karya arsitektur abad pertengahan.jpg

7 KARYA ARSITEKTUR ABAD PERTENGAHAN DI EROPA. SUPER MEGAH!

Seni arsitektur di abad pertengahan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Karya arsitektur abad pertengahan ini menjadi representasi persebaran agama dan politik dari Timur Tengah yang dipoles dengan nuansa klasik Eropa.

 

Abad pertengahan mengalami empat periode waktu yang masing-masing mewariskan karakteristik pada gaya arsitektur, yaitu era masa Kristen awal (313-395), era Byzantium (395-1100 M), era Romanesque (1100-1200 M), hingga era Gotic (1200-1500 M).

 

Baca Juga: Tak Kalah Megahnya, Ini 5 Karya Arsitektur Terbaik Di Indonesia 

 

 

Dari sisi fungsional, bangunan-bangunan ini dibangun untuk dijadikan sebagai benteng pertahanan dan pusat keberadaan keluarga kerajaan atau bangsawan masa itu. 

 

Berikut keajaiban karya arsitektur abad pertengahan yang masih kokoh dan megah.

 

 

St. Mark’s Square, Venice

 

karya arsitektur abad pertengahan

 

Sumber: Pexels

 

Kota yang memberikan sensasi bak negeri dongeng dengan menyuguhkan keindahan arsitektur klasik kunonya, Venesia juga memiliki alun-alun yang paling banyak dikunjungi masyarakat lokal maupun mancanegara.

 

St. Mark’s Square atau yang dikenal dengan sebutan Piazza San Marco merupakan situs bersejarah yang kini menjadi pilihan destinasi wisata Venesia. Piazza San Marco menjadi saksi sejarah pertengahan abad yang didirikan sebagai pusat perkembangan agama dan politik masa itu

 

Panorama terakota dengan pemandangan ratusan merpati yang menghiasi langit kota membuat tempat ini dijuluki dengan Beautiful at All Times.

 

 

Mont Saint-Michel, Prancis

 

karya arsitektur abad pertengahan

 

Sumber: Pexels

 

Mont Saint-Michel merupakan sebuah pulau yang menawarkan keindahan dan panorama bak hidup di negeri dongeng yang terletak di pantai Normandia.

 

Pulau peninggalan abad pertengahan ini ditetapkan menjadi situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1979. Mont Saint-Michel terbangun megah di pesisir pantai utara Perancis.

 

Jika Anda mengunjungi pulau satu ini, Anda akan terkesima dengan arsitektur kastil kuno yang berada di puncak pulau. Kastil sebagai komplek biara tersebut dihuni oleh biarawan dan biarawati.

 

Bangunan bersejarah ini pada masanya menjadi benteng pertahanan Perang Seratus Tahun ketika Perancis melawan Inggris. Kini keberadaanya semakin mendapatkan atensi sebagai tempat wisata.

 

 

Katedral Notre-Dame, Prancis

 

Karya Arsitektur Abad Pertengahan

 

Sumber: Pexels

 

Katedral Notre-Dame menjadi keajaiban mahakarya dari masa abad pertengahan di Prancis. Keberadaannya seakan merepresentasikan Perancis dan sangat bermakna bagi masyarakat Perancis.

 

Arsitektur Katedral Notre-Dame dibangun dengan gaya arsitektur Gotik pada tahun 1345 selama hampir 200 tahun proses pembangunan.

 

Sisi arsitektur yang menarik dari katedral ini adalah kerangka atapnya yang dirangkai dengan balok kayu-kayu tua yang dipotong pada abad ke-12. Bagian ini dijuluki dengan ‘hutan’, karena setiap baloknya didapatkan dari satu pohon yang membutuhkan 52 hektar.

 

Dua menara menjulang yang menjadi ikon dari katedral ini juga semakin menjadi jawaban dari betapa menawannya karya arsitektur pertengahan abad di Eropa saat itu.

 

 

Westminster Abbey, Inggris

 

Karya Arsitektur Abad Pertengahan

 

Sumber: Pexels

 

Gereja tua yang didirikan pada abad ke-10 ini menjadi bukti peninggalan karya arsitektur abad pertengahan di Eropa berikutnya. Westminster Abbey merupakan sebuah bangunan dengan arsitektur Gotik, di mana menjadi masa akhir pada abad pertengahan.

 

Arsitektur Gotik memiliki karakteristik desain seperti menara runcing, rose window, flying buttress, vault, pointed arch, serta ornamen patung. Westminster Abbey menghadirkan kesan estetik dengan arsitektur Gotik megah Kapel Henry VII.

 

Westminster Abbey menjadi gereja yang digunakan dalam penobatan raja-raja Inggris sejak 1066 serta tempat persemayaman raja-raja.

 

Selain itu, terhitung sebanyak 17 pernikahan keluarga kerajaan digelar di Westminster Abbey, termasuk pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 29 April 2011.

  

 

The Prague Astrological Clock, Ceko

 

Karya Arsitektur Abad Pertengahan

 

Sumber: Pexels

 

The Prague Astrological Clock atau yang dikenal sebagai jam astronomi Praha merupakan jam raksasa tertua, peninggalan sejarah yang dibuat pada tahun 1410. Jam raksasa ini terpampang megah di bagian selatan bangunan Old Town Hall.

 

Jam yang dibuat oleh Mikulas z Kadane dan Jan Sidel, ini terdiri atas 3 bagian diantaranya, jam astronomi, kalender, dan patung suci. Penambahan ornamen-ornamen di waktu yang berbeda menambah estetika klasik.

 

 

Sainte-Chapelle, Perancis

 

Karya Arsitektur Abad Pertengahan

 

Sumber: Google Photos

 

Selain Katedral Notre-Dame, kota romantis Paris juga menyimpan keajaiban arsitektur dari abad pertengahan, yaitu sebuah bangunan indah kapel bernama Sainte-Chapelle.

 

Anda akan dibuat takjub dengan nuansa megah langit kapel begitu masuk ke dalamnya. Ornamen kaca patri yang menawan membingkai dinding kapel, seakan mengantarkan nuansa pada kisah-kisah agama Katolik di masa itu.

 

Dikelilingi aliran sungai Seine yang asri, Sainte-Chapelle dibangun dengan gaya arsitektur era Gotik. Sejarahnya, Sainte-Chapelle digunakan sebagai tempat penyimpanan peninggalan suci kristus, hingga Raja Louis XI mendakwa bangunan tersebut sebagai tempat penjagaan mahkota kristus.

 

 

Kota Brugge, Belgia

 

Karya Arsitektur Abad Pertengahan

 

Sumber: Pixabay

 

Kota Brugge menjadi kota yang banyak dipilih sebagai tujuan destinasi wisata di Belgia. Bagaimana tidak? Setiap sudut kota menawarkan panorama arsitektur yang menakjubkan.

 

Kota Brugge menjadi saksi bersejarah karena merupakan pusat perdagangan utama Eropa pada abad pertengahan. Bergaya arsitektur Gotik, menara 47 lonceng dan 366 anak tangga warisan abad ke-13, menambah artistik kota.

 

 

Kesimpulan

 

Keberadaan bangunan-bangunan di atas sebagai peninggalan karya arsitektur abad pertengahan dapat menjadi inspirasi Anda untuk membuat bangunan dengan karakteristik abad pertengahan.

 

Meskipun sudah beribu-ribu tahun lamanya, namun desain arsitekturnya semakin mewariskan kesan artistik yang megah dan elegan. 

 

Tentunya Anda bisa membuat konsep desain arsitektur abad pertengahan dengan bantuan material konstruksi baja ringan yang bisa melengkapi kualitas bangunan Anda.

 

Sebagai produsen baja ringan berskala Nasional, BLKP selalu hadir dengan pilihan produk baja ringan berkualitas yang sudah berstandar SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta sudah tersertifikasi TKDN 22 - 34981.  



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..