ISTILAH-ISTILAH BAJA RINGAN DALAM DUNIA KONSTRUKSI

Saat ini, semakin banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan baja ringan sebagai salah satu rangka konstruksinya, sehingga tidak heran jika baja ringan semakin naik daun dan menggeser popularitas material kayu.
 

Rangka baja ringan umumnya digunakan untuk pembuatan rangka atap rumah, dinding hingga lantai. Walaupun sering diaplikasikan dalam setiap pembangunan, baik untuk gedung bertingkat maupun perumahan, namun tidak sedikit masyarakat belum mengetahui istilah-istilah tentang baja ringan dalam dunia konstruksi.
 

Seperti halnya mengenai istilah dari TCT dan BMT. Pasti masyarakat yang baru beralih ke baja ringan tidak mengetahui kedua sebutan tersebut. Tidak hanya kedua sebutan itu saja yang sering didengar, melainkan ada beberapa istilah lainnya yang harus Anda ketahui untuk mengenal lebih dalam tentang konstruksi baja ringan.
 

Istilah-Istilah Baja Ringan

Berikut ini adalah 14 istilah-istilah baja ringan yang sudah kami rangkum untuk Anda ketahui dan pahami :
 

  1. Galvalume/Galvalum

Galvalume/galvalum adalah bahan baku yang digunakan untuk memproduksi produk baja ringan dengan lapisan utamanya yaitu Alumunium Zinc (AZ). Memiliki lapisan penahan karat dengan unsur yang terkandung di dalamnya berupa 55% Alumunium, 43,5% Zinc dan 1,5% Silikon yang berfungsi sebagai ketahanan terhadap karat. 
 

Walaupun Galvalume/galvalum memiliki ukuran tipis dan ringan, namun kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional.
 

  1. Galvanize/Galvanis

Merupakan istilah baja ringan yang diberi lapisan Seng (Zinc). Dimana galvanize ini memiliki unsur coating Seng/Zinc sebesar 98% dan sisanya sebesar 2% memiliki unsur Alumunium. Galvanize memiliki sifat lebih senyawa dengan semen akan tetapi kurang tahan terhadap karat seperti Galvalume.
 

  1. Coating

Coating atau umumnya disebut dengan substrat adalah penutup yang biasa digunakan pada suatu permukaan benda (lapisan anti karat).
 

  1. Korosif/Corrosive

Merupakan sebuah sifat susbtansi yang dapat menyebabkan benda lain hancur atau menyebabkan dampak pelapukan.
 

  1. Truss
    Istilah-Istilah Baja Ringan Dalam Dunia Konstruksi

Pasti Anda sudah sering mendengar istilah yang satu ini. Truss merupakan rangka penyangga yang dapat diaplikasikan pada atap rumah, jembatan dan lain sebagainya.
 

  1. BMT

BMT adalah singkatan dari Base Metal Thickness, yang dimana memiliki arti sebagai ketebalan dasar baja sebelum dilapisi unsur Aluminium dan zat lainnya.
 

Baca Juga: Variabel Terpenting Dari Base Metal Thickness (BMT)
 

  1. TCT

TCT adalah singkatan dari Total Coating Thickness, yang dapat diartikan sebagai ketebalan baja setelah dilapisi coating dan ukuran TCT akan bertambah sekitar 0,02 hingga 0,03 mm dari BMT. Sehingga setelah dihitung menggunakan jangka sorong, akan menghasilkan ketebalan sebesar 0,27 sampai 0,28 mm dari tebal 0,25 BMT.
 

  1. Kuda - Kuda

Merupakan rangkaian rangka batang yang memiliki manfaat dalam mendukung beban atap, termasuk beratnya sendiri dan dapat memberikan bentuk pada atap.
 

  1. Pengaku

Umumnya, disebut dengan bracing, yang berarti pengaku-pengaku yang mutlak dibutuhkan agar seluruh kuda-kuda dapat bekerja secara maksimal sebagai satu sistem rangka atap.
 

  1. Top Chord (TC)

Merupakan batang yang berada disisi atas kuda-kuda. Umumnya ditempatkan dengan Reng.
 

  1. Bottom Chord (BC)

Merupakan batang yang berada disisi bawah kuda-kuda. Umumnya ditempatkan dengan plafon dan penggantungnya.
 

  1. Web

Merupakan batang-batang penghubung antara TC dan BC yang berfungsi untuk memperkuat dan mendistribusikan beban agar semua beban yang bekerja pada kuda-kuda dapat ditopang dengan baik.
 

  1. Gording

Merupakan balok atap yang berfungsi sebagai penghubung kuda-kuda dan pengikat.
 

  1. Overstek

Merupakan komponen atap tanpa penyangga yang umumnya menempel pada dinding luar bangunan.
 

Kesimpulan

Itulah penjelasan beberapa istilah baja ringan dalam dunia konstruksi. Sekarang sudah paham mengenai istilah dalam baja ringan, bukan? Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengetahui istilah yang belum pernah didengar agar tidak merasa asing lagi. Semoga bermanfaat!

Sedang mencari material baja ringan yang sudah terjamin kualitasnya? Cek saja di blkp.co.id untuk menemukan baja ringan idaman Anda!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..