APA ITU HOT ROLLED COIL? BERIKUT PENJELASAN LENGKAPNYA

Tak banyak yang tahu jika Hot rolled coil sangat berbeda dengan Cold rolled steel. Kali ini, kita akan membahas apa sebenarnya Hot rolled coil atau Baja canai panas.

 

Simak terus ya!

 

 

Apa Itu Hot Rolled Coil?

 

apa itu hot rolled coil

 

Hot rolled Coil atau sering disebut baja hitam merupakan plat atau produk baja yang diproduksi dari proses hot rolling.

 

Hot rolled coil atau Baja canai panas memiliki karakteristik lebih berat dan bertekstur kasar karena diproses dengan pengerolan dalam suhu tinggi. 

 

 

Proses Pengolahan Hot Rolled Coil

 

apa itu hot rolled coil

 

HRC menjadi jenis baja gulungan yang digiling dalam suhu yang sangat tinggi. Biasanya mencapai suhu di atas 926 ° C atau 1700 ° F, yang berada di atas suhu kristalisasi ulang. Proses penggulungan panas ini memungkinkan baja mudah dibentuk dan material lebih mudah diatur.

 

Dalam memproses hrc, pabrik memulai dengan logam besar persegi panjang, atau billet. Billet ini akan dipanaskan dan masuk dalam pra-pemrosesan, yakni diratakan dan dibentuk jadi gulungan besar. 

 

Baca Juga: Pilih Baja Galvanize Sebagai Solusi Konstruksi

 

 

Setelah itu, material akan masuk dalam penyimpanan dengan suhu tinggi dan dipres melalui serangkaian rol hingga ukuran dimensi akhir. Baja panas ini akan masuk dalam roller dengan kecepatan tinggi. Dalam bentuk lembaran logam, baja digulung dipintal dan dibiarkan hingga dingin. 

 

Setelah dingin, baja akan menyusut. Karenanya, kontrol atas bentuk pada akhirnya tidak banyak, sehingga kurang pas untuk aplikasi presisi. HRC cocok digunakan untuk konstruksi bangunan, jembatan, hingga rel kereta api, dan keperluan otomotif.

 

 

Mengenal Karakteristik HRC

 

Seperti yang disinggung diawal, permukaan baja jenis ini bersisik karena melalui proses suhu tinggi dan pendinginan dalam suhu ekstrem.

 

Bagian tepi dan sudutnya agak bulat karena penyusutan dan penyelesaian. Selain itu, walau kuat dan tahan lama, baja canai panas cukup mudah terkena korosi. 

 

 

Kelebihan Hot Rolled Coil

 

apa itu hot rolled coil

 

Hot rolled coil dibentuk dalam pemrosesan yang lebih sederhana dari cold rolled coil. Harganya jadi lebih terjangkau. Dengan proses pendinginan, HRC juga tidak memiliki tekanan internal yang dapat terjadi pada proses pendinginan atau pengerasan kerja.

 

HRC begitu ideal karena toleransi dimensi dan penampakan permukaan akhir tidak menjadi perhatian utama. Akan tetapi, permukaan akhir dapat diperhalus dengan cara penggilingan untuk menghilangkan kerak, peledakan pasir, atau pengawetan dengan cairan asam. 

 

HRC juga tidak memakan biaya proses produksi yang besar, relatif terjangkau. Untuk sifat fisik lebih baik dan dapat dilapisi dengan galvanis. Pas untuk proyek yang tidak begitu memperlihatkan estetika penampilan permukaan dan kekuatan pada material.

 

 

Kesimpulan 

 

Hot rolled coil tidak hanya menjadi bagian baja ringan yang digunakan dalam bangunan. Anda perlu memahami penggunaannya dengan tepat agar tidak mengalami kerugian atau salah pemasangan. 

 

Semoga artikel diatas dapat memberikan insight tambahan seputar jenis baja ringan. 

 

Dapatkan juga struktur bangunan terbaik dengan penggunaan material konstruksi terbaik seperti baja ringan yang di produksi oleh BLKP. 

 

BLKP sebagai produsen baja ringan berskala Nasional, berupaya untuk menghadirkan produk baja ringan yang bermutu tinggi dengan standarisasi SNI dan juga sertifikasi ISO 9001-2015.

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Silahkan Hubungi Kami.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..