SAMBUT IMLEK DENGAN 9 DEKORASI YANG MEMBUAT RUMAH MENARIK

Sambut imlek di rumah dengan semangat penuh keberuntungan melalui dekorasi yang menarik dan bermakna. Dalam artikel ini, BLKP akan membahas sembilan ide dekorasi Imlek yang gampang dipahami dan pastinya bikin rumah makin meriah. Mulai dari bunga yang simbolis, hingga chunlian penuh doa, temukan cara simpel untuk bikin suasana Imlek di rumah jadi lebih istimewa. Yuk, simak dan siapkan dekorasi Imlek yang ceria!

 

Hadirkan Konsep Merah dan Emas

Dekorasi Imlek Di Rumah

Sumber: Pinterest

 

Dua ciri khas dalam setiap perayaan Imlek adalah warna merah dan warna emas. Selain melambangkan kekuatan, kesejahteraan, serta membawa hoki. Warna merah dan warna emas juga dipercaya dapat mengusir nian atau sejenis makhluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung yang keluar saat musim semi atau saat imlek. Nian dipercaya datang untuk mengganggu manusia, terutama anak kecil. Itulah kenapa masyarakat Tionghoa menghias rumah, menggunakan pakaian, serta aksesoris berwarna merah saat Imlek.

 

Imlek sangat dekat dengan nuansa warna merah dan emas. Anda dapat menonjolkan warna merah untuk beberapa furnitur dan hiasan imlek yang dipasang. Selain perabotan, bisa juga meletakkan bunga warna merah, atau warna cerah seperti peach atau plum blossom


 

Gantungkan Lampion 

Dekorasi Imlek Di Rumah

Sumber: Paper Lantern Store

 

Lampion, yang berasal dari bahasa Mandarin 'denglong' dengan arti "menerangi", diwarnai dengan merah untuk melambangkan kemakmuran, kesatuan, dan rezeki. Masyarakat Tionghoa meyakini bahwa lampion bukan hanya memberikan cahaya, tetapi juga membuka jalan dan menerangi rezeki bagi penggunanya.

 

Lampion sering dianggap sebagai penangkal kekuatan jahat yang diwujudkan dalam raksasa bernama Nian. Pemasangan lampion di setiap rumah diyakini mampu melindungi penghuninya dari ancaman kejahatan.

 

Lampion menjadi salah satu ornamen yang tak terpisahkan dari perayaan Imlek. Cahaya terang yang dipancarkan oleh lampion membawa makna harapan dan keberuntungan di masa yang akan datang. Anda dapat menggunakan lampion sebagai dekorasi menarik dengan menggantungkannya di dekat ruang tamu atau ruang keluarga, atau bahkan sebagai hiasan yang mempercantik eksterior ruangan Anda.

 

 

Pohon Mei Hua

pohon mei hua dekorasi imlek

 

Sumber: Google

 

Mei hua berasal dari bahasa cina, terdiri dari kata 'mei' yang berarti cantik dan 'hua yang berarti pohon, sehingga dapat diartikan sebagai pohon yang cantik. Pohon Mei Hua memiliki makna sebagai harapan, kebahagiaan, dan kesejahteraan. Hal ini menggambarkan penyambutan harapan, kebahagiaan, dan kesajetaraan di tahun baru ini.

 

Biasanya Mei Hua dihiasi dengan angpao yang didominasi warna merah dan emas, dan diletakan di ruang tamu. Sebagain besar Mei Hua dijadikan dekorasi adalah pohon tiruan yang bisa dipakai lagi di tahun depan. Lebih lanjut, dekorasi Pohon Mei Hua juga tersedia dalam moden lampion bunga. Harga dekorasi untuk Pohon Mei Hua berkisar antara Rp 1 Juta hingga RP 5 Juta.  

 

Pohon Angpao

Dekorasi Imlek Di Rumah

Sumber: Homedy

 

Setiap Imlek, keturunan Tionghoa meletakkan pohon angpao di berbagai sudut ruangan sebagai bagian dari perayaan Tahun Baru Imlek. Pohon ini tidak hanya menambah keseruan perayaan, tetapi juga memiliki makna mendalam bagi keluarga keturunan Tionghoa yang sudah menikah untuk memberikan rezeki kepada anak-anak dan orang tua mereka.

 

Dalam keyakinan Tionghoa, uang yang ada di dalam angpao yang akan dibagikan sebaiknya tidak mengandung angka empat, karena dianggap membawa sial. Angka empat dalam bahasa Tionghoa terdengar seperti kata 'mati'. Jumlah uang yang diberikan juga sebaiknya bukan jumlah ganjil, karena terkait dengan upacara pemakaman. Pembagian angpao juga diyakini dapat meningkatkan kelancaran rezeki di masa mendatang. Makna dari tradisi ini terkait dengan transfer energi dan kesejahteraan, yang juga diyakini dapat meningkatkan kelancaran rezeki di masa mendatang.

 

Umumnya, pohon angpao menjadi bagian dari dekorasi rumah selama 14 hari perayaan Imlek. Selain itu, angpao biasanya diberikan oleh mereka yang sudah menikah atau orang yang lebih tua, termasuk para tetua yang kerap membagikan bingkisan merah selama Tahun Baru Imlek.

 

Baca Juga: Ingin Menciptakan Focal Point Di Rumah? Wajib Lakukan Ini!

 

Indah dengan Bunga dan Tanaman 

Dekorasi Imlek Di Rumah

Sumber: youtube/@amazingcraftideas9499

 

Dalam perayaan Imlek, bunga menjadi lambang harapan untuk tahun baru yang dipenuhi keberuntungan. Ciptakan suasana cerah di dalam rumah Anda dengan mendekorasi ruang dengan berbagai jenis tanaman dan bunga Imlek. Pilihan dekorasi meliputi bunga anggrek, peony, dan persik, serta pohon jeruk mini atau bambu.

 

Dengan menempatkan hiasan-hiasan ini, Anda dapat menghadirkan nuansa khas Imlek yang tidak hanya memperindah interior rumah, tetapi juga memberikan sentuhan positif dan harapan yang ceria untuk tahun yang akan datang. Jangan lewatkan momen berharga ini untuk menciptakan dekorasi yang penuh makna dan menginspirasi!

 

 

Jangan Lupa Barang Antik

Dekorasi Imlek Di Rumah

Sumber: The Cut

 

Untuk menambahkan sentuhan khas budaya Tiongkok dalam dekorasi Imlek Anda, jangan lupakan kehadiran barang antik yang memikat. Padukan nuansa klasik dengan hiasan peralatan makan, gelas, piring, dan mangkok antik. Tidak hanya itu, pilihlah patung atau guci antik yang memiliki keunikan tersendiri untuk menciptakan atmosfer yang lebih istimewa.

 

Dengan menghadirkan barang-barang antik ini, Anda dapat merasakan kehangatan tradisional dan keindahan seni Tiongkok yang timeless. Setiap barang antik akan menjadi cerminan kejayaan masa lalu dan memberikan sentuhan eksklusif pada perayaan Imlek Anda.

 

 

Chinese Knot 

chinese knot dekorasi imlek

Sumber: Google

 

Anda yang belum tahu, Chinese knot merupakan hiasan gantung ala China yang punya makna kebebasan dan kebahagiaan yang  diharapkan setiap anggota keluarga akan menjalani satu tahun dengan penuh sukacita dan masa depan yang lebih baik. Sehingga ketika pajangan ini berada di dalam rumah sekaligus menjadi doa dan harapan bagi mereka.

 

Chinese knot biasanya selalu ada di dinding, pintu, bahkan bagian plafon rumah, namun seiring dengan berjalannya waktu chinese knot ini juga ditata menarik pada tempat dari kayu maupun langsung ditempelkan di dinding biar lebih rapi sekaligus menjadi dekorasi rumah selama Imlek. 

 

 

Chunlian dan Dekorasi Dinding Lainnya

Dekorasi Imlek Di Rumah

Sumber: Ebay

 

Chunlian adalah dua kertas merah panjang yang dihiasi dengan tulisan kaligrafi Mandarin. Tidak hanya sekadar dekorasi, Chunlian membawa doa-doa dan harapan baik untuk tahun baru. Setiap tulisan memiliki makna khusus yang ingin dicapai di tahun yang baru.

 

Selain Chunlian, Anda juga dapat menghias dinding dengan kertas bertemakan tumbuhan atau hewan yang mewakili shio tahun tersebut. Misalnya, jika tahun ini adalah tahun naga kayu, gambar naga kayu akan menghiasi dekorasi dinding tersebut.

 

Dengan menyematkan Chunlian dan dekorasi dinding Imlek, Anda tidak hanya membuat ruangan tampak indah, tetapi juga merayakan tradisi Tiongkok dengan simbolisme yang kaya. Mari rayakan keberuntungan dan semangat baru dengan hiasan dinding yang penuh makna ini!


 

Sajian Khas Imlek 

sajian khas imlek dekorasi

Sumber: Google

 

Sajian khas Imlek tidak hanya meriah secara visual, tetapi juga penuh makna simbolis. Kumquat atau gam gat sue menjadi buah wajib yang tidak hanya dipajang sebagai dekorasi, tetapi juga melambangkan kesuksesan dan kemakmuran. Buah jeruk dan delima juga seringkali menjadi bagian tak terpisahkan dari meja makan selama perayaan Imlek. Kedua buah ini melambangkan keberuntungan, kekayaan, dan kelimpahan.

 

Dengan menyajikan buah-buahan khas Imlek, Anda tidak hanya memperkaya hidangan, tetapi juga merayakan tradisi dengan simbolisme yang kaya. Mari nikmati kelezatan dan keberkahan dalam setiap sajian Imlek!


 

Baca juga: Meriahkan Natal dengan Tips Dekorasi Natal Outdoor yang Mengesankan

 

Kesimpulan 

Dekorasi Imlek di rumah tak hanya berfungsi untuk memperindah bagian dalam rumah tetapi juga penuh simbolisme. Mulai dari dekorasi warna merah dan emas mengusir nian sampai tradisi menyajikan sajian khas Imlek dengan kumquat, jeruk, dan delima melambangkan keberuntungan, kekayaan, dan kelimpahan. 

 

Semoga informasi di atas berguna dan informatif untuk Anda. Sempurnakan keindahan rumah dengan struktur bangunan aman dan nyaman. Gunakan material baja ringan dari BLKP yang sudah berstandar SNI, lolos uji lab dari berbagai lembaga sertifikasi yang kredibel, serta sudah tersertifikasi TKDN 22 - 34981. Tertarik dengan produk BLKP? Segera klik Hubungi Kami.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..