KESALAHAN PEMASANGAN RANGKA BAJA RINGAN YANG MASIH SERING DIGUNAKAN

Pemasangan Baja Ringan

Penggunaan atap baja ringan sudah menjadi primadona pada dunia konstruksi. Dalam hal ini, bukan lagi dipakai untuk pembangunan industri – industri besar saja, melainkan juga dipakai dalam pembangunan proyek perumahan. Karena memiliki struktur yang kokoh, kuat serta anti rayap menjadikan baja ringan incaran para developer dan merupakan solusi yang tepat dalam membangun hunian idaman.

Dalam hal pemasangan rangka baja ringan diperlukan tenaga ahli khusus. Dikarenakan dalam pemasangan rangka baja ringan dibutuhkan ketelitian dan kejelian agar mendapatkan hasil yang sempurna. Agar tidak menimbulkan kecelakaan yang fatal, seperti ambruk. Lalu, apa saja kesalahan yang sering ditimbulkan dalam pemasangan rangka baja ringan agar terhindar dari risiko ambruk?

Kesalahan Pemasangan Rangka Baja Ringan

  1. Dudukan Rangka Baja Ringan Miring

              Kesalahan Pemasangan Rangka Baja Ringan Yang Masih Sering Digunakan

Pastikan dudukan rangka baja ringan dalam keadaan sama tinggi. Apabila pemasangannya kurang tepat, maka akan membuat struktur menjadi lemah dan tidak sama rata. Sehingga mengakibatkan rangka bisa rubuh. Untuk mengetahui rangka baja ringan sudah sama rata atau belum, Anda bisa menggunakan meteran sebagai alat bantu.

  1. Asal – Asalan Dalam Pemasangan Komponen Rangka

              Kesalahan Pemasangan Rangka Baja Ringan Yang Masih Sering Digunakan

Sebenarnya rangka baja ringan merupakan komponen yang terpisah. Namun, untuk mendapatkan rangka baja ringan menjadi satu rangkaian yaitu dengan merakitnya. Apabila komponen rangka baja ringan tidak tepat memasangnya, maka akan berpengaruh kepada kekuatan dan struktur komponen lainnya. Ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu dalam merangkai baja ringan menjadi satu komponen dan percayakan kepada tenaga ahli agar proses pengerjaannya menjadi benar dan tidak asal pasang.

  1. Menentukan Rangka Baja Ringan

              Kesalahan Pemasangan Rangka Baja Ringan Yang Masih Sering Digunakan

Semakin terkenalnya baja ringan, maka semakin banyak juga persaingan baja ringan dipasaran. Jadi tidak heran jika sebagian orang hanya mempertimbangkan harganya saja dibandingkan dengan kualitas baja ringan. Padahal menentukan rangka baja ringan adalah hal paling penting agar risiko buruk tidak terjadi.

Tidak ada ruginya jika membeli baja ringan dengan harga tinggi, asalkan terjamin mutu kualitasnya. Seperti produk baja ringan PT. BLKP yang memiliki ketahanan terhadap karat lebih baik. Dan juga telah memiliki sertifikasi SNI dan yang pastinya bergaransi!

  1. Jenis Penutup Yang Digunakan

              Kesalahan Pemasangan Rangka Baja Ringan Yang Masih Sering Digunakan

Jenis penutup atap yang cocok digunakan dalam rangka baja ringan yaitu genteng metal karena memiliki bobot yang ringan. Namun, tidak semua penghuni menggunakan genteng metal pada huniannya seperti genteng tanah liat. Jika Anda menggunakan atap rumah selain genteng metal, gunakanlah baja ringan yang memiliki ketebalan 0.75 mm atau 1 mm. Agar tidak menyebabkan risiko atap ambruk.

Sudah pada tahukan beberapa kesalahan dalam pemasangan atap baja ringan yang masih dianggap sepele tapi memiliki risiko tinggi? Bukan hanya memperhatikan pemasangannya saja, melainkan pastikan untuk menggunakan baja ringan yang mutu kualitasnya sudah terjamin dan memiliki sertifikasi SNI seperti BLKP.



Your Message Has Been Sent..