pada tabel khusus secara jelas. Sebab anggaran yang sudah Anda buat bisa menjadi acuan dalam membangun rumah sendiri dengan mudah.

 

  1. Lakukan Survei Harga Material Bahan Bangunan
    Ini Dia 5 Cara Mudah Membangun Rumah Idaman

Tidak ada salahnya untuk melakukan survei lapangan terlebih dahulu mengenai harga material dan bahan bangunan yang akan Anda butuhkan. Anda bisa membandingkan toko bahan bangunan mana yang sesuai dengan budget. Dikarenakan biaya bahan bangunan menjadi salah satu sumber masalah bengkaknya budget Anda secara tiba-tiba.

 

Jangan lupa untuk selalu mencatat daftar perbandingan harga, tempat bahan bangunan serta material bangunannya, mulai dari semen hingga cat. Walaupun membutuhkan energi dan waktu yang besar, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dan sesuai budget!

 

  1. Pilih Bahan Bangunan Berkualitas dan Murah
    Ini Dia 5 Cara Mudah Membangun Rumah Idaman

Material yang berkualitas bukan berarti harus yang mahal harganya dan harga mahal pun belum tentu terjamin kualitasnya. Sudah banyak bahan material buatan lokal yang berkualitas hampir sama dengan produk impor, bahkan lebih bagus. 

 

Seperti baja ringan BLKP yang sudah terjamin kualitasnya melalui label SNI yang dimilikinya. Bahkan material dari kami mampu mewujudkan impian Anda untuk membangun rumah dengan cepat tanpa mengkhawatirkan budget yang membengkak.

 

  1. Mengusung Konsep Rumah Minimalis
    Ini Dia 5 Cara Mudah Membangun Rumah Idaman

Selain material bangunan yang harus Anda pertimbangkan, desain rumah juga harus Anda pertimbangkan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Dimulai dari letak tiap ruangan hingga propertinya. 

 

Desain rumah minimalis bisa menjadi salah satu solusi untuk menciptakan rumah idaman Anda. Bukan karena sedang trendi saja, melainkan desain rumah minimalis memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
 

- Tidak membutuhkan banyak ruangan, sehingga mengurangi biaya bahan bangunan.

- Ruangan multifungsi, seperti ruang dapur bisa dijadikan satu dengan ruang makan.

- Tidak memerlukan jasa arsitek untuk desain rumah minimalis, lihat dari internet sudah banyak kok yang dapat Anda tiru.

- Tidak banyak properti yang dibeli untuk mengisi setiap ruangan.

 

  1. Menggunakan Jasa Tukang Borongan
    Ini Dia 5 Cara Mudah Membangun Rumah Idaman

Sistem kerja tukang bangunan terdiri dari dua macam, ada yang borongan dan ada yang harian. Namun, jika Anda ingin menekan anggaran disarankan memilih jasa tukang borongan. Dikarenakan sistem pembayaran dilakukan secara langsung, tidak perhari sehingga Anda dapat memperkirakan berapa dana yang diperlukan untuk membangun rumah.

 

Jika Anda menggunakan jasa tukang borongan, akan ada mandor yang membantu mengawasi pekerjaan tersebut berbeda dengan tukang harian. Dan jangan lupa untuk meminta saran kepada kerabat terdekat mengenai jasa tukang borongan yang sudah berpengalaman.


 

Kesimpulan

Pasti Anda sering mendengar pepatah mengatakan, rumahku adalah istanaku. Maka, tidak heran jika setiap rumah memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan karakter sang penghuninya sehingga biaya yang akan dikeluarkan cenderung lebih kecil.

 

Demikian penjelasan mengenai cara mudah membangun rumah dengan cepat tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, maka Anda bisa mendapatkan harga yang lebih kompetitif sekaligus berkualitas baik. 


Selain melakukan perencanaan dengan matang, jangan lupa untuk memilih material bahan bangunan seperti baja ringan BLKP yang sudah terjamin kualitasnya dengan sertifikasi SNI. Selamat mencoba!



Your Message Has Been Sent..