bangunan arsitektur terbaik di dunia.jpg

INTIP 11 NEGARA DENGAN BANGUNAN ARSITEKTUR TERBAIK DI DUNIA

 

Tiap negara memiliki bangunan bersejarah atau ikonik yang kemudian menjadi icon atau ciri khas suatu kawasan tertentu. 

 

Tiap bangunan pun memiliki kisah dan karakteristik tersendiri, baik dengan konsep mediterania, minimalis, modern hingga tradisional.

 

Tak hanya menampilkan nilai seni dari suatu bangunan, namun para arsitek dunia berlomba-lomba untuk unjuk kreativitas melalui bentuk dan fungsional bangunan ciptaan mereka.

 

 

Baca Juga: 5 Karya Arsitektur Terbaik di Indonesia, Apa Saja?

 

 

Apa saja bangunan arsitektur terbaik di dunia? Ini ulasan lengkapnya!

 

 

Menara Eiffel, di Paris-Prancis

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

id.pinterest.com

 

Tak hanya sebagai pusat mode dunia, Paris menjadi salah satu kota dengan budaya dan nilai sejarah yang tinggi. Banyak seniman dunia, lahir dari kota indah ini. 

 

Jika Anda berada di sana, pastikan untuk menikmati berbagai bangunan terbaiknya, seperti berbagai museum seni dengan desain modern dan klasik. Yang tak terlupakan adalah keanggunan menara Eiffel yang menjadi simbol negaranya, yakni Perancis.

 

Pembangunan Menara Eiffel dilaksanakan selama dua tahun, yakni dari tahun 1887 hingga tahun 1889.  Terdiri dari 18.038 besi, 2,5 juta paku, 7.300 ton besi, serta 60 ton cat. Untuk tingginya menara ini mencapai 300 meter dan 330 meter hingga ke puncak tertinggi.

 

 

Menara Pisa, Italia

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

wonderopolis.org

 

Selain Colosseum, Pantheon, dan kastil seperti Sant’Angelo. Ada satu bangunan ikonik yang menjadi ciri khas Italia, yakni Menara Pisa. 

 

Berada di kota Italia tengah, Menara Pisa memiliki nilai klasik dan menjadi bangunan arsitektur yang mendunia. Dengan struktur yang landai, icon negara pizza ini memiliki ketinggian 56 meter dan kemiringan 4 meter.

 

Uniknya, kemiringan pada menara ini terjadi tidak disengaja, yang diakibatkan ketidakstabilan tanah. Akan tetapi, hal ini menjadi keunikan yang hingga kini dibiarkan. 

 

 

Katedral Cologne, Cologne-Jerman

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

id.pinterest.com 

 

Katedral Cologne merupakan banguan dengan arsitektur Gotik yang terkenal di Jerman. Bangunan ini bahkan dijuluki sebagai mahakarya arsitektur Gotik di dunia. 

 

Pembangunannya sendiri dilaksanakan pada abad 13 atau sekitar tahun 1248. Setelah rampung pada tahun 1880, bangunan ini sempat menjadi gereja sebagai struktur bangunan tertinggi di dunia. 

 

Kini, bangunan bersejarah ini menjadi situs warisan budaya yang dilindungi UNESCO dengan beberapa artefak bernilai seni tinggi yang juga disimpan di katedral ini. 

 

 

Kuil Yuantong, Yunnan

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

media.istockphoto.com 

 

Dengan gaya klasik, Kuil Yuantong menjadi kuil Buddha kuno yang terletak di Yunnan. Diyakini dibangun di akhir abad ke-8, bangunan sejarah di Yunnan ini menjadi tempat wisata, sekaligus tempat ibadah. 

 

 

Candi Borobudur, Indonesia

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

twitter.com

 

Indonesia tak ketinggalan dalam memperlihatkan bangunan dengan nilai arsitektur yang tinggi. Terdiri dari sekitar 72 patung Buddha, tempat ini menjadi candi Buddha terbesar di dunia. 

 

Borobudur adalah bangunan bersejarah yang juga masuk dalam situs warisan dunia sejak tahun 1975 dari UNESCO. Dibangun di lahan seluas 1.900 meter persegi, Candi Borobudur pernah hilang akibat letusan gunung Merapi namun kembali ditemukan.

 

Dengan desainnya yang unik, simbol Dinasti Syailendra ini memiliki konsep bangunan yang sampai sekarang sulit dipahami para arsitek dunia.

 

 

Istana Gyeongbokgung, Gangbuk - Korea Selatan

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

korealandscape.net

 

Istana Gyeongbokgung dibangun pada tahun 1394. Tampil megah dan indah, Istana Gyeongbokgung menjadi simbol kejayaan kerajaan Korea di masanya. 

 

Dibangun pada tahun 1395 yang berada di depan Gunung Bugaksan. Kini, bangunan klasik ini menjadi salah satu tempat wisata dunia. Saat berada di sana, jangan lupa menjelajahi 11 bangunan penting di dalamnya.

 

 

Dubrovnik, Kroasia 

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

cntraveller.com

 

Bangunan di kota Dubrovnik terkenal dengan suasana ala abad pertengahan Eropa. Kota ini dibangun pada abad ke-7 para masyarakat yang mengungsi dair kota Romawi, tepatnya Cavtat. 

 

UNESCO menjadikan kota ini sebagai salah satu situs sejarah yang dilindungi di dunia. Beberapa bangunan dengan arsitektur tak biasa yang menjadi icon adalah seperti St. Blaise dan City Walls, dengan ciri khas gaya gotik, Renaissance, dan Baroque yang misterius. 

 

 

Dancing Building – Republik Ceko

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

localadventurer.com
 

Bangunan tak biasa selanjutnya adalah Dancing Building di gedung Nationale-Nederlanden, tepatnya di Rašínovo nábřeží, Praha, Republik Ceko. 

 

Bangunan yang sempat diperdebatkan ini, dibangun pada tahun 1992 sampai tahun 1996. Menjadi bagian dari arsitektur deconstructivist, karena bentuknya yang tidak biasa,

 

gedung ini menjadi simbol wanita dan pria atau Ginger Rogers dan Fred Astair yang menari bersama. Terdapat sekitar 99 panel beton dalam konstruksinya. 

 

Saking uniknya, di tahun 2005, pihak Bank Nasional Ceko resmi merilis koin emas dengan gambar Gedung Menari, sebagai koin terakhir dari seri “10 berabad Arsitektur.

 

 

Denver Art Museum – Amerika Serikat

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

archdaily.com

 

Denver Art Museum sudah melekat sebagai salah satu museum dengan desain unik dan ikonik. 

 

Memiliki bentuk puncak gunung batu dengan garis geometris berbahan titanium, museum seni rancangan Daniel Libeskind ini menjadi salah satu yang terbesar di Denver Art Museum yang terletak di Denver, Colorado, Amerika Serikat. 

 

Berdiri di atas lahan seluas 146.000 m2, museum bermaterial metal, kaca titanium dan batu alam ini terdiri dari puluhan ribu koleksi karya seni dengan kantilever yang menampilkan sisi dekonstruksinya. 

 

 

Monte Rosa Hut – Switzerland

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

thisispaper.com

 

Bangunan yang tak kalah uniknya juga dimiliki oleh Swiss. Monte Rosa Hut, didirikan di kawasan Zermatt, di atas berbatu bebas gletser yang disebut dengan Untere Plattje pada ketinggian 2.883 meter. Unik bukan?

 

 

Taj Mahal, India

 

bangunan arsitektur terbaik di dunia

 

youtube.com

 

India hadir melalui icon mereka yakni Taj Mahal. Bangunan dengan arsitektur megah dan elegan ini memiliki kisah romantis dibalik pembangunannya. Adalah Raja Shah Jahan, yang mempersembahkan bangunan ini untuk mendiang istrinya. 

 

Kini, Taj Mahal yang menjadi bangunan simbol cinta ini menjadi monumen bersejarah yang juga menjadi bagian situs warisan dunia dari UNESCO sejak tahun 1983. 

 

 

Kesimpulan 

 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik berkunjung ke bangunan-bangunan terbaik di dunia ini? Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi Anda ya!

 

Ingin merenovasi rumah? Gunakan material terbaik demi ketahanan struktur bangunan hunian Anda, seperti baja ringan bermutu tinggi yang diproduksi BLKP

 

BLKP merupakan perusahaan yang memproduksi baja ringan berkualitas tinggi yang sudah berstandar SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 - 34981. 

 

Cek juga artikel-artikel menarik lainnya ya!

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..