ATASI DINDING RUMAH LEMBAP DENGAN 5 TIPS INI!

Pasti Anda akan merasa kesal jika diketahui dinding rumahnya lembap dan berjamur, bukan? Selain membuat suasana rumah menjadi terganggu, dinding rumah yang lembap juga bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi sang penghuninya. Penyebab utama dinding berjamur disebabkan oleh lingkungan yang lembap, seperti rembesan air dari kebocoran genteng, ventilasi yang tidak bagus dan masih banyak lagi.
 

BACA JUGA : 60 MENIT MENGATASI DINDING LEMBAB DAN BERJAMUR

 

Bahaya Dinding Berjamur dan Lembab

Apabila dinding rumah Anda sudah terlihat lembap bahkan mulai berjamur, namun masih tetap dibiarkan saja. Hal tsb tidak patut untuk ditiru, karena dinding yang sudah lembap dan berjamur justru berbahaya dan meningkatkan risiko penyakit bagi keluarga. Diantaranya: 

 

- Gejala Alergi: apakah Anda atau keluarga Anda mengalami rasa gatal – gatal dan bersih tanpa sebab ketika di dalam rumah? Jika iya, bisa jadi itu merupakan salah satu gejala alergi yang ditimbulkan dari jamur dinding rumah Anda yang lembap.

- Sulit Untuk Bernafas: jamur yang menempel pada dinding rumah Anda, bisa menghasilkan racun dan membuat iritasi terhadap hidung, paru – paru  serta tenggorokan.

- Sinusitis: penyakit peradangan pada rongga sinus bisa dipicu dari jamur, virus dan lainnya sama seperti dengan alergi. Namun, penyakit sinusitis bisa saja bertambah parah apabila dinding rumah Anda sudah mulai berjamur.

- Bakteri Escherichia Coli: salah satu bakteri berbahaya yang disebabkan oleh timbulnya jamur pada dinding lembap yaitu bakteri E.Coli yang bisa menyebabkan timbul berbagai penyakit, seperti diare, pheumonia dll.

- Bakteri Staphylococcus Aureus: bakteri ini juga berbahaya apabila sudah menyerang berbagai organ tubuh, seperti persendian, kulit dan juga saluran pencernaan.

 

Cara Mengatasi Dinding Lembap dan Berjamur

Jika dinding Anda sudah mulai lembap atau timbul jamur, maka harus segera ditangani agar tidak menyebabkan masalah besar dan mengganggu kesehatan sang peghuni. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengatasi dinding lembap dan berjamur:
 

  1. Lakukan Pengecekan Terhadap Pipa Air dan Sirkulasi Udara
    Atasi Dinding Rumah Lembap Dengan 5 Tips Ini!

Pipa air yang bocor dalam rumah Anda, bisa jadi penyebab utama dinding lembap dan berjamur. Jika sudah seperti itu, segera ganti pipa Anda yang bocor agar air tidak rembes ke dinding rumah lagi. 

 

  1. Membersihkan Jamur Menggunakan Air Cuka
    Atasi Dinding Rumah Lembap Dengan 5 Tips Ini!

Jika Anda ingin membersihkan jamur pada dinding yang lembap, sebaiknya gunakan air cuka supaya jamur yang tumbuh tidak semakin banyak. Campurkan air dengan cairan cuka, kemudian semprotkan pada dinding yang berjamur. Lalu, sikat jamur hingga terangkat sampai akarnya.

 

Namun, hal di atas dapat dilakukan saat jamur belum terlalu banyak. Apabila jamur sudah menyebar, Anda bisa menggunakan cairan anti jamur.

                                                                                                                                        

  1. Gosok Menggunakan Amplas
    Atasi Dinding Rumah Lembap Dengan 5 Tips Ini!

Untuk menggosok dinding yang sudah lembap dan berjamur, Anda bisa menggunakan amplas untuk menggosoknya. Dengan menggosok menggunakan amplas, akan membuat dinding rumah Anda menjadi berpori. Oleh sebab itu, uap air yang ada pada dinding akan keluar serta aroma lembapnya pun juga akan hilang.

 

  1. Olesi Dinding Menggunakan Kaporit
    Atasi Dinding Rumah Lembap Dengan 5 Tips Ini!

Setelah dinding digosok menggunakan amplas, kemudian olesi permukaan dinding dengan kaporit. Zat kimia yang terdapat dalam kaporit efektif membasmi jamur dan mencegah jamur datang kembali. Sebelum permukaan dinding diolesi dengan kaporit, sebaiknya gunakan sarung tahan berbahan karet agar jari dan tangan Anda tetap terlindungi.

 

  1. Gunakan Cat Pelapis Anti Bocor
    Atasi Dinding Rumah Lembap Dengan 5 Tips Ini!

Tips terakhir untuk mencegah dinding lembap yaitu dengan menggunakan cat pelapis anti bocor. Anda bisa meminta rekomendasi dari kerabat terdekat mengenai cat yang cocok sesuai dengan lingkungan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, campurkan cat pelapis anti bocor dengan cat dinding dengan perbandingan 1:1. Olesi cat pelapis anti bocor pada dinding yang sudah dipenuhi jamur menggunakan kuas lebih kecil dan halus. Kemudian, campur menggunakan cat secara merata. Jangan lupa untuk mengecek seluruh permukaan, terutama yang tidak rata. 

 

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi dinding rumah lembap dan jamur agar rumah kembali nyaman ditinggali dan tidak mengganggu kesehatan sang penghuni. Semoga cara tsb sangat bermanfaat ya!

 

Jangan lupa kunjungi BLKP.co.id untuk mengetahui informasi menarik lainnya seputar baja ringan. Cari baja ringan impian Anda lewat BLKP!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..