KELEBIHAN BAJA RINGAN DIBANDINGKAN MATERIAL KAYU

Tren Bangunan Baja Ringan

Mendengar hal – hal yang berunsur baja ringan atau mengenai konstruksi baja ringan, tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Biasanya yang kita ketahui konstruksi baja ringan dipakai untuk membangun gedung – gedung pencakar langit, seperti perkantoran, pabrik, gudang dan jembatan. Namun, sekarang konstruksi baja ringan bisa dipakai untuk membangun rumah impian Anda. Konstruksi baja ringan yang terkenal sangat kokoh dan kuat ini semakin banyak diminati karena membuat bangunan bertingkat menjadi lebih aman. Apalagi jika dipakai untuk membangun rumah impian Anda. Bagi Anda yang sedang berencana untuk membangun rumah atau merenovasi rumah masih menggunakan material kayu, coba dipikirkan kembali deh. Karena konstruksi baja ringan lebih jauh menguntungkan dibandingkan kayu. Tak hanya unggul dalam kekuatannya saja, melainkan ada banyak keunggulan lainnya yang Anda dapatkan jika menggunakan konstruksi baja ringan. Sudah dipastikan rumah Anda lebih terjamin dibandingkan dengan material kayu.

Baja Ringan

Belakangan ini sering kita lihat, pembangunan rumah menggunakan konstruksi baja ringan sebagai pengganti dari material kayu. Pengaplikasian konstruksi baja ringan bukan semata – mata karena sedang trending, melainkan memang memiliki keunggulan tersendiri. Selain itu, baja ringan terkenal dengan daya tahan yang cukup lama serta kuat. Baja merupakan sebuah komponen yang sangat kuat dengan ketahanannya yang tinggi, sehingga sangat cocok digunakan untuk pembangunan jembatan, rel dan jalanan.

Kelebihan Baja Ringan

  1. Memiliki Bobot Ringan Dibandingkan Kayu
    Kelebihan Baja Ringan Dibandingkan Material Kayu

Jika dibandingkan dalam potongan yang sama, memang lebih berat baja daripada kayu. Namun jika berdasarkan karakteristiknya, baja lebih ringan dibandingkan dengan material kayu. Bahwa konstruksi baja ringan dapat memudahkan proses pemasangan rangka rumah.

  1. Terlihat Lebih Stabil dan Kompak
     Kelebihan Baja Ringan Dibandingkan Material Kayu

Beban mati konstruksi baja ringan terbilang kecil, sehingga mampu menopang bangunan tinggi dan luas di atas tanah yang stabil. Tak perlu khawatir dengan kualitasnya, karena baja ringan merupakan produk pabrik yang dibuat sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan. Khususnya PT. BLKP sebagai salah satu produsen rangka baja ringan ber – SNI.

  1. Proses Pemasangan Yang Cepat
    Kelebihan Baja Ringan Dibandingkan Material Kayu

Dalam proses pemasangan struktur baja ringan, waktu yang dibutuhkan sangat singkat dibandingan dengan material kayu atau material lainnya. Karena baja ringan mudah dibentuk, sehingga sangat cocok bagi Anda yang menginginkan rumah idamannya selesai dalam waktu singkat. Dan semakin kecil juga faktor dari human error terjadi.

  1. Ramah Lingkungan
    Kelebihan Baja Ringan Dibandingkan Material Kayu

Perlu Anda ketahui, bahwa material baja ringan dapat didaur ulang agar tidak berakhir menjadi sampah. Seperti yang suka kita lihat, material baja ringan paling banyak didaur ulang, seperti pembuatan rak sepatu, hambalan, kursi, pagar rumah dan lain – lain. Maka dari itu, baja ringan termasuk ke dalam material yang sustainable. Anda dapat mencoba menggunakan konstruksi baja ringan, jika menginginkan rumah yang ramah lingkungan.

  1. Lebih Ekonomis Dibandingkan Kayu
    Kelebihan Baja Ringan Dibandingkan Material Kayu

Selain faktor keamanan dan kekuatan, tidak dipungkiri lagi bahwa faktor budget merupakan salah satu pertimbangan yang sangat penting. Walau dalam segi harga terbilang cukup mahal, dapat dibuktikan dari segi keawetan dan juga dapat didaur ulang menjadi barang siap pakai. Selain itu, perawatan konstruksi baja ringan tidak akan memakan banyak biaya.

Jadi, Anda sudah tahu kan apa saja kelebihan baja ringan dibandingkan dengan material kayu? Walaupun memerlukan budget besar di awal, tapi hal itu sebanding dengan kelebihan yang Anda dapatkan dalam penggunaan konstruksi baja ringan di rumah.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa konstruksi baja ringan dapat bertahan hingga puluhan tahun. Apalagi dalam segi biaya perawatan dan perbaikannya pun cenderung murah. Jika diperhitungkan dalam jangka panjang, baja ringan merupakan solusi terbaik sebagai pondasi kontruksi rumah yang paling menguntungkan. Sangat cocok dipakai di Indonesia, karena wilayah Indonesia merupakan daerah rawan terhadap gempa. Sehingga menjadikan bangunan menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap guncangan.

Baca Juga : 7 HAL PENTING KETIKA MEMBANGUN RUMAH TAHAN GEMPA

Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir atau ragu lagi untuk menggunakan konstruksi baja ringan di rumah. Karena selain kokoh, tahan lama, aman, mudah dibentuk dan ringan, Anda dapat mengurangi polusi sampah di Indonesia. Tunggu apalagi? Yuk, pesan sekarang baja ringan BLKP untuk konstruksi rumah yang semakin kuat!



Your Message Has Been Sent..