PT. BUMI LANCANG KUNING PUSAKA

APA YANG DIMAKSUD DENGAN FLOORDECK ?

21 MAR 2017

Banyak orang masih berpikir untuk mengecor lantai atas bangunan dengan cara konvensional. Cara ini banyak dipergunakan karena dianggap paling mudah, cepat, dan efisien. Padahal sebetulnya ada pilihan proses pengecoran lain yang lebih jitu. Salah satunya adalah mengecor dengan bantuan pelat lantai cor metal (floor deck).

Floor deck merupakan plat baja Galvanized pengganti papan bekisting yang dipergunakan sebagai lapisan paling dasar pada pengecoran dak beton. Pelat yang memiliki tebal 0,75mm ini terbuat dari baja High Tensile G550. Permukaannya berprofil gelombang menyerupai huruf W. Profil ini berfungsi untuk memperkuat daya lekat beton ke plat terhadap gaya geser dan konstruksi dak nantinya. Selain itu juga memperkecil kemungkinan retak pada hasil pengecoran. Steel floor deck bisa menghemat penggunaan perancah atau tiang-tiang penyangga saat proses pengedakan.

Hal lain yang bisa dihemat dari penggunaan steel floor deck ini adalah volume adukan cor semen. Steel floor deck memiliki permukaan bergelombang. Jika dilihat dari samping, bentuk gelombang mirip huruf W. Adanya gelombang ini, selain berfungsi sebagai penguatan, juga dapat mengurangi volume adukan cor semen.

Dengan campuran cor semen yang tepat, tiang-tiang perancah itu dapat dilepas lebih cepat, sehingga proses pembangunan pun menjadi lebih cepat. Dikarenakan berbahan dasar pelat baja, floor deck ini mempunyai sifat tahan api, tidak seperti triplek yang sangat mudah terbakar.

Your Message Has Been Sent..