MANA YANG LEBIH UNGGUL, BAJA RINGAN VS BETON?

Hi Sobat BLKP,

Dalam berbagai keperluan konstruksi pembangunan, sangat wajib untuk menggunakan rangka yang kuat dan kokoh. Ada dua pilihan konstruksi yang bisa Anda gunakan yaitu baja ringan dan beton. Keduanya sama-sama memiliki daya tahan yang sangat baik. Umumnya, baja ringan dan beton ini sering dimanfaatkan oleh sebuah konstruksi bangunan atau rumah bergaya modern.

 

Dari kedua pilihan tersebut, masing - masing memiliki keunggulan yang sebaiknya Anda pertimbangkan dengan sebaik-baiknya. Lalu, mana yang paling direkomendasikan?

 

Baja ringan merupakan kombinasi antara logam maupun besi, dimana logam dan besi ini disebut sebagai bagian utama dan juga disebut sebagai unsur dasar. Selain itu, baja ringan juga terdiri dari elemen - elemen tambahan lainnya seperti: mangan, karbon, sulfur, fosfor, oksigen, silikon, nitrogen, dan alumunium dengan struktur tertentu.

 

Baca Juga : Cara Membedakan Besi dan Baja

 

Sedangkan beton terbuat dari kombinasi antara pasir, krikil, batu pecah, semen dan air sehingga didapatkan kepaduan yang sangat kuat seperti batu. Dengan kombinasi tersebut menghasilkan bentuk yang hampir mirip dengan batu. Dimana beton ini memiliki karakter yang kuat sesuai dengan beratnya.

 

Perbedaan Baja Ringan Vs Beton

Antara baja ringan dan beton memiliki kemampuan yang sama-sama baik dalam keperluan konstruksi, hanya saja pemilihannya memang perlu di evaluasi kembali karena mungkin saja tidak cocok untuk bagian tertentu. Untuk memastikannya lagi, berikut ini adalah perbedaan antara baja ringan vs beton yang wajib Anda ketahui.

 

Dari Segi Harga Yang Ditawarkan

baja ringan vs beton

Konstruksi yang menggunakan baja ringan, proses pengerjaannya jauh lebih singkat dan cepat. Hal ini dikarenakan dalam proses pemasangannya, baja ringan sangat mudah dipasang sehingga dana yang dikeluarkan untuk membayar pekerja pun tidak terlalu besar. Itulah kenapa banyak orang yang mulai menggunakan baja ringan, selain karena harganya yang relatif lebih ekonomis, juga dapat menghemat biaya.

 

baja ringan vs beton

 

Sedangkan material beton, proses pengerjaannya relatif lebih lama sehingga akan banyak mengeluarkan biaya untuk setiap pekerja. Selain itu, harga material beton lebih mahal dibandingkan dengan harga baja ringan.

 

 

Dari Segi Elastisitas

Antara beton dan baja ringan, material beton lebih mudah dibentuk sehingga banyak konstruksi bangunan yang menggunakan material beton dapat memberikan nilai artistik yang mengagumkan. Meskipun baja ringan sulit untuk dibentuk, namun baja ringan memiliki daya tahan yang sangat kuat dan proses penyelesaian konstruksi bangunan lebih kokoh jika dibandingkan dengan beton.

 

Selain itu, dengan rangka baja ringan yang kuat dan kokoh, tidak heran banyak bangunan menara pencakar langit, jembatan dan bangunan besar lainnya lebih memilih menggunakan baja ringan dibandingkan dengan beton karena baja ringan dapat memberikan nilai yang seni yang fantastik.

 

Dari Segi Durabilitas

Durabilitas atau daya tahan baja ringan yaitu mencapai 370 Mpa lebih besar jika dibandingkan dengan material beton yang hanya mencapai 100 Mpa.

 

Dengan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa baja ringan tentunya lebih unggul dan lebih kokoh 3x lipat jika dibandingkan dengan beton. Sehingga banyak konstruksi besar-besaran yang menggunakan baja ringan karena durabilitasnya tidak diragukan lagi.

 

Dari Segi Waktu Pengerjaan

baja ringan vs beton

 

Seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya, bahwa konstruksi menggunakan beton akan memakan waktu yang lebih lama jika dibandingan dengan menggunakan baja ringan. Namun setelah adanya beton precast, proses pemasangan beton menjadi lebih cepat selesai.

 

Dengan adanya pembaruan pada material beton, baja ringan juga tidak mau ketinggalan. Baja ringan menyematkan sistem fabric off site yang membuat proses pemasangan dan mutu baja dapat terkendali dengan baik. Tidak hanya itu saja, waktu pembangunan juga bisa dikurangi sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan bisa lebih kecil sehingga penggunaan baja ringan lebih hemat dibandingkan dengan beton.

 

Dari Segi Berat Material

baja ringan vs beton

 

Dari segi berat material, baja ringan lebih berat yang mencapai 7.850 kg/m3 sedangkan berat beton hanya 2.400 kg/m3. Namun jika diteliti lebih lanjut, berat keduanya hampir tidak jauh beda, yang membedakan hanyalah volume dari ukuran tersebut.

 

 

Dari Segi Keamanan

Karena material beton strukturnya kuat dan tahan terhadap panas, tentunya beton lebih aman dari bahaya api maupun benturan. Dengan rancangan yang matang, maka konstruksi yang menggunakan beton akan memberikan keamanan yang lebih maksimal ketika terjadinya bencana gempa. Namun balik lagi, kalau rancangannya kurang matang, maka akan mengakibatkan beton lebih mudah runtuh jika terjadinya bencana gempa.

 

Jika dibandingkan dengan baja ringan, tentunya baja ringan memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Hal ini dikarenakan baja ringan lebih kokoh dan kuat sehingga ketika terjadinya gempa, maka konstruksi tidak mudah runtuh dan bangunan yang ada dibawahnya tetap aman terkendali.

 

Dari Segi Kelemahan

Baja ringan umumnya digunakan untuk bangunan yang membentang lebar seperti gudang, pabrik, gedung pabrik dan ada juga yang menggunakan baja ringan sebagai atap rumah. 

 

Namun baja ringan juga memiliki kelemahan yaitu bisa berkarat apabila tidak dilakukan perawatan secara tepat, lemah terhadap gaya tekan, tidak fleksibel seperti material kayu yang bisa dipotong dan dibentuk, kurang perhitungan saat pemasangan, dan runtuh yang disebabkan lemahnya sistem sambungan.

 

Sedangkan beton umum digunakan oleh bangunan - bangunan bertingkat dan rumah tinggal. Namun beton juga memiliki kelemahan yaitu strukturnya yang mudah rusak karena perubahan struktur tanah, tidak dapat menahan gaya tarik sehingga sangat mudah retak, dan beton memiliki sifat getas atau tidak daktail sehingga perlu dihitung secara lebih teliti.

 

 

Kesimpulan

Antara baja ringan maupun beton, keduanya memiliki rangka yang kuat dan kokoh, namun itu semua kembali lagi bagaimana cara memasangnya. Oleh karena itu, sebagai seorang pemborong atau pekerja bangunan yang baik, tidak boleh salah langkah dalam memilih material mana yang terbaik.

 

Itulah ulasan mengenai baja ringan vs beton yang wajib Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat membaca!


Bagi Anda yang membutuhkan baja ringan, Anda bisa menemukannya di BLKP. BLKP memproduksi material baja ringan yang sudah ber-SNI dan menggunakan bahan baku baja ringan yang berkualitas seperti galvalume, galvanize dan pre painted galvalume.



Your Message Has Been Sent..