3 TIPS MUDAH + INSPIRASI DESAIN BALKON MINIMALIS YANG NYAMAN

Balkon minimalis nyatanya tidak hanya di desain agar terlihat cantik dan menarik saja, namun juga dapat menjadi tempat bersantai yang ekonomis setelah seharian bekerja.

 

Saat ini balkon semakin digemari terutama untuk penduduk kota. Umumnya, karena keterbatasan lahan untuk tempat bersantai di lantai dasar yang penuh sesak untuk banyak hal. Dari mulai ruang tamu, kamar, hingga parkiran.

 

Balkon adalah tempat paling tepat di saat cuaca mulai menghangat, duduk dan menikmati secangkir kopi di pagi hari, atau sembari menikmati matahari terbenam.

 

Nah untuk Anda yang sudah atau ingin membuat balkon di rumah Anda dan butuh inspirasi untuk mendekorasinya, berikut tips dan inspirasi desain balkon minimalis yang bisa menjadi acuan Anda.

 

 

A. Tips Membuat Desain Balkon Minimalis

 

 

Tentukan Warna-Warna Minimalis Yang Cantik

 

Tidak seperti ruangan lain, balkon tidak punya banyak area untuk bereksperimen. Sehingga salah satu cara yang bisa mempercantik dan memberikan kesan minimalis pada balkon adalah permainan warna.

 

Palet warna minimalis selalu berkesan pada warna-warna yang yang cenderung netral dan dingin. Balkon nantinya akan selalu punya cahaya matahari yang banyak maka warna putih, krem, abu-abu, bisa jadi pilihan.

 

Namun jangan batasi pilihan Anda. Bahkan jika warna minimalis bukan selera Anda, warna-warni pun tetap menyenangkan.

 

Desain Balkon Minimalis

Pinterest: Dany Sure

 

Banyak warna juga bisa memberikan kecerian yang menyenangkan.

 

 

Pilih Semua Peralatan yang Mendukung Waktu Bersantai Anda

 

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa minimalis pada esensinya dan fungsional segala sesuatunya sehingga tidak ada bagian atau peralatan yang tidak berguna.

 

Nah prinsip ini juga perlu Anda praktikan, mengingat area balkon yang sempit. Tapi ingat, jangan terlalu pelit, balkon adalah tempat Anda bersantai maka penuhi semua kebutuhan bersantai Anda.

 

Anda yang bosan dengan suasana kota, kenapa tidak ciptakan balkon Anda seperti suasana resort? Seolah liburan di setiap harinya.

 

Balkon bukan ruang tamu, Anda tidak harus menggunakan kursi dan meja yang terlalu formal. Pasang bean bag atau hammock bisa diterapkan untuk menciptakan suasana santai.

 

Desain Balkon Minimalis

Sumber Gambar: @lisadanielle_

 

Bahkan jika kursi terlalu makan ruang dan membutuhkan anggaran tambahan, gelar saja karpet dan buat balkon Anda seperti suasana piknik dengan beberapa bantal lantai berwarna-warni yang nyaman. 

 

Desain Balkon Minimalis

Sumber Gambar : Julie Arslan

 

Tapi, apapun pilihan perabotan bersantai Anda, pastikan 1 hal wajib yang harus ada, meja tempat meletakkan makan dan camilan. Mungkin Ide ini bisa memberikan Anda gambaran bahwa alas makan, tidak harus meja.

 

Desain Balkon Minimalis

Sumber Gambar: maisonderes.com

 

Meja fungsional yang dapat dipasang atau di gantung pagar balkon Anda. Dalam sekejap, balkon minimalis Anda bisa menjadi area yang sempurna untuk sekadar bersantap di luar ruangan.

 

Anda juga bisa mempertimbangkan perabotan space-saving yang kini banyak dijual. Bisa menghemat tempat tapi berfungsi ganda.

 

 

Teduhkan Balkon Anda dengan Tanaman Hijau dan Kanopi

 

Tips yang terakhir, buatlah balkon Anda teduh dan nyaman dengan memberikan tanaman. Penghijauan selalu punya tempat untuk memperbaiki mood Anda.

 

Baca Juga : Cara Mudah Membangun Kanopi Baja Ringan Tanpa menggunakan Tiang

 

 

Desain Balkon Minimalis

Sumber Gambar: secretgardens.com.au

 

Anda mungkin tidak punya ruang untuk ruang meja, atau bahkan kursi, tetapi selalu ada ruang untuk tanaman kan? Anda bisa menggantungnya di pagar, tembok, atau pada plafon.

 

Jika memungkinkan membuat balko seperti taman kecil juga bisa. Coba lihat desain berikut ini.

 

Desain Balkon Minimalis

Sumber Gambar: architecturaldigest.com

 

Selain tanaman, karena terkadang cuaca Indonesia tidak selamanya menyenangkan. Anda bisa menggunakan kanopi untuk melindungi diri dari hujan atau panas yang terik jika balkon Anda terbuka.

 

Atau memasang tirai bambu yang bisa dinaikkan maupun diturunkan sesuai kebutuhan. Selain memberikan keteduhan, tirai juga bisa memberikan privasi.

 

 

B. Penutup

 

Demikian 3 tips sederhana untuk menjadikan balkon minimalis yang nyaman dan menyenangkan.

 

Untuk Anda yang baru akan membuat balkon, maka pastikan balkon Anda menggunakan bahan dasar yang kuat. Mulai dari deck, kerangka, hingga partisinya. 

 

Misalnya menggunakan material baja ringan yang kuat dan ringan dari BLKP sehingga tidak membebani struktur rumah untuk membuat balkon.

 

Material baja ringan yang dibuat BLKP sudah terjamin mutu dan kualitasnya, karena semua produknya sudah berstandar SNI maupun ISO. 

 

Anda masih bimbang dan ingin bertanya? Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui sosmed berikut : Hubungi Kami.

 

Ingin melihat katalog produk BLKP? Klik Disini.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..