APA ITU GAYA MOMEN DALAM DUNIA KONSTRUKSI? BERIKUT PENJELASANNYA

Dalam dunia konstruksi, sebuah struktur yang dibangun dengan dimensi tertentu harus memiliki kemampuan untuk menanggung gaya-gaya yang bekerja padanya agar tetap kokoh dan tidak mengalami kerusakan. 

 

Kestabilan struktur terjadi ketika gaya-gaya yang bekerja pada arah vertikal dan horizontal saling mengimbangi, serta momen-momen yang berpengaruh pada setiap titiknya sama dengan nol. 

 

Dalam menganalisis struktur, terdapat dua metode penyelesaian yang umum digunakan: metode statis tertentu dan metode statis tak tentu. 

 

Pada metode statis tertentu, prinsip keseimbangan gaya dalam arah vertikal dan horizontal serta momen pada titik-titik tumpuan sangatlah penting.

 

Dalam teknik sipil, bangunan umumnya terbuat dari struktur baja, beton, dan lainnya. Dalam proses pembuatan struktur yang digunakan tersebut, wajib diketahui ukuran atau dimensi dari tiap-tiap elemen strukturnya. Disinilah pentingnya kita tahu gaya dalam.

 

Gaya-gaya dalam adalah gaya yang bekerja dalam suatu konstruksi bangunan karena adanya beban-beban yang terdapat pada struktur bangunan berupa momen, gaya lintang dan gaya normal.

 

Pengetahuan tentang gaya dalam menjadi krusial dalam proses ini, karena gaya-gaya tersebut merupakan hasil dari beban-beban yang diterapkan pada struktur, termasuk gaya momen momen, gaya lintang, dan gaya normal. 

 

Oleh karena itu, pada kesempatan ini, akan dibahas secara lebih mendalam tentang konsep gaya momen.


Baca juga: Base Plate Baja, Si Kecil Elemen Penting Struktur Bangunan

 

Apa Itu Gaya Momen?

Momen dapat terjadi karena adanya gaya-gaya yang bekerja pada suatu balok, menyebabkan balok tersebut melentur.

 

Gaya momen adalah gaya dalam yang menahan lentur sumbu batang, yang biasa dikenal dengan gaya lentur. 

 

Daerah momen adalah daerah yang mengalami tekanan, sehingga jika terjadi deformasi, daerah ini menjadi paling rentan terkena retakan.

 

Oleh karena itu, saat merancang bangunan, untuk daerah momen positif dan negatif harus ditambahkan tulangan. 

 

Hal ini bertujuan agar saat terjadi tarikan, beban langsung dapat ditahan oleh tulangan sehingga bangunan tidak runtuh atau hancur begitu saja.

 

Ciri dari balok yang melentur antara lain bagian serat bagian terluar mengalami tarikan dan serat bagian dalam mengalami perpendekan (tekanan). 

 

Jika kemampuan balok melebihi daya tahannya, serat terluar akan retak, bahkan balok dapat patah.

 

Pada beton bertulang, dimana bahan yang digunakan adalah beton dan besi tulangan, beton hanya kuat menahan gesekan atau gaya tekan.

 

Momen terjadi apabila sebuah gaya bekerja mempunyai jarak tertentu dari titik yang akan menahan momen tersebut dan besarnya momen tersebut adalah besaran yang dikalikan dengan jaraknya.

 

Tanda Gaya Momen dalam Konstruksi Bangunan

Untuk membedakan momen dengan arah yang berbeda, diperlukan penandaan pada momen tersebut.

 

Apabila momen mampu membengkokkan sebuah balok sehingga serat bagian atas tertekan dan serat bagian bawah tertarik, maka momen ditandai sebagai positif (+).

 

Sebaliknya, jika momen menyebabkan serat bagian atas tertarik dan serat bagian bawah tertekan, maka momen ditandai sebagai negatif (-).

 

 

Contoh Gaya Momen dari Struktur yang Diberikan Beban

 

Dibawah ini contoh gaya momen dari struktur yang diberikan beban:

gaya momen

Sumber: Google

 

Untuk menggambarkan diagram gaya momen suatu elemen struktur, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperoleh semua reaksi luar yang berpengaruh terhadap elemen tersebut.

 

Dalam konteks keseimbangan sistem gaya-gaya sejajar yang berada pada satu bidang, konsep ini dikenal sebagai struktur statis tertentu.

 

Penasaran bagaimana gaya momen dalam rangka kuda-kuda baja ringan, seperti apa?

 

Berikut BLKP berikan contoh bagian mana yang terdapat gaya momen terbesar dari rangka kuda-kuda baja ringan:

momen gaya

Sumber: BLKP

 

Berikut hasil analisa struktur SAP 2000 yang dapat kita lihat momen terbesar terjadi di angka 1 dan 6, dimana itu terletak mendekati dengan tumpuan.


momen-gaya

Sumber: BLKP

 

Baca juga: Pentingnya Kuda-Kuda Baja Ringan Sebagai Konstruksi Atap


 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, pengetahuan tentang gaya momen tidak hanya relevan dalam analisis struktur secara teknis, tetapi juga penting dalam merancang struktur yang kokoh dan aman.

 

Itulah seputar gaya momen dan peran pentingnya dalam struktur bangunan. Semoga artikel di atas bermanfaat dan berguna ya! 

 

Untuk bangunan kokoh dan terbaik, jangan lupa selalu gunakan produk terbaik seperti baja ringan dari BLKP yang terjamin secara mutu dan kualitas. Anda bisa menggunakan baja ringan BLKP untuk tulangan konstruksi bangunan Anda.

 

BLKP menyediakan berbagai produk baja ringan yang bermutu tinggi dengan standarisasi SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan dari berbagai lembaga bersertifikat serta tersertifikasi TKDN 22 - 34981.  

 

Tertarik untuk membeli baja ringan? Silahkan hubungi Tim BLKP



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..