FUNGSI FLOORDECK SEBAGAI FLOORING BERBAHAN METAL

Hi Sobat BLKP,


 

Tahukah kamu? setiap bangunan rumah yang kita lihat tentunya sudah memiliki perincian dan kebutuhannya masing - masing. Oleh karena itu, tidak ada rumah yang dibangun sama persis, sehingga membuatnya menjadi unik dan berbeda. 

 

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah unik? karena dengan memiliki hunian rumah yang unik dan berbeda dengan yang lainnya menjadi dambaan atau keinginan dari setiap orang dan tentunya siapapun bisa untuk mewujudkannya. Nah salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar hunian rumah kamu dapat terlihat unik dan berbeda adalah dengan menambahkan floordeck sebagai flooring berbahan metal pada rumah.

 

Apa sih yang dimaksud dengan floordeck ini? Bagi sobat BLKP, tentunya tidak asing nih dengan istilah tersebut. Pasalnya, di salah satu artikel yang admin buat, pernah menjelaskan mengenai apa itu floordeck. Untuk kamu yang belum pernah membacanya, bisa langsung klik disini ya!

 

Mengenal Floor Deck Berbahan Metal

floordeck sebagai flooring berbahan metal

 

Membangun atau merancang sebuah rumah sesuai dengan keinginan tentunya menjadi kesenangan tersendiri. Dengan kata lain, merancang rumah menggunakan desain buatan sendiri, akan membuat kamu sebagai pemilik rumah menjadi lebih nyaman untuk tinggal di rumah tersebut. Salah satu rancangan desain yang lumayan menarik adalah dengan merancang floordeck berbahan metal pada rumah kamu.

 

Lalu, apa yang dimaksud floordeck berbahan metal itu? Dikutip dari Wikipedia, floordeck merupakan salah satu bagian bangunan yang terbuat dari bahan metal atau baja dan bentuknya seperti menggantung keluar yang mampu menyangga beban rumah sesuai dengan jumlah yang sudah diperhitungkan sebelumnya.

 

Sebelum floordeck berbahan metal ini populer, banyak yang masih menggunakan bahan dasar kayu. Memang bahan kayu ini cukup mudah didapatkan dan mudah dibentuk serta tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membelinya, hanya saja ketahanannya tidak lama dan bisa mengalami pelapukan jika kamu berada di lokasi yang memiliki kelembapan yang tinggi.

 

 

Fungsi Floor Deck Berbahan Metal

floordeck sebagai flooring berbahan metal

 

Mempunyai hunian rumah dengan menggunakan floordeck berbahan metal tentunya memiliki keistimewaan tersendiri bagi orang yang menggunakannya. Dikutip dari Raised Floor, berikut ini adalah beberapa fungsi floordeck sebagai flooring berbahan metal :

 

Memiliki Durabilitas yang Tinggi

Floordeck berbahan metal tentunya memiliki durabilitas atau ketahanan yang cukup tinggi terhadap paparan cuaca buruk, sehingga sangat cocok digunakan dalam kondisi iklim yang ada di Indonesia. Selain itu, metal atau baja dengan perincian yang tinggi memiliki ketahanan terhadap karat dan asam sehingga sulit mengalami pelapukan atau keropos.

 

Mampu Menopang Beban Berat

Baja ringan atau metal adalah salah satu material bahan bangunan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan yang berat. Gabungan antara baja dan beton dapat menghasilkan material yang kuat yang mampu menopang beban berat dari bangunan diatasnya. Dari fleksibilitasnya ini, membuat baja ringan menjadi material terfavorit untuk membuat floordeck pada rumah.

 

Baca Juga : Pilih Material Kayu atau Baja Ringan untuk Rangka Atap Rumah Kamu?

 

Mudah Disimpan Maupun Dipindahkan

Bahan metal atau baja untuk membuat floordeck sudah berbentuk seperti lembaran - lembaran, sehingga dengan bentuknya tersebut menjadikannya mudah untuk disimpan maupun dipindahkan. Selain itu, ukurannya pun sudah dicetak sehingga sangat mudah untuk dipasangkan secara langsung dengan menyesuaikan ukuran dari deck yang sedang kamu bangun. 

 

Pemasangannya Lebih Cepat

Salah satu keunggulan lainnya dari floordeck berbahan metal ini adalah tidak membutuhkan waktu lama dalam proses pemasangannya. Dimana proses pemasangannya ini dilakukan dengan cara penyolderan atau diperkuat dengan mengecor beton. Karena kemudahan dalam proses pemasangannya, membuat siapa saja dapat dengan mudah dan cepat membuat floordeck sendiri.

 

Memiliki Desain yang Bermacam - Macam

Terdapat berbagai merk yang menyediakan lembaran metal atau baja dengan desain yang bermacam-macam. Kamu dapat memilihnya dengan menyesuaikan model dan kebutuhan yang diperlukan pada rumah kamu. Ukuran dari lembaran baja juga sangatlah banyak sehingga kamu tidak perlu repot lagi untuk memotong lembaran - lembaran baja tersebut secara manual.

 

 

Kekurangan Floor Deck Berbahan Metal

floordeck sebagai flooring berbahan metal

 

Dengan berbagai kemudahan dalam proses pemasangannya, ternyata floordeck berbahan metal juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya.

 

Perlu Mengeluarkan Biaya Perawatan yang Cukup Besar

Supaya dapat bertahan lebih lama, baja atau metal memerlukan perawatan khusus agar bisa tahan terhadap berbagai perubahan cuaca ekstrim dan dapat mencegah timbulnya karat dalam waktu singkat.

 

Ketahanan Kurang Jika Mengalami Karat

Seperti yang kita ketahui bahwa baja atau metal memiliki ketahanan yang sangat tinggi. Namun jika terdapat sedikit saja karat, maka daya tahannya akan cepat berkurang. Baja yang sudah mulai berkarat, tentunya sangat rentan sekali dan bisa mengakibatkan bahaya pada konstruksi yang kamu lakukan.

 

Sulit Dibentuk

Pada umumnya, floordeck berbahan metal ini memanfaatkan baja atau metal yang sudah dicetak sebelumnya dalam bentuk lembaran. Dan lembaran tersebut memiliki ukuran yang berbeda - beda. Hanya saja, kamu akan kesulitan memotong lembaran tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan karena lembaran tersebut sudah dibentuk sedemikian rupa dengan ukuran yang sudah ada.

 

 

Kesimpulan

Itulah beberapa fungsi dari floordeck yang bisa digunakan untuk rumah kamu. Selain bisa digunakan untuk mempercantik tampilan rumah, floordeck juga bisa dimanfaatkan menjadi insulator yang baik, khususnya bagi kamu yang bermukim di daerah dengan suhu yang dingin.

 

Kamu juga bisa menemukan produk floordeck berbahan metal galvanize berkualitas di BLKP lho! BLKP merupakan perusahaan manufaktur bahan bangunan yang fokus utama pada produk rangka, atap dan lantai dengan menggunakan baja ringan sebagai bahan bakunya yang sudah terbukti kualitas dan keunggulannya.



Your Message Has Been Sent..